XPANDER CROSS. Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI Irwan Kuncoro (dari kiri), Division General Manager ASEAN A Division of MMC Eiichi Koito, President Director of PT MMKSI Naoya Nakamura, Chief Executive Officer of MMC Takao Kato, President Di | Yogi Ardhi/Republika

Otomotif

20 Jan 2022, 02:27 WIB

Xpander Bikin Mitsubishi Masuk Tiga Besar

Xpander mendominasi kontribusi penjualan Mitsubishi dengan total sekitar 54 ribu unit untuk periode Januari hingga Desember 2021.

 

Tahun 2021 adalah momentum yang cukup menantang. Pandemi menuntut sejumlah pabrikan untuk mempertahankan market share lewat sejumlah strategi. Hal itu pun terjadi di Mitsubishi. Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Naoya Nakamura mengatakan, sepanjang 2021, perusahaan berhasil mencatat pencapaian penjualan sebanyak 104.407 unit.

Dengan pencapaian itu, maka market share Mitsubishi naik menjadi 13,2 persen. Hal itu pun membuat penjualan Mitsubishi naik 90,6 persen dibanding total sales 2020. "Peningkatan ini bisa terwujud karena adanya diskon pajak. Selain itu, kehadiran New Xpander juga membantu kami dalam mencapai angka tersebut," kata Naoya Nakamura dalam keterangan pers kepada Republika Selasa (18/1).

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Xpander mendominasi kontribusi penjualan Mitsubishi dengan total sekitar 54 ribu unit untuk periode Januari hingga Desember 2021. Kesuksesan produk ini dalam menjadi salah satu produk terlaris di Indonesia didorong oleh sejumlah penyegaran yang dihadirkan Xpander pada akhir tahun lalu.

Dorongan penjualan itu pun membuat total penjualan dan pangsa pasar Mitsubishi sepanjang 2021 naik. Oleh karena itu, dalam peringkat penjualan 2021, Mitsubishi masuk dalam tiga besar peringkat Gaikindo bersama dengan Toyota dan Daihatsu.

Khusus Desember 2021, MMKSI berhasil mencatat pencapaian dengan total 12.617 unit dengan pangsa pasar sebesar 13,8 persen. Dalam penjualannya pada Desember 2021, kendaraan penumpang MMKSI mencatat penjualan 9.004 unit. Sedangkan, di segmen kendaraan niaga ringan, MMKSI berhasil mencatat penjualan 3.613 unit.

Dalam periode itu, model Xpander (termasuk Xpander Cross) mendominasi penjualan MMKSI hingga 60,08 persen. Sepanjang Desember, produk itu terjual sebanyak 7.581 unit. Artinya, penjualan Xpander terbukti naik signifikan karena pada November Xpander hanya terjual sekitar 4.300 unit.

Selain Xpander, penjualan Mitsubishi juga didominasi oleh L300 yang berkontribusi sebesar 19,27 persen serta Pajero Sport yang berkontribusi sebesar 11,25 persen.

"Capaian pada 2021 tentunya sangat memotivasi kami untuk memulai 2022 dengan lebih positif. Penerimaan baik dari konsumen akan produk-produk kami sangat kami apresiasi dan memacu kami untuk terus memberikan keunggulan dan keuntungan bagi para konsumen," ujarnya.

Tentang All New Xpander

All New Xpander semakin meramaikan produk kendaraan bermotor di Tanah Air. Harga produk Mitsubishi yang diluncurkan tahun lalu itu dibandrol mulai dari Rp 228.030.000. Sedangkan untuk New Xpander Cross, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menawarkan dengan harga mulai dari Rp 269.150.000.

President Director MMKSI, Naoya Nakamura mengatakan, New Xpander dan New Xpander Cross merupakan pengembangan dan penyempurnaan dari model sebelumnya. "Produk ini  hadir dengan keunggulan fitur di sisi interior dan eksterior yang semakin luxurious, performa dan sistem keselamatan yang semakin baik," kata Naoya Nakamura.

Untuk rincian harga, New Xpander yang ditawarkan dengan harga Rp 228.030.000 sendiri merupakan New Xpander GLS MT. Sedangkan untuk varian lainya mulai dari GLS CVT hingga Ultimate CVT ditawarkan dengan harga Rp 236.490.000 hingga Rp 272.580.000.

Kemudian, untuk New Xpander Cross yang ditawarkan dengan harga Rp 269.150.000 diterapkan pada varian manual transmission. Untuk varian CVT dan Premium Package CVT ditawarkan dengan harga Rp 281.000.000 dan Rp 291.410.000.

Nah, bagi konsumen yang melakukan pembelian kedua produk baru itu dalam GIIAS 2021, maka konsumen akan mendapat sejumlah promo menarik. Deputy Group Head Sales & Marketing Division MMKSI, Mukhamad Arwani mengatakan, salah satu promo yang ditawarkan adalah promo berupa Mitsubishi Smart Package bagi konsumen New Xpander dan New Xpander Cross.

“Dengan Mitsubishi Smart Package, maka setiap pembeli New Xpander dan New Xpander Cross akan mendapat gratis biaya jasa servis serta suku cadang hingga 50 ribu kilometer atau empat tahun, asuransi kecelakaan diri satu tahun dan asuransi kerusakan ban selama satu tahun,” kata Mukhamad Arwani dalam MMKSI virtual interview soal program sales dan after sales Mitsubishi selama GIIAS 2021 yang digelar beberapa waktu lalu.

Selain itu, MMKSI juga menawarkan loyalty program bagi pemilik Xpander yang ingin membeli New Xpander. Lewat program ini, maka Mitsubishi memberikan apresiasi bagi konsumen setia dengan voucher belanja senilai Rp 1,5 juta.

Selain itu, Mitsubishi juga menawarkan gratis kaca film Konica Minolta dan gratis asuransi tiga tahun. Untuk New Xpander, Republika sendiri sempat menguji performanya lewat mini test drive di Bridgestone Proving Ground, Kawawang, Jawa Barat. Dalam area tertutup itu, Republika fokus untuk membuktikan stabilitas suspensi dan kinerja dari sistem transmisi terbaru.

Mengingat, kini New Xpander hadir dengan ground clearence yang lebih tinggi sehingga mobil ini mengalami adjustment pada sistem peredam kejut. Dalam pengujian itu, terbukti bahwa sistem suspensi terbaru mampu membuat New Xpander tetap nyaman dan stabil.

Hal itu dibuktikan lewat manuver yang dilakukan pada kecepatan tinggi pada trek lurus. Selain itu, kenyamanan suspensi juga dibuktikan lewat lintasan bergelombang yang terdapat pada proving ground tersebut.

Selain sistem suspensi terbaru, kini New Xpander juga hadir dengan transmisi baru yakni continuously variable transmission (CVT). Meski didesain untuk menunjang efisiensi dan kenyamanan berkendara, tapi transmisi ini tetap menyajikan akselerasi yang spontan.

Hal ini terbukti saat pedal gas diinjak dengan penuh atau kick down. Dalam kondisi itu, sistem transmisi otomatis menyesuaikan rasio dan putaran mesin agar dapat memberikan torsi optimal sehingga mampu memenuhi kebutuhan akselerasi dalam kondisi tertentu.


×