Pemain Manchester United | AP Photo/Frank Augstein

Olahraga

19 Jan 2022, 03:02 WIB

Ambisi MU Masuk Zona Big Four

MU akan melakoni laga melawan Brentford setelah hasil mengecewakan akhir pekan lalu.

MANCHESTER -- Manchester United sedang berusaha mendekati zona empat besar (big four) klasemen Liga Primer Inggris saat melakukan perjalanan ke London barat untuk menghadapi Brentford, Kamis (20/1) dini hari. Setan Merah saat ini berada di peringkat tujuh, berjarak lima poin dari West Ham di peringkat empat.

MU akan melakoni laga ini setelah hasil mengecewakan akhir pekan lalu, ketika ditahan Aston Villa 2-2. United sudah unggul dua gol dalam pertandingan di Villa Park tersebut, tapi kebobolan dua kali pada fase akhir babak kedua melawan skuad asuhan Steven Gerrard. Performa itu kembali memunculkan pertanyaan soal racikan pelatih interim Ralf Rangnick.

Sampai saat ini, United hanya mengoleksi 32 poin dari 20 pertandingan. United kini tertinggal 24 angka dari rival sekotanya, Manchester City. City pun hingga matchday ke-22 masih berkuasa di puncak klasemen.

Untuk itu, target paling realistis di liga saat ini bagi United adalah bagaimana caranya bisa kembali ke zona big four yang menjadi tiket mendapatkan tempat ke Liga Champions musim depan. Namun, perjuangan itu tidak akan mudah.

Di atas MU pun ada Tottenham Hotspur yang berjarak empat poin dari West Ham, tapi punya empat pertandingan di tangan. Arsenal di peringkat lima juga sedang dalam performa yang cukup stabil. Untuk itu, Cristiano Ronaldo cs harus bisa memanfaatkan pertandingan melawan tim yang bukan unggulan di liga. MU bisa naik ke satu peringkat jika menang melawan Brentford dan Tottenham Hotspur kalah dari Leicester City pada hari yang sama.

Selain itu, Spurs juga akan menghadapi Chelsea pada akhir pekan. Sementara, MU akan jumpa West Ham, yang akan jadi momen untuk naik ke empat besar. Namun, semua itu bisa didapatkan MU jika bisa mendapatkan poin maksimal, setidaknya dalam dua laga ke depan.

Kalau kalah, MU bakal terancam digeser oleh Wolves yang berada di peringkat delapan dengan jarak satu poin. Tapi, manajer Ralf Rangnick menegaskan kalau skuad-nya akan mengambil pelajaran dari dua hasil negatif sebelumnya.

''Kami harus mengambil hal-hal baik ke dalam beberapa pertandingan berikutnya dan menunjukkan, mengembangkan, lalu membangun di atas itu semua,'' ujar Rangnick, dikutip dari laman resmi MU, Selasa (18/1).

United kemungkinan besar akan kembali diperkuat oleh Ronaldo, yang sudah absen dalam dua laga sebelumnya melawan Villa. Selain itu, Paul Pogba juga terlihat sudah ikut berlatih dengan rekan setimnya. Namun, belum jelas apakah Pogba sudah bisa turun dalam pertandingan tersebut atau belum.

''Mudah-mudahan para pemain yang cedera atau sakit akan kembali untuk hari Rabu (Kamis dini hari). Tapi, saat ini saya tidak yakin,'' kata dia.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Manchester United (manchesterunited)

Namun, skuad Setan Merah harus hati-hati dengan the Bees. Meski berstatus sebagai klub promosi, Brentford tercatat sudah 5 kali menang, 9 kali imbang, dan 10 kali kalah, yang membuatnya nangkring di peringkat 14. Brentford juga memenangkan dua pertandingan beruntun melawan Villa di liga dan Piala FA awal bulan ini.

Selanjutnya, Brentford telah memenangkan empat pertandingan di Brentford Community Stadium musim ini. Namun, tim ini tercatat belum pernah menang dari United sejak 1938. Namun, pertandingan dini hari nanti akan menjadi pertemuan pertama mereka jika dihitung sejak 1947 — saat kedua tim main imbang tanpa gol. Tapi, Brentford telah membuktikan bahwa mereka mampu untuk bersaing di level ini.

Skuad asuhan Thomas Frank ini hanya berjarak dua poin dari peringkat 10, Leicester City. Walaupun the Foxes baru main 18 kali di liga musim ini. Meski akhir pekan lalu dikalahkan Liverpool, Frank minta skuad-nya untuk tetap positif saat menjamu MU di kandang sendiri.

''Tugas saya adalah memastikan kami tidak membuat kesalahan kecil yang bisa mematikan pertandingan. Tapi, pasti ada hal positif yang bisa diambil dari babak pertama di Anfield,'' ujar Frank, dikutip dari dalam resmi Brentford.


×