Pesepak bola Persija Jakarta Alfriyanto Nico melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Persela Lamongan dalam lanjutan laga Liga 1 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (24/9/2021). Persija Jakarta menang dengan skor 2-1. | ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Olahraga

11 Jan 2022, 02:18 WIB

Persija Pantang Remehkan Persipura

Pada laga Persija Vs Persipura, Angelo akan menurunkan pemain baru, Makan Konate. 

BANDUNG -- Persija Jakarta enggan jemawa menjelang laga menghadapi Persipura Jayapura di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Selasa (11/1). Menuju pertandingan pekan ke-19 Liga 1 2021/2022 itu, Persija tengah berada dalam tren positif setelah mengalahkan PSIS di laga sebelumnya.

Saat ini, Persija berada di posisi keenam klasemen dengan raihan 28 poin. Persipura sementara berada di zona merah, peringkat ke-17 klasemen dengan raihan 14 poin. 

Pelatih Persija Angelo Alessio mengatakan, laga ini penting bagi tim. Dia menyebut tidak ingin melihat posisi Persipura yang berada di papan bawah klasemen. "Saya tidak berpikir soal ada di posisi mana tim dan lawan di klasemen. Saya hanya berpikir bagaimana tim bisa meraih poin penuh," kata Angelo.

Baginya, setiap laga Persija adalah pertandingan terakhir yang menentukan nasib tim. Untuk itu, dia selalu meminta tim untuk memberikan yang terbaik di setiap laga. "Tentu kami respect dengan Persipura, mereka punya banyak pemain cepat. Tapi, kami akan coba untuk mengalahkan mereka di lapangan," kata Angelo.

Di sisi lain, Angelo memastikan dua pemain barunya, Ahmad Bustomi dan Makan Konate, bisa dimainkan. Dia menyebut posisi Tony Sucipto yang tengah menjalani skors akumulasi kartu bisa diisi oleh Bustomi. "Dia bisa bermain karena Tony Sucipto belum bisa bermain karena akumulasi kartu, dan saya pikir Bustomi bisa main besok," kata Angelo. 

Pada laga nanti, Angelo memastikan akan menurunkan pemain barunya, Makan Konate. Konate direkrut untuk menggantikan Yann Motta yang kontraknya tidak diperpanjang klub. Konate pun mengaku tidak sabar untuk bertanding melawan Persipura. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Persija Jakarta (persija)

"Senang sekali untuk besok (hari ini—Red) karena di pertandingan kemarin saya tidak bisa main karena masalah administrasi. Sekarang, alhamdulillah, sudah beres dan saya siap untuk main," kata Konate. 

Konate memang sudah tidak asing dengan sepak bola. Bahkan, tiga klub besar lainnya, Persib Bandung, Arema FC, dan Persebaya, pernah dijajalnya. Karena itu, dia memiliki target pribadi untuk bisa berkontribusi dalam meraih tiga poin pada laga kali ini. 

"Kami optimistis bisa meraih tiga poin dengan kerja keras, berjuang untuk ambil tiga poin. Kita bangkit secara bertahan. Kemarin kami menang lawan PSIS dan besok kami siap untuk melawan Persipura," kata Konate. 

Konate senang bisa kembali lagi ke Liga 1. Saat kompetisi terhenti akibat pandemi, Konate hengkang dari Persebaya untuk membela klub asal Malaysia, Terengganu FC. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Persipura Papua 1963 (persipurapapua1963)

Konate mengaku tertantang untuk memperbaiki posisi Persija di papan klasemen. Dia berharap tim bisa solid dan masuk ke papan atas sebagai tiga besar.

"Target pribadi saya adalah mewujudkan target tim untuk masuk tiga besar. Target saya, kasih kontribusi besar bagi klub dan kasih maksimal untuk tim di putaran kedua ini," kata Konate.

Di kubu lawan, Persipura Jayapura melihat peluang untuk keluar dari papan bawah.  Pelatih Persipura Alfredo Vera mengakui, persiapan tim berjalan lancar. Meski di laga sebelumnya timnya gagal meraih kemenangan dari Persela, Alfredo melihat peluang dari tim untuk meraih tiga poin.

"Persiapan kami baik, semua pemain siap untuk pertandingan nanti. Hari ini latihan terakhir, lalu detail-detail yang kurang sudah kami benahi," kata Alfredo dalam konferensi pers menjelang laga, Senin (10/1). 

Mantan pelatih Bhayangkara FC itu pun memastikan Ramiro Fergonzi bisa bermain di laga ini. Menurut Alfredo, Ramiro adalah pemain yang dibutuhkan tim untuk bisa meraih poin penuh. 

"Ramiro bisa bermain di posisi striker dan sayap. Dia pemain yang punya mobilitas, bisa buka ruang untuk menyerang dan bisa bantu pertahanan. Saya pastikan dia bisa main besok," kata Alfredo. 

Alfredo sadar bahwa Persija adalah tim yang kuat, tapi dia yakin bahwa dengan kesiapan Persipura saat ini, tim bisa menahan laju serangan Persija. Apalagi, Persija akan memainkan pemain barunya, Makan Konate. 

"Saya lihat semua (tim peserta liga) hampir sama, tidak ada (kekuatan) terlalu jauh. Saya lihat meski imbang, kalah, atau menang dengan skor tipis. Persija kuat, tapi kami juga kuat. Kami optimistis dengan pertandingan ke depan," kata Alfredo.

Alfredo mengakui, posisi timnya pada awal putaran kedua ini bukan berarti Persipura akan tetap berada di papan bawah pada akhir musim nanti. Dia yakin tim sudah berada di jalur yang benar untuk bisa keluar dari papan bawah. 

"Peluang kami masih sangat besar, masih ada sisa 16 pertandingan. Mental tim kami sedang bagus, hal kecil tidak boleh buat kami kalah," kata Alfredo. 

';

×