Ilustrasi Moto GP yang akan diselenggarakan di Mandalika NTB. Acara ini akan mendongkrak kunjungan wisatawan ke Indonesia. | EPA-EFE/CLAUDIO GIOVANNINI

Ekonomi

11 Jan 2022, 03:32 WIB

Moto GP Mandalika NTB Gaet 100 Ribu Wisatawan

tingkat okupansi hotel dipastikan akan mencapai 100 persen pada perhelatan Moto GP Mandalika NTB

JAKARTA -- Menteri Parwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno memproyeksikan kunjungan wisatawan asing dan domestik selama perhelatan Moto GP Mandalika pada Maret mendatang akan mencapai 100 ribu orang. Potensi kunjungan itu sudah melebihi dari total kapasitas penginapan yang tersedia di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Sandiaga menjelaskan, dari proyeksi tersebut mayoritas merupakan wisatawan dalam negeri. Dari jumlah wisatawan domestik itu, sebanyak 50 persen kemungkinan merupakan wisatawan asal NTB sehingga kekurangan akomodasi tidak menjadi masalah.

"Akomodasi hotel dan penginapan di destinasi Lombok hanya 23 ribu unit per Desember 2021. Data yang kami kumpulkan dari asosiasi hotel di Mataram, kamar sudah terpesan 90 persen untuk Moto GP," kata Sandiaga dalam konferensi pers, Senin (10/1).

Sandiaga mengatakan, Mataram yang merupakan ibu kota NTB memiliki total 2.758 kamar hotel yang terdaftar dalam asosiasi. Sementara itu, tingkat okupansi hotel dipastikan akan mencapai 100 persen pada perhelatan Moto GP yang berlangsung pada 18-20 Maret 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Melihat tingginya potensi kunjungan tersebut, Kemenparekraf mendorong agar sarana hunian pariwisata yang dibangun oleh Kementerian PUPR dapat segera tuntas dan dapat mengakomodasi para wisatawan. "Ada 300 sarana hunian atau homestay yang sedang disertifikasi CHSE," katanya.

Selain itu, terdapat kerja sama antara pengelola sirkuit dengan Bobobox dan Eiger untuk membangun fasilitas glamping di kawasan Mandalika. Kementerian Perhubungan turut mengakomodasi persiapan kapal-kapal milik PT Pelni dan swasta untuk menjadi tempat penginapan.

"Di Bali, juga ada banyak kamar hotel yang bisa menampung. Penerbangan Lombok-Bali dalam satu paket wisata juga sudah disiapkan sehingga bisa ikut menampung pengunjung wisatawan," kata dia.

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau ITDC telah memulai penjualan tiket, yakni untuk kelas premium grandstand sebanyak 22.056 tiket, premiere class sebanyak 900 tiket, dan deluxe class 2.000 tiket. Penjualan tiket premiere class yang seharga Rp 15 juta per kursi telah habis terjual hanya dalam waktu beberapa jam setelah loket penjualan dibuka.

Vice President Director MGPA, Cahyadi Wanda, menyampaikan, antusiasme pencinta balap untuk menonton Moto GP secara langsung sangat besar. "Kami mohon maaf apabila ada calon penonton yang tidak mendapatkan tiket kategori ini, tapi jangan khawatir, masih ada stok tiket dari beberapa kategori tiket lainnya,” ujarnya.

ITDC akan kembali memulai pembukaan penjualan tiket pada 11 Januari 2022 di 10 platform digital dan online partner ITDC Group. Tiket yang akan dibuka antara lain kelas general admission dan standard grandstand.


×