Presiden Joko Widodo tampil di layar saat menyampaikan sambutan dalam peringatan HUT Ke-49 PDIP di kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Senin (10/1/2022). Peringatan yang digelar secara daring dan luring tersebut mengangkat tema Bangunlah Jiwa dan Badannya unt | ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/nym.

Nasional

11 Jan 2022, 03:04 WIB

Megawati Perintahkan Kader Bertemu Rakyat

PDIP tidak menjadikan hasil survey sebagai pegangan.

 

 

JAKARTA -- Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengatakan, partainya tidak menjadikan hasil survei sebagai pegangan. Karena itu, ia memerintahkan kadernya agar turun ke bawah bertemu dengan rakyat untuk memenangkan pemilu 2024. 

"Sebagai partai politik yang telah kenyang dengan asam garam politik, marilah kita perhebat tanggung jawab bagi masa depan bangsa dan negara. Caranya dengan melakukan kerja politik terbaik. Bagi PDIP turun ke bawah merupakan jalan paling efektif kalau untuk memenangkan pemilu 2024. Turun ke bawah, menyapa, melindungi, dan membahagiakan rakyat," kata Megawati dalam pidato politiknya di HUT ke-49 PDIP secara daring, Senin (10/1). 

Megawati mendorong seluruh pihak untuk berpartisipasi dalam keberhasilan pelaksanaan pemilu 2024. Ia memprediksikan, ada banyak kerawanan politik, termasuk jatuh bangunnya suatu bangsa terjadi akibat ketidakmampuan mencari solusi atas konflik.

Namun, ia mengatakan, pemilu 2024 harus berjalan demokratis, jujur, dan adil sehingga pergantian kekuasaan berlangsung terlembaga, aman, dan damai. Ia juga mengajak masyarakat untuk berbangsa dan bernegara tanpa provokasi.

Saat ini, Megawati mengatakan, masih segelintir pihak yang memanfaatkan pandemi Covid-19 untuk kepentingan politik. "Ada kelompok politik mencoba memancing di air keruh. Mereka memanfaatkan pandemi untuk mendiskreditkan pemerintah," kata dia. 

photo
Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri tampil di layar saat menyampaikan pidato politiknya dalam peringatan HUT Ke-49 PDIP di kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Senin (10/1/2022). Peringatan yang digelar secara daring dan luring tersebut mengangkat tema Bangunlah Jiwa dan Badannya untuk Indonesia Raya. - (ANTARA FOTOANTARA FOTO/Sigid Kurniawan.)

Padahal, ia mengatakan, semua pihak seharusnya mengedepankan sikap bijak dan energi positif selama pandemi Covid-19. Megawati juga menyinggung adanya pihak yang mengambil keuntungan di tengah pandemi Covid-19. "Atas nama pandemi mereka masih saja mencari keuntungan materi. Berbagai hal ini yang menjadi kritik dan otokritik bangsa," kata dia.

Megawati juga mencatat adanya kerentanan sistem kesehatan nasional akibat ketergantungan pada impor. Megawati mendorong percepatan terwujudnya kesejahteraan rakyat dan keadilan sosial.

Pada sambutannya, Presiden Joko Widodo menyampaikan apresiasinya kepada PDIP yang telah membantu pemerintah menyiapkan berbagai kebijakan untuk menghadapi pandemi Covid-19 di Indonesia. Dengan dukungan dari PDIP, Indonesia mampu menghadapi masa-masa sulit akibat pandemi.

“Saya ingin menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan dan bantuan PDIP dalam menyiapkan kebijakan-kebijakan dan dalam menghadapi masa-masa yang tidak mudah, masa-masa yang sulit akibat pandemi Covid-19,” ujar Jokowi. 

Jokowi pun menyebut pemerintah telah berhasil menghadapi tantangan pandemi Covid-19 yang berdampak pada berbagai sektor kehidupan. Jumlah kasus harian tercatat mengalami penurunan yang signifikan sejak puncak kasus kedua yang terjadi pada Juli lalu.

Selain itu, menurut Jokowi, pemerintah juga akan terus mengebut pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di seluruh daerah. Saat ini, lanjut dia, Indonesia masuk ke dalam lima besar negara dengan jumlah vaksinasi terbanyak di dunia, yakni mencapai 288 juta dosis vaksin yang telah disuntikkan kepada masyarakat.

photo
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (kedua kiri) berbincang dengan Ketua DPP Djarot Saiful Hidayat (kiri), Ketua DPP Ahmad Basarah (kedua kanan) dan Wasekjen Sadarestuwati dalam peringatan HUT Ke-49 PDIP di kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Senin (10/1/2022). Peringatan yang digelar secara daring dan luring tersebut mengangkat tema Bangunlah Jiwa dan Badannya untuk Indonesia Raya. - (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/nym.)

Jokowi mengatakan, pemerintah juga akan terus berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat meskipun pandemi Covid-19 masih terjadi. Sejumlah program yang dilakukan, yakni penurunan angka stunting, kemudahan akses rakyat terhadap Pendidikan melalui Kartu Indonesia Pintar, dan pembangunan infrastruktur baik di perkotaan maupun di perdesaan. 

Jokowi menyampaikan, pemerintah akan terus berkomitmen dan bekerja keras membangun kemandirian bangsa. Salah satunya yakni dengan melakukan hilirisasi industri yang akan terus ditingkatkan.

“Karena kita tidak ingin sejak VOC, kita selalu mengirim bahan-bahan mentah, mengirim raw material ke luar negeri,” ujar Jokowi. 


×