Omikron Kian Menyebar | republika

Nasional

10 Jan 2022, 03:40 WIB

Mayoritas Varian Omikron dari Arab dan Turki

Jerman mengimbau banyak pihak mengubah strategi untuk dapat menghadapi Covid-19 varian omikron

JAKARTA -- Juru bicara vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan, secara kumulatif kasus Covid-29 varian omikron paling banyak berasal dari Turki dan Arab Saudi. Mayoritas kasus konfirmasi omikron adalah mereka yang sudah lengkap vaksinasi Covid-19.

Sebanyak 99 persen kasus omikron yang diisolasi memiliki gejala ringan atau tanpa gejala. Ada 97 persen kasus didominasi oleh pelaku perjalanan luar negeri dan berasal dari Provinsi DKI Jakarta. Selanjutnya, hanya 1 persen kasus membutuhkan terapi oksigen.

Kemenkes merekomendasikan perawatan berupa perubahan tata laksana pada pasien asimtomatik dan gejala ringan, contoh penambahan obat molnupiravir dan paxlovid untuk gejala ringan. “Selain itu, perlu penyiapan isolasi terpusat di DKI Jakarta dan aktivasi program telemedicine untuk isolasi mandiri di DKI Jakarta. Pasien dengan komorbid dengan tingkat keparahan apa pun dirawat di rumah sakit,” katanya di Jakarta, Sabtu (8/1).

Kemenkes juga merekomendasikan asesmen kebutuhan konsentrator oksigen atau isotank di daerah dengan peningkatan kasus perawatan, seperti Jakarta, Jawa Barat, dan Sulawesi Utara. Dari hasil pemantauan, sebagian besar kondisinya ringan dan tanpa gejala. Gejala paling banyak adalah batuk dan pilek.

Omikron memiliki tingkat penularan yang jauh lebih cepat dibandingkan varian delta. Sejak ditemukan pertama kali pada 24 November 2021 di Afrika Selatan, kini omikron telah terdeteksi di lebih dari 110 negara dan diperkirakan akan terus meluas. Di level nasional, pergerakan omikron juga terus meningkat sejak pertama kali dikonfirmasi pada 16 Desember 2021.

Ubah strategi untuk hadapi omikron

Menteri Kesehatan Jerman Karl Lauterbach menyatakan negara itu harus mengubah strategi vaksinasi Covid-19 untuk mengatasi varian Omikron Bahkan, Berlin perlu dan memastikannya dapat mengembangkan vaksin baru dengan cepat jika menghadapi varian virus korona yang lebih mematikan di masa depan.

"Jika kita mendapatkan varian yang menular seperti Omicron, tetapi secara signifikan lebih mematikan, kita harus dapat mengembangkan dan memproduksi vaksin baru dalam waktu yang sangat singkat," kata Lauterbach dalam sebuah wawancara yang akan diterbitkan di surat kabar Welt am Sonntag pada Ahad (9/1/2022).

Menteri Kesehatan yang diangkat bulan lalu ini mengatakan, pemerintah berencana untuk menerapkan sistem permanen untuk membeli dan memberikan suntikan dengan cepat pada waktu tertentu. Keputusan ini mempertimbangkan kemungkinan ada wabah baru yang serius.

"Kita tidak boleh terlena dengan asumsi naif bahwa (pandemi) akan segera berakhir. Ini belum berakhir," kata Lauterbach.

Robert Koch Institute (RKI) untuk penyakit menular menyatakan, varian omikron sekarang menyumbang 44 persen dari infeksi virus korona di Jerman. Pada Sabtu (8/1/2022), RKI menghitung 55.889 infeksi korona baru yang dilaporkan dalam waktu 24 jam, lebih dari dua kali lipat jumlah minggu sebelumnya.

Kanselir Jerman Olaf Scholz dan para pemimpin regional memperketat aturan untuk kunjungan restoran dan bar sebagai bagian dari upaya untuk mendorong lebih banyak orang untuk mendapatkan vaksinasi ketiga atau suntikan booster. Meski begitu, pemerintah Jerman memperpendek periode karantina.

Omikron di Tianjin Cina

Dua kasus positif Covid-19 varian Omikron ditemukan di Kota Tianjin, Cina, sehingga memberikan peringatan keras bagi Kota Beijing yang tinggal tiga pekan lagi menggelar pembukaan Olimpiade Musim Dingin (Winter Olympic) 2022. Tes massal terhadap warga yang tinggal di gerbang utama sekaligus kota penyangga Beijing itu mulai digelar pada Ahad pagi pukul 07.00 waktu setempat (06.00 WIB) setelah ditemukan 20 kasus baru, dua di antaranya omikron.

Tes PCR massal diperkirakan berlangsung selama 24 jam hingga Senin (10/1) pagi. Sedikitnya 29 kawasan permukiman di Distrik Jinnan dan Distrik Nankai dikunci total (lockdown) setelah ditemukan dua kasus pada penghuni setempat.

Hingga Sabtu (8/1) malam, sebanyak 75.680 warga dikarantina. Dari 70 orang yang dites PCR di satu permukiman, 14 di antaranya positif, bahkan dua orang positif terdeteksi di eskalator apartemen tempat tinggalnya. Dua jalur kereta metro Tianjin, masing-masing nomor 1 dan nomor 6, berhenti beroperasi pada Ahad.

Bandar Udara Internasional Binhai Tianjin membatalkan 144 jadwal penerbangan dalam sehari. Beijing bersama dengan Zhangjiakou akan menjadi ajang pertandingan Winter Olympic dan Paralympic mulai 4 Februari mendatang.

Tes PCR massal ini sebagai tindakan konkret tanggung jawab penuh Tianjin sebagai gerbang utama Beijing dalam menangani cepatnya penularan varian terbaru sebagaimana hasil rapat yang digelar Ketua Partai Komunis Cina (CPC) Komite Tianjin dan Wali Kota Tianjin Liao Guoxun pada Sabtu malam.


Survei: 54,8 Persen Responden tak Setuju Vaksin Booster

Vaksin booster akan menambah herd immunity menghadapi Covid-19 varian Omikron.

SELENGKAPNYA

Siprus Temukan Varian Deltakron

Sejumlah layanan dasar di AS terabaikan karena lonjakan kasus akibat omikron.

SELENGKAPNYA
×