Gelandang Persebaya Surabaya Ricky R Kambuaya (kiri) dijegal gelandang PSM Makassar Arfan (kedua kanan) dalam pertandingan lanjutan BRI Liga 1-2021/2022 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Sabtu (18/9). Dalam pertandingan tersebut PSM Makassar | REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA

Olahraga

05 Jan 2022, 08:17 WIB

Persebaya Siap Jajal Tuan Rumah Bali United

Pelatih Persebaya Aji Santoso mengakui tidak mempermasalahkan waktu pertandingan melawan Bali United

BANDUNG -- Persebaya Surabaya akan menghadapi Bali United di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Rabu (5/1), pada pukul 21.30 WITA. Laga Persebaya kontra Bali United ini merupakan partai tunda pekan ke-17 Liga 1 Indonesia.

Pelatih Persebaya Aji Santoso mengakui tidak mempermasalahkan waktu pertandingan tersebut. Menurut dia, Persebaya siap jika harus bermain tengah malam sekalipun.

"Tidak ada masalah, bermain jam berapa pun tidak masalah. Kami mengaturnya, para pemain dalam kondisi baik," kata Aji saat konferensi pers menjelang laga, Selasa (4/1).

Dari jadwal yang diterimanya, Aji mengakui Persebaya akan terus bermain malam hari. Ia pun melihat keuntungan dari tampil pada malam hari karena cuaca tidak terlalu panas. "Jadi, tidak ada alasan jam berapa pun kami main, tidak masalah," ujarnya menjelaskan.

Aji menambahkan, adaptasi tim pun berjalan dengan baik. Menurut dia, persiapan tim berjulukan Bajul Ijo berjalan dengan lancar tanpa ada kendala.

Untuk itu, Aji sepakat dengan manajemen yang menargetkan hasil maksimal pada laga nanti. Para penggawa Persebaya bertekad untuk mendapatkan poin sebanyak atau lebih dari yang didapatkan pada seri sebelumnya. "Kami juga ingin mempertahankan penampilan yang bagus dengan 10 laga tidak kalah. Ini jadi motivasi kami untuk meraih hasil positif pada pertandingan di Bali," katanya menegaskan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Persebaya (officialpersebaya)

Sementara itu, Bali United dipastikan tanpa arahan pelatihnya, Stefano Cugurra, pada laga kontra Persebaya. Teco, sapaan akrab Stefano, sedang mengikuti lisensi A Pro di Brasil.

Asisten pelatih Bali United, Yogie Nugraha, mengakui tidak ada permasalahan berarti selama persiapan tanpa Teco. Menurut dia, Teco terus memantau perkembangan tim dari negara asalnya, Brasil.

"Secara keseluruhan, Coach Teco tetap memantau dari Brasil. Dia berpesan bahwa nanti adalah laga besar dengan melawan tim besar yang memiliki sejarah dan prestasi. Tapi, kami siap menaklukkan Persebaya," kata Yogie dalam konferensi pers menjelang laga.

Teco telah berada di Brasil sejak akhir Desember 2021 lalu. Sayangnya, Yogie tidak dapat memastikan kapan mantan pelatih Persija Jakarta itu akan kembali bersama tim. "Coach Teco sudah dari akhir tahun berangkat ke Brasil. Kami hanya berharap dia bisa kembali secepatnya," kata Yogie.

Selama tujuh tahun bekerja bersama Teco, Yogie menambahkan, ini kali pertama Teco tidak mendampingi tim dalam laga resmi. Teco hanya pulang ke Brasil ketika masa pramusim dan tidak mengganggu persiapan tim.

Beruntung, Yogie dapat mengatur tim dengan baik. Ia mengakui para pemain sudah profesional dan paham apa yang harus dilakukan, baik saat latihan maupun dalam pertandingan nanti. "Secara keseluruhan, apalagi teknis tidak ada kesulitan," katanya menegaskan.

Di sisi lain, Bali United pun akan kehilangan pemainnya yang membela skuad timnas Indonesia karena masih harus menjalani karantina seusai berlaga di Piala AFF 2020. Namun, Yogie memastikan tim tidak hanya bergantung pada satu atau dua pemain.

"Kami memiliki 31 pemain yang siap bertanding. Kalau kami cuma punya satu pemain, tentu kami akan angkat bendera. Tapi, kami punya pemain lain yang siap untuk bertarung," kata Yogie menjelaskan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Bali United FC (@baliunitedfc)


×