Pesepak bola Persib Bandung Wander Luiz Queiroz Dias berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Persipura Jayapura pada pertandingan Liga I di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (30/10/2021). Persib Bandung menang atas Persipura Jayapura dengan skor | ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/rwa.

Olahraga

Agar Pemain Persib tetap Bugar di Musim Liburan

Persib berupaya meningkatkan performa pemainnya agar meraih prestasi pada pertandingan berikutnya.

Persib Bandung berencana kembali menggenjot pemainnya untuk berlatih bersama pada Senin (27/12) usai mendapatkan kesempatan libur Hari Raya Natal 2021. Sesi latihan tersebut juga menjadi persiapan pekan kedua Pangeran Biru sebelum menjalani seri keempat Liga 1 2021/2022 di Bali awal 2022.

Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts, dikutip dari laman resmi klub, Minggu, berharap fisik anak asuhnya tetap terjaga meskipun tak ada kegiatan bersama.

Selama libur, pemain melakukan banyak program untuk menjaga kebugaran secara mandiri.Hal itu tak berbeda jauh seperti saat libur sebelumnya, Robert punya harapan semua pemain tetap berada di level wajar sehingga bisa dengan mudah mengikuti semua menu latihan yang diberikan.

"Kami harap mereka memiliki level kondisi yang bisa kami terima," kata pelatih asal Belanda tersebut.Pada pekan pertama, tim pelatih akan lebih fokus pada sentuhan bola karena satu pekan tak berlatih bersama.

Seperti pekan sebelumnya ketika Maung Bandung masih menjalankan latihan di lapangan dan tempat kebugaran, pemain pada latihan perdana juga hanya menjalani latihan kekuatan di tempat kebugaran.

"Kami akan kembali menggabungkannya dengan gym karena kami butuh membangun kekuatan dan power pemain kembali," pungkas Robert.Persib saat ini berada di posisi kedua klasemen sementara Liga 1 2021 hingga pekan ke-17 dengan koleksi 34 poin atau membuntuti Bhayangkara FC di pemuncak klasemen dengan 37 poin.

Persib tak cari pemain lokal 

Persib Bandung memastikan tak menambah kekuatan tim dari pemain lokal. Selama bursa transfer, Persib baru membawa dua pemain asing baru, David Da Silva dan Bruno Cantenhede.

Pelatih Persib Robert Rene Alberts mengakui saat ini tim tidak membutuhkan pemain lokal baru. Dia menyebut, kualitas pemain lokalnya bisa mumpuni hingga akhir musim nanti. 

"Kami tidak membutuhkannya (pemain lokal baru). Tapi, jika ada pemain lokal yang berstatus free transfer dari tim lain yang (kualitasnya) lebih baik dari pemain yang dimiliki sekarang, dan bisa menyuntikkan energi baru bagi tim, maka kami akan memantaunya," kata Robert dalam wawancara daring.

Cara tersebut memang sudah dilakukan tim sejak Robert memimpin tim pada 2019 lalu. Dengan begitu, dia tidak perlu buru-buru untuk membajak pemain jika tidak terlalu dibutuhkan oleh tim. Itu karena, kata dia, yang perlu dilakukan jajaran pelatih adalah memantau pemain yang berpotensi untuk Persib. Dalam waktu yang tepat, tentu akan ada penambahan pemain lokal baru sesuai dengan kebutuhan tim. 

"Tetapi untuk saat ini, kami tidak memburu siapa pun dan tim yang ada sekarang sudah cukup tangguh," ujar Robert.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by PERSIB (persib)

Dia menyebut, skuad yang saat ini sudah terbukti berdasarkan kualitas dan permainannya. Dengan tambahan dua pemain asing, tim kini semakin siap menyongsong sisa laga dan mengambil target juara musim ini. 

"Tapi saya katakan lagi, jika ada yang pemain bagus dan tersedia, mungkin akan kami pantau," kata Robert.

Persib hanya mengubah duet striker asing yang dahulu diisi oleh Geoffrey Castillion dan Wander Luiz. Kontrak keduanya selesai pada akhir Desember 2021 dan Persib memutuskan untuk tidak melanjutkan kontrak hingga akhirnya David dan Bruno resmi bergabung dengan tim.

Dalam latihan kemarin, Teja Paku Alam telah kembali dengan tim setelah izin dua hari tidak bergabung latihan. Marc Klok dan Dedi Kusnandar pun telah kembali latihan bersama tim setelah melakukan latihan terpisah karena cedera.

"Semua pemain telah kembali berlatih. Jadi, Dedi dan Klok telah bisa bermain di awal putaran kedua nanti," ujar Robert.

Teja mengaku senang telah kembali dengan tim. Teja melewatkan dua hari latihan karena izin keperluan keluarga. "Alhamdulillah, bisa ikut latihan lagi setelah kemarin sempat izin dua hari karena ada keperluan keluarga," kata Teja.

Mantan pemain Semen Padang ini mengaku tidak masalah dengan porsi latihan berat yang langsung menyambutnya. Menurut dia, selama libur dia tetap menjaga kondisi tubuhnya agar lebih fit untuk menghadapi putaran kedua nanti. 

"Pastinya kami selalu optimistis bisa naik ke posisi satu. Kami di sana akan berusaha dan bekerja dengan keras," kata Teja.

 
Pastinya kami selalu optimistis bisa naik ke posisi satu. Kami di sana akan berusaha dan bekerja dengan keras.
 
 

Teja telah melakukan evaluasi dari putaran pertama kemarin. Menurut dia, setiap pertandingan, ia harus mengikuti instruksi pelatih dan mendengar kritik dan saran untuk bisa lebih baik lagi dalam setiap laga.

Setelah menjajal semua tim pesaing di putaran pertama membuat Teja melihat persaingan tetap merata. Untuk itu, tim harus tetap fokus untuk memenangkan setiap laga jika ingin target juara diraih oleh Persib.

"Persaingan semua tim tetap hampir merata. Yang penting kami semua tetap fokus perbaiki komunikasi dan mudah-mudahan kita bisa memberikan yang terbaik," ujar Teja. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat