Sergio Aguero | AP POOL

Olahraga

Semua yang Terbaik Untukmu, Sergio Aguero

Sejak usia lima tahun Sergio Aguero sudah menekuni sepak bola.

Sergio Aguero terlihat menundukkan kepala sembari terisak. Matanya sembap. Ia menangis tertahan sambil memberitahukan niatnya untuk gantung sepatu. Aguero berada di salah satu titik Stadion Camp Nou, Barcelona, Rabu (15/12) malam WIB. Presiden Barca, Joan Laporta, di sampingnya. Tampak juga beberapa pihak langsung menghadiri acara ini.

"Saya memutuskan untuk berhenti bermain sepak bola profesional. Ini keputusan yang sangat sulit," kata Aguero, dikutip dari Marca, Kamis (16/12).

Ia menjelaskan tentang kecintaannya terhadap olahraga ini. Sejak berusia lima tahun, ia mulai menekuni si kulit bundar. Ia memulai segalanya bersama Independiente.

Lalu, menuju Eropa untuk memperkuat Atletico Madrid saat berumur 18 tahun. Lepas dari Atletico, Aguero melegenda bersama Manchester City. Kontribusinya di tim nasional Argentina menjadi salah satu yang sulit digantikan.

Setelah bertualang bersama City, sang penyerang balik lagi ke Spanyol. Ia menjadi bagian dari Blaugrana. Maksud hati ingin membantu klub raksasa Katalunya meraih kejayaan, tapi apa daya, detak jantungnya mengalami gangguan.

"Pertama-tama, ini terkait kesehatan saya. Anda tahu masalah yang saya alami sebulan lalu. Saya berada di tangan yang baik dengan para dokter, mereka memberi tahu saya bahwa hal terbaik yang harus dilakukan adalah berhenti bermain," ujar Aguero.

Berbagai elemen di jagat lapangan hijau langsung bereaksi. Penuh emosi, kesedihan, pujian, penghormatan, dan doa. Intinya, semua yang terbaik untuk legenda kelahiran Buenos Aires itu.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Sergio Leonel Agüero (kunaguero)

Dimulai dari Laporta. Orang nomor satu di Barcelona itu mengakui, mereka sempat berharap banyak pada Aguero. "Sekarang, Anda dapat mengambil semua yang telah Anda capai, dan mengubahnya menjadi era baru dalam hidup Anda. Kami berharap yang terbaik untuk Anda," ujar Laporta.

 

Berlanjut ke Lionel Messi. Penyerang Paris Saint-Germain (PSG) itu merupakan sahabat karib Aguero. Keduanya selalu bersama-sama di timnas Argentina sejak level junior. Teranyar, mereka berbagi kesuksesan saat mengangkat trofi Copa America 2021.

"Semua yang terbaik untukmu dalam babak baru ini. Saya sangat mencintaimu teman. Saya akan sangat merindukan untuk bermain bersamamu di lapangan dan ketika kita bertemu dengan timnas," demikian petikan curahan hati eks Barcelona itu di media sosial miliknya, dikutip dari Marca.

Hal sama juga disampaikan oleh bintang skuad City saat ini, Kevin de Bruyne. Semuanya menyampaikan doa terbaik. "Salah satu striker terbaik sepanjang masa. Kami mendoakan semua yang terbaik untuk masa depanmu, legenda. Sampai jumpa lagi," demikian cicitan De Bruyne di Twitter.

Sosok yang tak mengenalnya secara pribadi, ikutan bersuara, salah satunya Juergen Klopp. Pelatih Liverpool itu dengan sepenuh hati mengakui, Kun termasuk lawan terhebat yang pernah dihadapi.

Berikutnya, para rival tak ketinggalan. Bayern Muenchen dan Real Madrid merasa terhormat pernah menghadapi pemain seperti Aguero. Ada banyak pertempuran di lapangan. Tapi kini, mereka terlarut dalam emosi yang sama.

"Semoga beruntung untuk Anda dan keluarga Anda," demikian petikan tulisan di Twitter resmi El Real.

Itulah beragam reaksi seputar keputusan pensiun Aguero. Sepanjang kariernya, ia telah mencetak 426 gol dalam 786 pertandingan yang berasal dari penampilanya di klub dan timnas.

Aguero mengoleksi berbagai gelar bergengsi, seperti satu trofi Liga Europa di Atletico Madrid dan lima trofi Liga Inggris di City. Kemudian, mahkota Copa America bersama timnas. Kini, hal terpenting adalah kesehatan untuk Anda, Sergio ‘Kun’ Aguero.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat