Inter Milan | EPA-EFE/MATTEO BAZZI

Olahraga

07 Dec 2021, 12:28 WIB

Madrid dan Inter Berebut Penguasa Grup di Bernabeu

Real Madrid dan Inter Milan akan menampilkan performa terbaiknya.

MADRID -- Real Madrid dan Inter Milan akan berduel di Santiago Bernabeu pada Rabu (8/12) dini hari WIB dengan misi menjadi penguasa Grup D Liga Champions musim ini. Madrid saat ini berada di puncak klasemen, unggul dua poin dari Inter yang menempati posisi kedua.

Kedua tim telah dipastikan lolos ke babak 16 besar, sehingga tidak ada lagi misi yang lebih penting selain gengsi untuk menjadi pemuncak di laga terakhir fase grup. Pertandingan ini bakal berjalan seru dan sulit diprediksi, mengingat kedua tim sama-sama sedang on fire.

Madrid meraih kemenangan dua kali beruntun di semua kompetisi, ketika mengalahkan Real Sociedad 2-0 akhir pekan lalu di La Liga Spanyol. Skuad asuhan Carlo Ancelotti itu tidak terkalahkan sejak kekalahan 1-2 melawan Espanyol pada awal Oktober.

Klub asal ibu kota Spanyol itu juga telah tiga kali menang dalam tiga penampilan terakhir di Liga Champions, dengan dua kali atas Shakhtar Donetsk dan Sheriff Tiraspol. Laju impresif itu membuat Madrid duduk di puncak Grup D dengan 12 poin dari lima pertandingan. Posisi tersebut akan tetap jadi milik Los Blancos jika bisa menghindari kekalahan dalam laga keenam fase grup Liga Champions melawan tamunya dari Italia.

Namun, Ancelotti sadar, timnya tidak akan bisa menang begitu saja melawan Inter. Pelatih asal Italia itu tahu betul kalau Nerazzurri sedang dalam performa bagus. Karim Benzema dkk memang menang 1-0 atas Inter dalam pertemuan pertama di Grup D berkat gol Rodrygo di menit akhir. Sejak saat itu, klub raksasa Spanyol tersebut terus memimpin klasemen atau ada di depan Inter.

Namun, Ancelotti menyatakan, pertandingan melawan Inter merupakan tantangan besar bagi timnya. ''Inter tim yang lengkap,'' kata Ancelotti dikutip dari Sempreinter, Senin (6/12).

Ancelotti juga mengonfirmasi, Karim Benzema akan absen melawan Inter. Pemain internasional Prancis itu terpaksa ditarik keluar di awal pertandingan saat melawan Sociedad. Ancelotti mengungkapkan, striker berusia 33 tahun itu dibekap cedera hamstring.

Di sisi lain, Inter sedang dalam kepercayaan diri tinggi seusai mengalahkan AS Roma 3-0 akhir pekan lalu. Juara bertahan Seri A Italia itu kini berada di peringkat kedua, hanya selisih satu poin dari AC Milan di puncak klasemen Seri A. 

Kemenangan 2-0 atas Shakhtar pada 24 November lalu membuat Inter lolos ke fase gugur untuk pertama kalinya sejak musim 2011/2012. Inter merupakan tim Italia terakhir yang memenangkan Liga Champions pada 2010.

Inter memang tidak dalam tekanan untuk mendapatkan hasil positif di Spanyol. Namun, kemenangan melawan salah satu tim terbaik Eropa itu tentu akan meningkatkan kepercayaan diri. Selain itu, jika bisa finis di puncak klasemen Grup D, meningkatkan potensi bertemu lawan yang lebih mudah di babak 16 besar. 

Gelandang Inter Hakan Calhanoglu pun meminta timnya untuk memberikan perlawanan di Madrid. "Kami harus bisa membuat hidup Real Madrid menjadi sulit di kandangnya. Kami ingin melakukannya dengan baik di sana," tegas dia.

Fakta Jelang Laga Real Madrid Vs Inter Milan:

- Real Madrid telah tiga kali menang dalam tiga laga vs Inter Milan di Liga Champions.

- Dalam 11 laga terakhir vs klub Spanyol di kompetisi Eropa, Inter Milan hanya sekali menang.

- Real Madrid sudah tujuh kali menang dalam delapan laga di Santiago Bernabeu vs Inter Milan di kompetisi Eropa.

- Real Madrid mencetak 999 gol dalam 454 laga di kompetisi Eropa/Liga Champions (tak termasuk kualifikasi).


×