Ilustrasi pertandingan IBL. | M RISYAL HIDAYAT/ANTARA FOTO

Olahraga

24 Nov 2021, 09:01 WIB

IBL 2022 Diprediksi Berjalan Seru

Sejumlah rangkaian agenda IBL sejauh ini sudah berjalan dengan yang direncanakan.

JAKARTA -- Kompetisi basket tertinggi di Tanah Air, Indonesian Basketball League (IBL) 2022, yang rencananya akan dimulai 13 Januari diprediksi bakal lebih seru. Hadirnya empat tim baru yang membuat peserta menjadi 16 tim (terbanyak sepanjang perhelatan IBL). Pun, soal kembalinya pemain asing.

Jika situasi pandemi Covid-19 bersahabat, sejumlah kota sudah menyatakan kesiapannya untuk menjadi tuan rumah penyelenggara. Di antaranya adalah Jakarta, Bandung, Solo, Surabaya, dan Denpasar, pemerintah provinsinya sudah memberikan dukungan terhadap pelaksanaan IBL 2022. 

Sejumlah rangkaian agenda IBL sejauh ini sudah berjalan dengan yang direncanakan. Dari mulai kegiatan rookie combine, draft rookie, dan pemain asing serta yang terbaru adalah pembagian grup atau pul. 

Seperti sebelumnya peserta dibagi dua pul, Merah dan Putih. Masing-masing pul berisi delapan klub. Juara bertahan Satria Muda Pertamina berada pada pul Merah dan runner up Pelita Jaya Bakrie muncul pada pul Putih. 

“Kedua tim teratas pada musim lalu, Satria Muda Pertamina Jakarta dan Pelita Jaya Jakarta, berada dalam pot 1. Kemudian diikuti pada pot 2 adalah semifinalis musim lalu, West Bandits Solo dan Dewa United Surabaya. Pada pot 3 bergabung dua tim yang lolos ke playoff musim lalu, DNA Bima Perkasa Jogja dan Prawira Bandung. Sepuluh tim lainnya ada di pot 4,” kata Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah, kemarin.

Di Divisi Merah, ada Satria Muda Jakarta, West Bandits Solo, Bima Perkasa Jogja, Tangerang Hawks, Bumi Borneo Pontianak, Satya Wacana Salatiga, Pacific Caesar Surabaya, dan Indonesia Patriots. 

Kemudian di Divisi Putih, ada Pelita Jaya Jakarta, Dewa United Surabaya, Prawira Bandung, Bali United, Hangtuah Jakarta, NSH Mountain Gold Timika, RANS PIK, dan Evos Bogor. 

Untuk format pertandingan tim, yang berada pada satu pul akan memainkan format kompetisi penuh atau dua kali bertemu. Adapun untuk lintas pul akan berlangsung dengan sistem round robin hanya satu kali berhadapan.

“Delapan tim terbaik akan maju ke babak playoff. Babak playoff direncanakan akan berlangsung dengan sistem home and away dan format best of three,” kata Junas.

Total babak reguler akan memainkan 176 pertandingan, sedangkan babak play-off bakal tergelar 21 pertandingan.

Melihat hasil drawing IBL 2022, CEO Dewa United Surabaya Michael Oliver Wellerz pun memberikan tanggapan. Menurutnya, hasil drawing IBL 2022 cukup seru. 

"Hasil drawing IBL 2022 saya lihat sangat ketat. Persaingan di kedua grup sangat seru, bahkan bisa dibilang sama-sama grup neraka," kata pria yang akrab disapa Owe tersebut. 


×