Pegawai menghitung uang di Kantor Cabang Digital Bank Syariah Indonesia (BSI) Thamrin, Jakarta, Selasa (24/8/2021). Pada semester I tahun 2021 BSI mencatat perolehan laba bersih sebesar Rp1,1 triliun, menyalurkan pembiayaan hingga Rp161,5 triliun dan menc | ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.
23 Nov 2021, 01:21 WIB

MUF Syariah dan BSI Genjot Pembiayaan Kendaraan

BSI Oto Show menargetkan penyaluran pembiayaan hingga Rp 50 milliar.

JAKARTA – Mandiri Utama Finance (MUF) Syariah mendorong peningkatan penetrasi pembiayaan otomotif dengan prinsip syariah. Direktur Utama MUF Stanley Setia Atmadja mengatakan, MUF bekerja sama dengan PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) untuk hal tersebut.

"Kami menggelar BSI Oto Show secara langsung dan daring untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat," kata Stanley, Senin (22/11).

Ia berharap ajang BSI Oto Show dapat memberikan solusi bagi kebutuhan masyarakat yang ingin mendapatkan kendaraan impian pada masa pandemi. Melalui kolaborasi ini, BSI maupun MUF Syariah berkomitmen menghadirkan inovasi untuk meluncurkan berbagai produk dan layanan pembiayaan otomotif syariah.

BSI dan MUF Syariah berkomitmen menggerakan pasar pembiayaan otomotif serta ekonomi syariah Indonesia. Kolaborasi tersebut akan melibatkan 13 ribu gerai MUF yang telah bekerja sama dengan BSI.

Terkait

“MUF dapat menjadi mitra strategis karena memiliki jaringan yang luas sehingga dapat mengakses masyarakat yang berada di kota dan kota suburban," katanya.

BSI berupaya mendorong pertumbuhan pembiayaan otomotif di segmen konsumer. Direktur Utama BSI Hery Gunardi menyampaikan, BSI Oto Show juga menjadi salah satu cara mendorong peningkatan inklusi pembiayaan otomotif syariah. BSI Oto Show menargetkan penyaluran pembiayaan hingga Rp 50 milliar.

"Acara ini diharapkan mampu menjadi solusi bagi masyarakat dalam membeli kendaraan bermotor yang aman dengan proses mudah, cepat, kompetitif, dan sesuai syariah," katanya.

Kolaborasi BSI dan MUF Syariah ini menjadi yang pertama di Indonesia dalam membidik pangsa pasar otomotif melalui skema pembiayaan joint financing syariah. BSI Oto Show 2021 bekerja sama dengan dealer utama mobil dan sepeda motor untuk menampilkan berbagai produk otomotif terbaru dengan melibatkan ribuan gerai yang tersebar di seluruh Indonesia.

Ia berharap ajang ini dapat menjadi solusi bagi masyarakat Indonesia untuk memiliki kendaraan, baik mobil ataupun sepeda motor melalui pembiayaan sesuai prinsip syariah. Selain itu, Hery mengatakan, acara ini juga diharapkan dapat turut menggairahkan pasar otomotif di Indonesia.

“Acara ini pun menjadi penanda bahwa BSI hadir sebagai warna baru di industri perbankan syariah yang siap melayani kebutuhan masyarakat sebagai one stop solution banking dengan memberikan penawaran yang kompetitif," kata Hery.

Saat membeli kendaraan, masyarakat bisa memanfaatkan BSI Oto sebagai produk pembiayaan otomotif berbasis syariah. BSI Oto memberikan penawaran antara lain margin pembiayaan mulai 2,75 persen flat, bonus saldo dompet elektronik senilai Rp 500 ribu untuk pengajuan pembiayaan mobil, dan bonus perlindungan tunjangan jaminan hukum pihak ketiga serta perlindungan personal accident hingga senilai Rp 25 juta.

Dalam ajang ini, konsumen pun bisa mendapatkan angsuran ringan mulai dari Rp 2,5 juta per bulan untuk mobil baru serta angsuran mulai dari Rp 30 ribu per hari untuk sepeda motor baru. Ajang ini juga dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan pembiayaan dengan down payment mulai dari nol rupiah bagi nasabah BSI untuk pembelian mobil baru.


×