Boy Garibaldi Thohir | Republika

Ekonomi

Boy Thohir Optimistis Indonesia Jadi Negara Maju

Boy Thohir menjelaskan harus ada komitmen besar untuk perjuangan menjadikan RI negara maju.

JAKARTA – Presiden Direktur PT Adaro Energy Tbk Garibaldi Thohir menilai, Indonesia tengah berada dalam jalur pertumbuhan positif baik secara jangka menengah dan panjang. Pengusaha yang akrab disapa Boy Thohir itu optimistis Indonesia dapat terus berkembang menjadi negara maju.

“Optimistis bahwa perekonomian Indonesia tetap bertumbuh menuju sebuah negara maju,” kata Garibaldi dałam keterangannya di Jakarta, Senin (22/11).

Garibaldi menjelaskan, keyakinan ekonomi yang terus membaik membuat dirinya percaya untuk menempatkan investasi berbasis di Indonesia. Menurut dia, Indonesia memiliki berbagai keunggulan, mulai dari jumlah penduduk, geografis, dan pasar dengan segmentasi beragam.

Kendati demikian, menurut Garibaldi, untuk merawat Indonesia juga butuh perjuangan. “Tidak bisa taken for granted. Kalau bangsa ini terpecah belah, tidak ada Adaro, Astra dan kalau negara tidak maju, tidak makmur, kita mau usaha apa?” ungkap Garibaldi.

Garibaldi mengatakan, generasi mendatang harus terus berjuang memajukan Indonesia. Menurutnya, diperlukan komitmen bersama untuk bisa mewujudkan Indonesia menjadi sebuah negara maju.

Garibaldi terpilih sebagai salah satu dari 20 pengusaha terbaik atau Businessperson of the Year 2021 versi majalah Fortune Indonesia. Penilaian Fortune mengacu pada keberhasilannya dalam mengelola perusahaan sepanjang 2020. Kendati ekonomi dihantam pandemi Covid-19, Garibaldi dinilai mampu meningkatkan kinerja perusahaan.

Garibaldi memulai bisnis batu bara sejak 1992. Kini, ia memiliki bisnis yang mencakup sektor otomotif, finansial, hingga pelabuhan. Ia juga menjadi komisaris Gojek Indonesia. Selain Garibaldi, pengusaha nasional yang juga masuk ke dalam jajaran 20 besar itu adalah Chairman sekaligus CEO Golden Agri Resources Ltd Franky Oesman Widjaja dan CEO Salim Group Anthony Salim.

Sebelumnya dikabarkan, PT Adaro Energy Tbk mencatatkan kenaikan laba pada paruh pertama tahun ini. Tercatat, Adaro berhasil membungkus laba inti sebesar 330 juta dolar AS atau naik 45 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Garibaldi menjelaskan, kenaikan laba ini ditopang dari pendapatan yang sehat pada semester pertama tahun ini. Pada periode tersebut, Adaro memperoleh pendapatan 1,5 miliar dolar AS atau naik 15 persen dari periode yang sama tahun lalu.

"Suplai yang ketat di pasar batu bara mendorong kenaikan dan menopang harga batu bara yang tinggi pada periode laporan ini. Harga batu bara mencapai titik tertinggi dalam beberapa tahun terakhir dan dengan demikian memungkinkan Adaro Energy membukukan profitabilitas yang baik pada periode ini," ujar Garibaldi.

Garibaldi juga menjelaskan, kenaikan pendapatan pada semester pertama ini ditopang dari pertambangan dan perdagangan batu bara sebesar 1,4 miliar dolar AS. Kemudian, jasa pertambangan sebesar 48 juta dolar AS dan lainnya 21 juta dolar AS. Penjualan yang naik ini didukung oleh produksi Adaro selama semester pertama ini sebesar 26,49 juta ton.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat