Warga melihat Pertamina Mandalika International Street Circuit dari Bukit Seger, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Kamis (18/11/2021). Animo warga yang tinggi terhadap perhelatan World Super Bike Championship (WSBK), membuat para warga berdatangan ke ka | Republika/Putra M. Akbar

Kisah Dalam Negeri

19 Nov 2021, 03:45 WIB

Jelang WSBK, Rumah Warga Sampai Ruang Isolasi

Balapan seri penutup WSBK 2021 akhir pekan ini akan menjadi ajang penentuan gelar juara dunia.

Keriuhan pelaksanaan Wolrd Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), mulai tak terbendung. Dikabarkan, rumah-rumah warga pun dijejali para penikmat balap kuda besi tingkat internasional perdana di Tanah Air tersebut.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (DPK) Lombok Tengah mencatat, tingkat hunian hotel di sekitar lokasi balapan sudah penuh seluruhnya. Rumah warga di lingkar sirkuit banyak dijadikan tempat penginapan.

"Informasinya, menjelang WSBK ini banyak rumah warga yang disewa untuk dijadikan tempat penginapan," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lombok Tengah, Lendek Jayadi di Praya, Kamis (18/11).

Ia mengatakan, okupansi penginapan hotel tidak hanya meningkat di Kabupaten Lombok Tengah, tapi di daerah lain seperti di Mataram dan Lombok Barat bila dibandingkan sebelumnya. "Alhamdulillah full booking baik hotel maupun homestay," katanya.

Ia mengatakan, jumlah kamar hotel yang tersedia saat ini di Lombok Tengah mencapai 3.000 kamar, belum termasuk penginapan homestay. Sedangkan jumlah penonton pada WSBK Mandalika 2021 dijatah sekitar 25 ribu orang.

 
photo
Sejumlah wisatawan berjalan keluar dari terminal kedatangan di Bandara Internasional Lombok (BIL), Praya, Lombok Tengah, NTB, Rabu (17/11/2021). Wisatawan penggemar Super Bike mulai berdatangan di Bandara Lombok untuk menyaksikan World Super Bike Mandalika pada 19-21 November 2021. - (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/tom.)

"Artinya, sebagian penonton ada yang menginap di luar Lombok Tengah," katanya.

Dengan peningkatan okupansi kamar hotel itu, beberapa penonton yang akan menyaksikan balapan terpaksa mencari rumah warga untuk disewa. Hal ini agar tempat mereka menginap tidak terlalu jauh dari Sirkuit Mandalika.

Ia mengatakan, ajang WSBK di Sirkuit Mandalika pada 19-21 November yang digelar berbarengan dengan Asian Talent Cup akan membawa peluang kerja dan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat. “Kita berharap masyarakat ikut mendukung dan menyuksekan ajang balapan internasional ini," katanya.

Menjelang penyelenggaraan Motul FIM Superbike World Championship (WSBK) Pirelli Indonesian Round dan Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 19-21 November 2021 akhir pekan ini, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia bersama Mandalika Grand Prix Association juga memperketat akses masuk ke Sirkuit Mandalika.

Seluruh akses masuk menuju area sirkuit telah diperketat sejak 16 hingga 21 November 2021 dan hanya terbuka bagi pihak berkepentingan dengan penyelenggaraan balap.

Selanjutnya, pada 19-21 November 2021 sirkuit akan dibuka bagi penonton dan pihak yang memiliki akses masuk resmi dari Dorna Sports dan MGPA. "Keamanan dan persiapan perhelatan ini harus terjamin mengingat Pertamina Mandalika International Street Circuit merupakan sirkuit baru yang akan menggelar balap motor dunia pertama kali pada akhir pekan ini," Direktur Utama MGPA Ricky Baheramsjah dikutip Republika, Kamis (18/11).

photo
Pekerja mendirikan tenda untuk perhelatan WSBK di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Rabu (17/11/2021). - (Republika/Putra M. Akbar)

Pengetatan akses diberlakukan untuk memberikan keleluasaan bagi pihak penyelenggara dapat melakukan berbagai persiapan event. Termasuk persiapan logistik dan motor balap, test commissioning untuk memastikan seluruh peralatan elektronik, kelistrikan, dan ICT berfungsi dengan baik dan normal, track cleaning, pelatihan marshal, serta familiriasasi sirkuit oleh para pembalap.

Selain memperketat akses masuk sementara waktu, ITDC-MGPA juga melarang penerbangan drone sejak 16 hingga 21 November 2021 di area Sirkuit Mandalika. “Kami sangat memahami bahwa seluruh pihak sangat antusias dalam persiapan penyelenggaraan event balap di Pertamina Mandalika International Street Circuit akhir pekan ini. Namun, dengan alasan keamanan, kami mengimbau masyarakat untuk tidak menerbangkan drone pada area sirkuit dan sekitarnya,” katanya.

ITDC-MGPA juga mengimbau agar masyarakat tidak memanjat atau memotong pagar pengaman sirkuit dan atau melakukan hal lain yang membahayakan serta melanggar ketentuan. “The Mandalika akan menjadi tuan rumah yang memberikan kesan baik bagi para pembalap, juga penonton nantinya yang bisa membawa citra Indonesia semakin baik di kancah dunia. Maka dari itu, mari kita bersama-sama menjaga kondusivitas di dalam dan luar sirkuit,” ujarnya.

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Praya juga menyiapkan ruang isolasi pasien Covid-19 untuk mengantisipasi penularan pada helatan WSBK di Sirkuit Mandalika. "Sesuai dengan instruksi Dinas Kesehatan kita tetap menyiapkan ruang isolasi untuk antisipasi kenaikan kasus Covid-19 pasca-ajang WSBK Mandalika," kata Humas RSUD Praya, dr Yuda Permana di Lombok Tengah, Kamis.

photo
Mekanik tim Aruba Racing-Ducati WSBK mengecek sepeda motor di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Kamis (18/11/2021). - ( ANTARA FOTO/Andika Wahyu/wsj.)

Menurutnya, jumlah ruangan yang disiapkan untuk mengantisipasi lonjakan kasus pasca balapan sebanyak 66 tempat tidur. Selain menyiapkan ruang isolasi, tenaga kesehatan juga tetap disiagakan ketika ada pasien yang dinyatakan positif Covid-19. "Artinya, kita tetap siaga untuk mengantisipasi adanya kasus baru," kata Yuda.

Ia juga mengatakan, jumlah pasien yang masih dirawat di ruang isolasi RSUD Praya hanya satu orang. Pihaknya mengimbau masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, meskipun kasus saat ini telah turun drastis.

Sirkuit Mandalika akan menggelar balapan debutnya pada Jumat (19/11) sore WITA. Lomba bertajuk Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) menjadi yang pertama mengaspal di lintasan tersebut.

Kompetisi IATC sejatinya rampung digelar pada pekan lalu. Namun, karena kurangnya petugas marshal di sirkuit, balapan terpaksa ditunda meski tahapan latihan bebas (free pratice) dan kualifikasi pembalap sudah dilakukan.

"Satu balapan hari Jumat, dua di hari Sabtu dan sisanya di hari Ahad," demikian bunyi pernyataan resmi IATC, dikutip Kamis (18/11).

Sementara untuk ajang WSBK, juara dunia World Superbike dua kali Max Biaggi memprediksi Jonathan Rea memerlukan keberuntungan untuk menghentikan laju pemuncak klasemen sementara Toprak Razgatlioglu demi mempertahankan titelnya di Sirkuit Mandalika.

Balapan seri penutup WSBK 2021 akhir pekan ini akan menjadi ajang penentuan gelar juara dunia di saat Razgatlioglu (Pata Yamaha with Brixx WorldSBK) mengantongi keunggulan 30 poin atas juara dunia enam kali Rea (Kawasaki Racing Team World SBK). Sebanyak 62 poin maksimal siap direbut dari dua balapan dan satu superpole race sepanjang 10 lap akhir pekan ini.

Sumber : antara


×