Politikus Partai Gerindra Fadli Zon (tengah). Partai Gerindra telah memberi teguran kepada Fadli Zon. | Republika/Prayogi

Nasional

Gerindra: Cuitan Fadli Zon tak Wakili Partai

Partai Gerindra telah memberi teguran kepada Fadli Zon.

JAKARTA -- Partai Gerindra menanggapi pernyataan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Fadli Zon yang menyinggung Presiden Joko Widodo soal banjir di Sintang, Kalimantan Barat. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman, menegaskan pernyataan tersebut tak wakili sikap partai.

"Soal tweet Pak Fadli Zon soal Sintang, kami perlu meluruskan jika statement tersebut tidak mewakili fraksi ataupun partai," kata Habiburokhman saat dikonfirmasi, Ahad (14/11).

Dia mengatakan, Partai Gerindra telah memberi teguran kepada Fadli. Partai Gerindra meminta maaf apabila cicitan tersebut menimbulkan ketidaknyamanan.

"Sebagai kader Gerindra, adalah hal yang biasa bagi kami jika ditegur apabila ada statement yang kurang  tepat," ungkapnya.

"Saya sendiri sebagai jubir partai sering kena teguran, begitu juga rekan-rekan anggota DPR lainnya," imbuhnya.

Pada Sabtu (13/11), Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Fadli Zon menanggapi peresmian Sirkuit Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, yang dilakukan oleh Presiden Jokowi. Ia kemudian menyinggung banjir yang terjadi di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat.

"Luar biasa Pak. Selamat peresmian Sirkuit Mandalika. Tinggal kapan ke Sintang, sudah tiga minggu banjir belum surut," cicit Fadli lewat akun Twitter pribadinya yang sudah dikonfirmasi, Sabtu (13/11).

Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto pun menanggapi cuitan Wakil Ketua Dewan Pembinan Partai Gerindra Fadli Zon yang menyinggung Presiden Jokowi. Menurut Hasto, mantan Wakil Ketua DPR itu hanya bisa mengkritik.

"Dengan sikap Fadli Zon yang hanya bisa mengkritik tanpa karya nyata bagi rakyat," ujar Hasto lewat keterangannya, Sabtu (13/11).

Hasto menjelaskan, Jokowi sudah memberi arahan kepada Menteri Sosial Tri Rismaharini untuk segera merespons bencana banjir di Sintang, Kalimantan Barat. Fraksi PDIP juga sudah memberikan bantuan kepada warga yang terdampak.

"Demikian pula Lazarus Ketua DPD PDI Perjuangan dan seklaigus Ketua Komisi V DPR sudah terjun langsung membantu rakyat. Sementara Pak Fadli Zon hanya memberikan kritik tanpa perbuatan nyata," ujat Hasto.

Di samping itu, ia menyorot sikap Fadli yang kerap berseberangan dengan pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin. Padahal, hubungan antara kedua ketua umum berlangsung baik dan Partai Gerindra kini berada di dalam koalisi.

"Kami yakini akan mendapat respons dari internal Gerindra. Selanjutnya sebagai partai yang juga memiliki disiplin, Partai Gerindra tentunya akan mengambil sikap atas pernyataan Pak Fadli Zon," ujar Hasto. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat