Belanja daring | Pixabay

CSR

12 Nov 2021, 15:22 WIB

Kebaikan untuk Pahlawan di Era Digital 

Tingkat penetrasi lokapasar di Indonesia meningkat secara signifikan.

Di masa pandemi, pahlawan dalam kehidupan sehari-hari datng dalam berbagai jenis profesi berbeda. Memperingati Hari Pahlawan kali ini, perusahaan e-commerce enabler Sirclo membagikan 700 bingkisan untuk para “pahlawan” di era digital, yakni para pekerja e-commerce di garis depan. 

Mulai dari, staf gudang, staf logistik, bagian pengemasan, hingga kurir pengiriman. Untuk menjalankan inisiatif sosial perusahaan ini, Sirclo merangkul 10 jenama sebagai mitra, di antaranya Ajinomoto, AsaHi, Danone Indonesia, Frisian Flag Indonesia, dan Indofood. 

Sejak awal pandemi, tingkat penetrasi lokapasar di Indonesia meningkat secara signifikan. Berdasarkan laporan Katadata Insight Center bersama Sirclo, konsumen yang memilih berbelanja daring secara eksklusif telah meningkat dari 11 persen sebelum pandemi, menjadi 25,5 persen di awal 2021. 

photo
Ilustrasi pemanfaatan fasilitas dari e-commerce enabler, Sirclo. - (Dok Sirclo)

Indonesia kini juga masuk dalam lima besar negara yang memiliki frekuensi belanja daring terbesar di dunia. Dimana 40 persen konsumen berbelanja daring setiap minggunya. 

 “Para pekerja lapangan di sektor e-commerce menjadi salah satu kelompok ‘pahlawan digital’ yang bekerja siang-malam demi memenuhi kebutuhan konsumen di kanal daring,” ungkap Rinaldi Tjhin selaku Chief Services Officer Sirclo. 

Menurutnya, sejak awal pandemi, para pekerja lapangan ini telah mengambil risiko untuk tetap bekerja setiap hari. Bahkan ketika gelombang pandemi meningkat, demi memastikan para pembeli bisa menerima pesanan dengan tepat waktu. 

Sementara itu, perwakilan dari staf lapangan, Adiyanto Didiet, mengungkapkan, meski berada di belakang layar, para [ekerja lapnagn percaya bahwa kinerja dan kontribusi yang selama ini diberikan merupakan bagian dari suatu tujuan yang besar. “Kami berharap dapat terus melayani konsumen dengan baik dan mampu memberikan dampak positif yang lebih besar bagi masyarakat Indonesia,” ujarnya. 

Kolaborasi dalam Kebaikan

photo
Kegiatan CSR Telkomsel bagi para pahlawan di masa pandemi. - (Dok Telkomsel )

Perhatian untuk para pejuang di garis depan selama pandemi Covid-19 juga diperlihatkan Telkomsel. Bersinergi bersama  Rumah Zakat, belum lama ini, Telkomsel menyerahkan bantuan kepada tenaga kesehatan dan tenaga pemulasaran jenazah sebagai elemen penting yang telah membantu penanganan pandemi di Indonesia. 

Bantuan yang diberikan berupa 450 paket APD dan 500 paket suplemen secara berkala kepada sekira 950 tenaga kesehatan. Mulai dari, bidan, perawat, hingga dokter yang telah berperan aktif dalam penanggulangan Covid-19 di berbagai wilayah di Indonesia. 

Selain itu, bantuan juga diberikan berupa paket sembako yang akan disalurkan kepada sekitar 530 tenaga pemulasaraan jenazah Covid-19. Baik yang bertugas di tempat pemakaman umum (TPU) maupun rumah sakit.

General Manager Corporate Social Responsibility Telkomsel Andry Santoso menjelaskan, tenaga kesehatan dan tenaga pemulasaraan jenazah merupakan dua elemen penting yang telah ikut berkontribusi dalam meringankan beban masyarakat dalam menghadapi pandemi di Indonesia.

“Oleh karena itu Telkomsel bersama Rumah Zakat ingin memberikan apresiasi atas pengorbanan dan perjuangan yang telah mereka berikan bagi Indonesia,” ujarnya. 

CEO Rumah Zakat Nur Efendi mengapresiasi Telkomsel yang terus berkomitmen dalam upaya merespon dampak pandemi Covid-19. Hal ini sejalan dengan program Rumah Zakat yang mengangkat Gerakan #SemangatIndonesia Bersama Kita Hadapi Corona.

“Semoga kolaborasi antara Telkomsel dan Rumah Zakat ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia, terutama bagi mereka yang terdampak pandemi Covid-19,” ungkapnya.

Bantuan dari Telkomsel dan Rumah  Zakat ini akan disalurkan di beberapa wilayah di Indonesia yang meliputi Medan, Pekanbaru, Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Makassar, dan Jayapura.

Aksi kolaborasi bersama Rumah Zakat ini merupakan bagian dari komitmen Telkomsel yang akan selalu ada dalam menebar manfaat dari #YangKitaBisa bagi seluruh bangsa di Indonesia sebagai bentuk dukungan di segala kondisi dan situasi.

 

 

 

Seluruh elemen bangsa tetap perlu untuk tetap fokus dan bergerak bersama dalam menanggulangi Covid-19.

ANDRY SANTOSO, General Manager Corporate Social Responsibility Telkomsel.
 

 


×