Pasar Induk Jambu Dua Bogor | Youtube

Bodetabek

08 Nov 2021, 09:18 WIB

Akses ke Pasar Induk Jambu Dua Bogor Amblas

Pasar Induk Jambu Dua Bogor menjadi titik kemacetan.

BOGOR – Akses jalan ke kawasan Pasar Induk Jambu Dua, RT 01/04, Kelurahan Tanah Sareal, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, dibatasi. Penyebabnya, jalan tersebut mengalami amblas susulan pada Sabtu (6/11) sore.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, Teofilo Patrocinio Freitas, mengatakan, kejadian awal terjadi pada Jumat (5/11) malam sekitar pukul 21.30 WIB. Diperkirakan, tanah amblas terjadi karena dampak dari intensitas hujan yang deras beberapa hari terakhir yang melanda wilayah tersebut.

Theo menjelaskan, tanah amblas ini terjadi pada salah satu bangunan toko ikan hias. Toko tersebut berada di tebingan pinggiran Sungai Ciliwung.

“Derasnya hujan membuat Sungai Ciliwung meluap, membuat tergerusnya tebingan di wilayah tersebut dan terjadi pergerakan tanah yang menyebabkan tanah amblas. Kejadian ini, setidaknya menghancurkan sebagian toko ikan hias tersebut hingga rusak berat,” ujar Theo dalam keterangannya, Ahad (7/11).

Kemudian, kata dia, pada Sabtu (6/11) sore sekitar pukul 16.30 WIB, terjadi tanah longsor susulan di titik yang sama. Menyebabkan tanah sepanjang 23 meter dengan ketinggian 11 meter di belakang toko ikan mengalami longsor.

“Untuk saat ini jalanan ditutup untuk kendaraan roda empat dan telah diberi garis pembatas,” katanya.

Direktur Utama Perumda Pasar Pakuan Jaya Muzakkir mengatakan, untuk penanganan jalan amblas di Pasar Induk Jambu Dua, sementara masih menunggu arahan dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor. Dari dua kejadian tersebut, untuk sementara akses jalan harus dibatasi guna mengurangi longsor susulan karena beban kendaraan.

“Tapi mungkin kalau mobil kecil masih bisa keluar,” kata Muzakkir.

Sementara itu, mobil besar yang masuk Pasar Induk Jambu Dua juga tidak banyak. Hanya saja, lalu lintas di lokasi tetap harus diantisipasi agar tak terjadi hal yang tidak diinginkan.

“Nanti akan kita atur keluar-masuk dari arah Pajajaran,” ucapnya.


×