Pekerja membongkar muat kargo dari pesawat Garuda Indonesia setibanya di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM), Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, Sabtu (22/5/2021). Maskapai Garuda Indonesia akan menambah jadwal penerbangan di Provinsi | AMPELSA/ANTARA FOTO

Ekonomi

Garuda Indonesia Perluas Layanan Kargo

Garuda Indonesia mengangkut 12 ton komoditas unggulan Sulawesi Selatan berupa ikan kerapu hidup.

JAKARTA -- Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia meluncurkan layanan penerbangan rute khusus kargo Makassar-Hongkong. Rute kargo tersebut terhubung langsung dengan penerbangan dari Surabaya. Rute baru itu diharapkan dapat memperluas dan memperkuat layanan kargo dari perusahaan penerbangan pelat merah tersebut.

Pada pengoperasian penerbangan perdananya, Garuda Indonesia mengangkut 12 ton komoditas unggulan Sulawesi Selatan berupa ikan kerapu hidup yang diterbangkan dengan armada Airbus A330-300. Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengungkapkan, layanan rute khusus kargo Makassar-Hongkong tersebut merupakan pengembangan dari rute Surabaya-Hongkong yang telah dilayani sejak awal 2021 lalu.

"Kiranya pengembangan layanan penerbangan kargo ini dapat mengoptimalkan distribusi produk unggulan nasional, khususnya dalam memfasilitasi pengiriman produk kelautan dari Sulawesi Selatan untuk dikirimkan langsung ke negara tujuan ekspor," kata Irfan, akhir pekan lalu.

Langkah itu merupakan bagian dari upaya perluasan jaringan penerbangan kargo guna mendukung peningkatan daya saing komoditas ekspor unggulan nasional. Terutama, untuk wilayah Indonesia Timur yang dikenal dengan keunggulan komoditas perikanan.

Penerbangan kargo dari Makassar adalah penerbangan khusus kargo kedua yang dilayani Garuda. Sebelumnya, rute Makassar-Singapura telah diresmikan pada tahun lalu.

Lebih lanjut, ia mengatakan, dengan perluasan konektivitas rute khusus kargo ini dapat menjadi salah satu peluang bisnis yang secara berkelanjutan akan terus dioptimalkan selaras dengan tren kebutuhan pengangkutan kargo yang terus tumbuh. Dengan pengembangan jaringan penerbangan kargo itu, perseroan mengharapkan aktivitas eskpor komoditas unggulan dari kawasan Indonesia timur dapat semakin meningkat.

Ia mengatakan, Makassar sebagai hub penerbangan di kawasan timur Indonesia memiliki letak yang strategis sebagai titik kumpul jaringan pengiriman komoditas kargo. Makassar terhubung dengan penerbangan langsung ke sejumlah wilayah penghasil komoditas unggulan ekspor nasional, seperti Ambon, Kendari, Sorong, serta Manado.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Garuda Indonesia (garuda.indonesia)

“Seiring dengan meningkatnya tren pertumbuhan ekspor nasional seperti yang dicatatkan oleh BPS sepanjang 2021 ini, tentunya Garuda Indonesia sebagai flag carrier berkomitmen untuk  terus mengoptimalkan konektivitas jaringan penerbangan kargo internasional," kata dia.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat