Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto memberikan sambutan dalam Tasyakuran HUT Ke-57 Partai Golkar di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Rabu (20/10/2021). Perayaan HUT Ke-57 Partai Golkar mengangkat tema Bersatu Untuk Menang.Prayogi/Republika. | Prayogi/Republika.
25 Oct 2021, 03:45 WIB

Airlangga: Selalu Panaskan Mesin Partai

Airlangga menunjuk Zainuddin Amali sebagai ketua Badan Pemenangan Pemilu 2024.

JAKARTA -- Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto menginstruksikan para kader berjuang menuju Pemilu 2024. Mesin partai berlambang pohon beringin itu diinstruksikannya selalu dipanaskan hingga pelaksanaan kontestasi.

"Dengan kantor baru, semangat baru, mesin baru sehingga untuk memenangkan partai," ujar Airlangga seusai meresmikan gedung baru Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR), Jakarta, Ahad (24/10).

"Mesin partai mah panas terus, jangan dimatiin ini," katanya menambahkan.

Seluruh kader Partai Golkar, kata Airlangga, perlu bekerja keras dan berjuang untuk memenangkan diri pada 2024. Seluruh fraksi yang berada di tingkat legislatif juga diinstruksikannya untuk membantu pemenangan pemilihan umum.

Terkait

"Bagi yang tidak anggota fraksi pun, apalagi yang sudah komisaris, juga membantu. Jadi, kita harus semakin maju dan semakin bergerak," ujar Airlangga.

Sementara itu, Airlangga menunjuk Zainuddin Amali sebagai ketua Badan Pemenangan Pemilu Partai Golkar. Zainuddin mengungkapkan, partainya saat ini sudah bersiap untuk menghadapi 2024.

"Golkar sebagai parpol mempersiapkan diri. Seperti apa persiapannya, bagaimana supaya partai ini tetap dipercaya oleh masyarakat, mendapat dukungan rakyat," kata Zainuddin.

Konsolidasi akan segera dilakukan olehnya dengan pengurus Partai Golkar dari tingkat pusat hingga daerah. Meskipun ia yakin, pengalaman partainya sebagai peserta pemilu sudah tak diragukan lagi.

"Golkar ini bukan kali ini, sudah berkali-kali mengikuti ini (pemilu). Sehingga, tinggal menyesuaikan saja dengan situasi dan kondisi sekarang," ujar Zainuddin.

photo
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (tiga kiri) berfoto bersama dengan para petinggi Partai Golkar dalam Tasyakuran HUT ke-57 Partai Golkar di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Rabu (20/10/2021). - (Prayogi/Republika.)

Partai Golkar sebelumnya telah memutuskan untuk mengusung Airlangga Hartarto dalam Pilpres 2024. Namun, hingga saat ini, Menteri Koordinator Perekonomian itu belum juga mendeklarasikan diri sebagai calon presiden.

"Deklarasi sesuai jadwal KPU," jawab Airlangga saat ditanya ihwal deklarasi pencapresannya, Ahad (24/10).

Ia menyebut, komunikasi dengan sejumlah partai politik sudah dilakukan oleh Partai Golkar. Salah satu syarat koalisi, Airlangga menyebut, adalah menang pada 2024.

"Ada, syaratnya menang," ujar Airlangga.

Pesan Jokowi

Dalam video yang ditayangkan dalam puncak perayaan HUT Partai Golkar di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta, Sabtu (23/10) malam, Presiden Joko Widodo mengucapkan selamat atas perayaan puncak HUT ke-57 Golkar. Ia meyakini pada usia yang ke-57, Golkar menjadi partai yang solid.

"Selamat ulang tahun ke-57 kepada seluruh keluarga besar Partai Golongan Karya dari Sabang sampai Merauke dari Miangas sampai Pulau Rote," kata Jokowi.

Dalam sambutan singkatnya pada HUT Partai Golkar, Jokowi juga bersyukur penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia semakin baik. Jokowi mendorong partai politik sebagai wadah artikulasi dan agregasi politik masyarakat agar selalu hadir mendampingi dan meringankan beban masyarakat di tengah pandemi Covid-19 yang terjadi.

Jokowi mengatakan, pandemi Covid-19 ini menyebabkan terjadinya dua krisis global yang dihadapi oleh seluruh negara, yakni krisis kesehatan dan juga krisis ekonomi. Untuk mengatasi dua krisis yang terjadi secara bersamaan ini pun diperlukan aksi yang extraordinary.

“Dalam kondisi seperti ini lembaga eksekutif ditantang dan diuji. Lembaga legislatif dan yudikatif juga diuji, semua diuji, apakah bisa menghadapi situasi ini dengan baik,” kata dia menambahkan.

“Apakah parpol sudah berada di kanan-kiri masyarakat saat menghadapi situasi (pandemi) seperti ini. (Parpol) dituntut untuk hadir meringankan beban masyarakat dan diharapkan juga hadir memberikan solusi atas persoalan-persoalan yang dihadapi rakyat kita,” ujar Jokowi melanjutkan.


×