Penjual menata produk kue yang dipamerkan pada acara Festival Halal di Pantai Marina Boom Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (10/4/2021). Menteri Keuangan Sri Mulyani Idrawati mengatakan, industri halal tercatat mengalami pertumbuhan sebesar 3,2 persen atau le | ANTARA FOTO/Budi Candra Setya
23 Oct 2021, 09:30 WIB

Kemenperin Fokus Kolaborasi Dorong Industri Halal

Indonesia Halal Industry Award 2021 memberikan pengharagaan untuk sejumlah kategori.

JAKARTA – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) akan melibatkan berbagai pemangku kepentingan dalam menjalankan program pengembangan industri halal. Kemenperin pun akan menggelar ajang apresiasi kepada berbagai pihak yang berperan aktif dalam pengembangan industri halal nasional melalui Indonesia Halal Industry Awards 2021.

“Dalam mendukung penyelenggaraan Indonesia Halal Industry Awards 2021, Kemenperin melibatkan pemangku kepentingan dari berbagai kalangan, baik dari lembaga pemerintah, nonpemerintah, industri, asosiasi, organisasi kemasyarakatan, dan akademisi mulai dari tahapan penyusunan kategori dan indikator penilaian hingga penjurian dan penetapan pemenang nantinya,” ujar Sekretaris Jenderal Kemenperin Dody Widodo lewat keterangannya di Jakarta, Rabu (20/10).

Menurut Dody, hal itu diperlukan dalam rangka memperkuat sinergi dan kolaborasi di antara para pemangku kepentingan industri halal. Dia menekankan, ajang Indonesia Halal Industry Awards 2021 bukan hanya milik Kemenperin, tetapi juga milik semua pihak.

Kepala Pusat Pemberdayaan Industri Halal (PPIH) Kemenperin Juniadi Marki menyampaikan, kegiatan Indonesia Halal Industry Awards akan menjadi agenda tahunan di Kemenperin. “Kegiatan tersebut diharapkan mampu mendorong semua pihak untuk lebih meningkatkan kinerja dan perannya dalam membangun industri halal nasional,” ujar Marki.

Terkait

Indonesia Halal Industry Award 2021 memberikan pengharagaan untuk sejumlah kategori, seperti Best Halal Innovation. Kategori itu memberikan penghargaan kepada berbagai pihak yang inovasi di bidang halal baik secara individu, kelompok, lembaga, maupun perusahaan industri.

Ada pula penghargaan Best Social Impact Initiative yang diberikan kepada kelompok dan perusahaan yang berperan besar dalam pengembangan industri halal baik pada zona lokal, daerah, maupun nasional dengan mengalokasikan secara khusus penggunaan dana tanggung jawab sosial perusahaan.

 

Selain itu, terdapat penghargaan Best Halal Industrial Estate yang diberikan kepada perusahaan kawasan industri yang menunjukkan komitmennya dalam mengembangkan kawasan industri halal (KIH). Penghargaan Best Halal Supply Chain diberikan kepada perusahaan industri yang secara konsisten mampu memastikan bahan baku dan penolong yang digunakan berasal dari sumber-sumber yang halal, thayyib, dan mampu tertelusur.

Penghargaan Best Small Enterprise diberikan kepada perusahaan industri kategori kecil yang secara konsisten menjalankan prinsip-prinsip halal dalam menjalankan produksinya. Kategori-kategori yang ada dalam Indonesia Halal Industry Awards 2021 merupakan gambaran dari strategi untuk mendukung visi ekonomi syariah nasional.

“Empat strategi utama yang menjadi acuan para pemangku kepentingan yaitu penguatan rantai nilai halal, penguatan keuangan syariah, penguatan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), dan penguatan ekonomi digital,” ujar Marki.

Marki menyampaikan, Kemenperin mengajak para tokoh pegiat industri halal untuk meningkatkan silaturahim dan kolaborasi dalam pengembangan dan pemberdayaan industri halal nasional. Hal ini demi mewujudkan cita-cita Indonesia sebagai produsen halal terbesar di dunia.

Sumber : Antara


×