Pendukung Barcelona (Barca) mengibarkan bendera kesebelasannya sebelum menyaksikan pertandingan melawan Dynamo Kiev | Youtube
21 Oct 2021, 07:04 WIB

Barca Agresif Jebol Gawang Dynamo Kiev 1-0

Beberapa percobaan dilakukan Barca untuk bisa menggandakan skor.

KATALAN — Tren positif sukses dipertahankan Barcelona setelah berhasil memetik kemenangan 1-0 atas tamunya Dynamo Kiev pada lanjutan matchday ketiga Grup E Liga Champions 2021/2022, yang berlangsung di Stadion Camp Nou, Kamis (21/10) dini hari WIB.

Gol semata wayang Los Azulgrana, julukan Barca lahir dari bek tengah Gerard Pique pada menit ke-36. Praktis hasil ini menjaga catatan kemenangan Barca dalam dua laga terakhir di semua ajang.

Sementara itu capaian tiga angka jadi yang pertama untuk armada Ronald Koeman di ajang Liga Champions. Saat ini Barca masih tertahan di peringkat ketiga klasemen dengan perolehan angka tiga dari satu menang dan dua kekalahan.

Pun untuk Dynamo Kiev, klub asal Ukraina belum memetik satupun kemenangan dengan baru meraup nilai satu berkat sekali imbang dan dua kekalahan.

Terkait

Barca tampil dengan kepercayaan diri lebih setelah berhasil menang pada partai terakhir di ajang La Liga Spanyol melawan Valencia.

Buktinya tim besutan Ronald Koeman langsung mengambil inisiatif permainan sejak menit awal pertandingan kontra Dynamo Kiev. Peluang pertama datang dari Sergino Dest, meski tandukannya masih melebar dari gawang lawan.

Pada menit ke-21 Barca nyaris membuka gol melalui striker Luuk de Jong dari tembakan spekulasi di tepi kotak penalti Kiev. Namun, kiper George Bushchan berhasil menepis tendangan penyerang Los Cules tersebut.

Berselang beberapa menit, tepatnya menit ke-36 publik Camp Nou bergemuruh setelah umpan silang Jordi Alba yang mengarah tepat di depan gawang Kiev langsung disambut oleh tendangan voli Pique yang mengalir kencang tanpa bisa diantisipasi kiper George Bushchan. Skor 1-0 untuk Barca.

Kiev tak bisa mengembangkan permainan, jalannya pertandingan dikuasai oleh Los Azulgrana dengan penguasaan bola 67 persen berbanding 33 persen. Hingga peluit istirahat berbunyi skor unggul 1-0 untuk Barca tetap bertahan.

Memasuki interval kedua Barca mencoba tampil lebih agresif. Untuk menambah kreatifitas serangan, Koeman memutuskan untuk memasukan Ansu Fati dan Philippe Coutinho.

Hasilnya Fati dan Depay melakukan kolaborasi di lini depan tim demi menambah pundi-pundi gol bagi Los Cules. Tim tamu, Kiev pun tidak bisa berbuat banyak dengan konsistennya serangan yang dilakukan oleh Barcelona.

Beberapa percobaan dilakukan Barca untuk bisa menggandakan skor. Tetapi, tak ada satu gol tambahan yang tercipta. Alhasil, Sergio Aguero pun diturunkan pada menit ke-75 untuk menambah daya gedor Los Azulgrana.

Sayang, kehadiran Ansu Fati, Coutinho serta Aguero tak bisa menghadirkan perubahan. Hasilnya, skor 1-0 tetap bertahan hingga peluit panjang berbunyi.

Incar kemenangan pertama

Barcelona mengawali dua pertandingan penyisihan grup E Liga Champions dengan kekalahan. Akibatnya, mereka harus berada di urutan terbawah klasemen.

Oleh karena itu, mereka mengincar poin pertama dalam laga ketiga penyisihan grup E saat menjamu Dynamo Kiev di Stadion Camp Nou, Rabu (20/10) malam WIB.

Blaugrana dibantai Bayern Muenchen tiga gol tanpa balas di laga pembuka. Kekalahan dengan skor yang sama kembali mereka telan di pertandingan kedua melawan Benfica. Hasil tersebut membuat Barcelona banjir kritik. Untuk itu, melawan Dynamo Kiev adalah kesempatan Barcelona mencari poin pertama.

Pasalnya, kemenangan 3-1 atas Valencia di La Liga adalah momentum menuju kebangkitan ke jalur kemenangan. Selain itu, Ansu Fati dan Memphis Depay semakin padu di lini depan Barcelona saat melawan Valencia sehingga diharapkan itu berlanjut di Liga Champions.

"Mereka saling melengkapi. Mereka membutuhkan kebebasan dan telah menunjukkan dengan hasil imbang bahwa ada hubungan penting yang baik antara keduanya,” kata pelatih Barcelona Ronald Koeman dilansir dari Sportskeeda.

Koeman mengaku tenang menjelang melawan Dynamo Kiev dan sangat menantikan laga tersebut. Pelatih asal Belanda tersebut memanfaatkan waktu dua hari setalah kemenangan atas Valencia untuk menenangkan diri.

Namun, itu tampaknya tak akan sulit ia lakukan menyusul tiga pemainnya akan absen untuk pertandingan melawan Dynamo Kiev dan Real Madrid karena cedera. Mereka adalah Pedri, Ousmane Dembele, dan Ronald Araujo. Ini jelas pukulan telak bagi Koeman di saat peran mereka dibutuhkan untuk mencari kemenangan perdana.

Adapun Dynamo Kiev, juga mencari kemenangan pertama di Liga Champions. Mereka baru mengumpulkan satu poin dari dua pertandingan, satu tingkat lebih dari Barcelona.

Oleh sebab itu, laga nanti diperkirakan mempertontonkan laga sengit meskipun dalam empat pertemuan terakhir melawan Barcelona mereka menelan kekalahan.

Pasukan Mircea Lucescu akan tanpa beberapa pemainnya yang masih dalam proses penyembuhan cedera. Artem Besedin, Vladyslav Kulach, dan Ibrahim Kargbo masih dalam perawatan.


×