Christiano Ronaldo | EPA-EFE/CLAUDIO BRESCANI

Olahraga

Ronaldo Hat-trick, Portugal Belum Aman

Ronaldo makin menjauh dari rival abadinya, Lionel Messi, yang mencetak 80 gol di level internasional untuk Argentina.

ALMANCIL — Cristiano Ronaldo tampil impresif saat Portugal membantai Luksemburg 5-0, Rabu (13/10) dini hari WIB. Penyerang Manchester United itu mencetak hat-trick dalam pertandingan di Estadio Algarve tersebut.

Bruno Fernandes dan Joao Palhinha melengkapi kemenangan Portugal yang menempel ketat Serbia di klasemen Grup A kualifikasi Piala Dunia 2022. Ronaldo terus mencatatkan rekor golnya menjadi 115 gol di kancah internasional, seusai mengonversi dua penalti di awal pertandingan dan satu gol lagi jelang akhir laga. Pemain berusia 36 tahun itu bulan lalu melewati rekor gol internasional yang dimiliki legenda Iran, Ali Daei.

Kini Ronaldo makin menjauh dari rival abadinya, Lionel Messi, yang mencetak 80 gol di level internasional untuk Argentina. Hat-trick tersebut merupakan yang ke-58 dalam karier profesional Ronaldo serta yang ke-10 untuk Portugal. 

Bukan itu saja, CR7, julukan Ronaldo, juga melewati Sergio Ramos yang sebelumnya memegang rekor pesepak bola Eropa dengan penampilan terbanyak. Ronaldo telah tampil sebanyak 181 kali untuk Portugal, sementara Ramos 180 laga untuk Spanyol. 

Sayangnya, kemenangan ini belum cukup buat Portugal untuk memuncaki klasemen Grup A karena pada pertandingan lain Serbia mengalahkan Azerbaijan 3-1. Sehingga posisi Portugal saat ini masih belum aman. Namun, Portugal punya keunggulan satu pertandingan di tangan sehingga dua laga terakhir melawan Irlandia dan Serbia akan sangat menentukan. 

''Laga terakhir akan menentukan dalam situasi apa pun. Jika menang di Irlandia, kami akan bergantung pada hasil pertandingan melawan Serbia. Itu keuntungannya,'' ujar pelatih Portugal, Fernando Santos, dikutip dari Maisfutebol, Rabu.

Hasil imbang melawan Serbia juga akan memberi keuntungan karena bisa memaksa lawan untuk tampil lebih terbuka. Karena itu, Santos melanjutkan, situasi Portugal akan lebih menguntungkan dalam dua laga terakhir, meski harus menang lebih dulu melawan Irlandia. 

Meski demikian, Santos terus mengingatkan skuad-nya untuk kembali mendapatkan keseimbangan dalam tim di setiap momen pertandingan. ''Hanya sedikit tim yang bisa mengalahkan kami jika kami melakukannya dengan baik,'' katanya. 

Sementara, Denmark menjadi tim kedua yang memastikan tempat di Piala Dunia 2022 seusai mengalahkan Austria 1-0. Denmark mampu menjaga rekor sempurna di fase grup dengan delapan kemenangan beruntun. Gol tunggal Joakim Maehle pada menit ke-53 di Parken Stadium menjadikan the Danes satu-satunya tim dengan rekor sempurna dan belum kebobolan di Grup F dengan 27-0. 

Denmark mengawali kualifikasi Piala Dunia tanpa pemain bintangnya, Christian Eriksen, yang sedang menjalani pemulihan pascakolaps selama Euro 2020 karena masalah jantung. Meski demikian, Denmark kala itu masih mampu mencapai semifinal Euro 2020. "Anda hanya bisa bermimpi tentang hal-hal seperti ini. Ini sesuatu yang sangat besar untuk tim, untuk sepak bola Denmark, dan untuk warga Denmark,'' kata gelandang Denmark, Pierre-Emile Hojbjerg, dikutip dari laman resmi UEFA. 

Di sisi lain, Jerman menjadi tim pertama yang lolos ke Piala Dunia 2020 seusai mengalahkan Makedonia Utara 4-0. Dua gol Timo Werner dan masing-masing gol dari Kai Haverzt dan Jamal Musiala cukup untuk memastikan Jerman memuncaki Grup J.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat