Tenaga kesehatan menyuntikan vaksin Covid-19 kepada warga di Setu Sela, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (29/9/2021). | Republika/Putra M. Akbar

Nasional

Swab dan Vaksin Hunter Sasar Pelanggar Prokes

Aktivitas warga yang beraktivitas di luar rumah harus dibarengi disiplin menerapkan prokes.

SURABAYA -- Pemerintah Kota Surabaya menjalankan kembali operasi Swab Hunter di 31 kecamatan yang ada di Kota Pahlawan. Selain itu, Pemkot Surabaya juga menggelar operasi Vaksin Hunter, dengan dibantu jajaran TNI dan Polri yang bergerak serentak mulai Sabtu (2/10), malam.

Swab Hunter dan Vaksin Hunter ini menyasar pusat-pusat keramaian dan semua orang yang beraktivitas di luar rumah. "Ketika menemukan ada yang melanggar protokol kesehatan (prokes), mereka langsung dibawa untuk di-swab, dan apabila belum vaksin, mereka langsung divaksin malam itu juga," kata Kepala BPB Linmas Kota Surabaya, Irvan Widyanto di Surabaya, Ahad (3/10).

Irvan mengatakan, saat ini sudah ada beberapa sektor usaha yang dibuka walaupun dengan pembatasan tertentu, sehingga mobilitas warga ikut tinggi. Menurut dia, tingginya aktivitas warga yang beraktivitas di luar rumah harus dibarengi disiplin menerapkan prokes.

“Kalau abai, kapan selesainya pandemi ini. Prokes itu menjadi persyaratan mutlak ketika beraktivitas di luar rumah, seperti memakai masker itu wajib,” ujar Irvan.

photo
Petugas medis menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada warga dari pintu ke pintu (door to door) di Desa Turus, Kediri, Jawa Timur, Selasa (21/9/2021).  - (ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/wsj.)

Karena itu, pihaknya kembali menghidupkan operasi pemburu swab yang ditambah dengan pemburu vaksin. Irvan menjelaskan, vaksin hunter itu cakupannya sangat luas. Bisa door to door ketika ada wilayah RT yang belum vaksin. Bahkan, apabila ada tempat makan atau unit tertentu yang ternyata diketahui belum vaksin, maka akan langsung disasar.

Camat Genteng Linda Novanti mengatakan, sejak Sabtu (2/10) malam, pihaknya bergerak bersama dengan jajaran Polsek, Koramil, lurah, dan lainnya menyisir pusat-pusat keramaian di wilayah setempat. Pada malam pertama, pihaknya menyasar Ketabang Kali, baik di sisi kanan maupun kiri Kalimas.

“Kita temukan ada beberapa yang melanggar prokes, sehingga kami langsung bawa ke Puskesmas Ketabang untuk dilakukan swab dan ternyata masih ada yang belum vaksin, sehingga kami lakukan vaksin juga,” ujarnya. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat