Pesepak bola PSIS Semarang Fredyan Wahyu Sugiyantoro (kanan) menghalangi pesepak bola Persiraja Banda Aceh Mohammad Rifaldi (tengah) dalam pertandingan pekan ketiga Liga 1 2020-2021 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (1 | ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/hp.

Olahraga

PSIS dan Madura United Siap Tempur

PSIS dan Madura United akan menunjukkan penampilan terbaiknya dalam Liga 1.

BANDUNG -- PSIS Semarang akan bertemu dengan Madura United pada laga pekan kelima kompetisi Liga 1 2021/2022. Kedua tim akan adu kuat di Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu (28/9).

Dalam laga ini caretaker PSIS, Imran Nahumarury, menyebut, posisi PSIS yang konsisten di papan atas memang di luar dugaan jajaran pelatih. Apalagi, di tengah persiapan singkat yang kurang dari tiga pekan untuk mengarungi kompetisi.

"Persiapan kita sangat minim, begitu dengan beberapa pemain saya tidak bisa bilang persiapan PSIS tidak ideal karena masih banyak tim lain yang persiapannya juga pendek," kata Imran dalam konferensi pers menjelang laga, Selasa (28/9). 

Imran menyebut, persiapan berlangsung dengan banyak hal positif dalam tim. Dengan cara itu, dia tidak terkejut timnya memiliki hasil yang konsisten di laga.

"Saya tidak kaget karena dari 2,5 pekan mereka latihan sangat antusias dan itu yang buat saya percaya diri karena kita bisa memberikan hasil baik di laga-laga awal," kata Imran.

Kini, menghadapi Madura United, Imran pun memberikan tantangan agar timnya tetap mempertahankan konsistensi itu. Apalagi, Madura United baru mendapat hasil positif di laga terakhirnya. 

Di sisi lain, Imran menekankan untuk meraih poin dari Madura United. Artinya, PSIS harus mengantisipasi tim lawan secara keseluruhan. Itu alasan kenapa mantan pemain Persija ini meminta pemain tidak hanya mengantisipasi 1-2 pemain Madura United.

"Semua pemain penting dan harus diwaspadai, apalagi ini Madura United, kita tahu pelatihnya, Rahmad Darmawan dengan segala pengalamannya pasti tau apa yang harus diperbuat untuk menghadapi PSIS," kata Imran.

Saat ini, PSIS berada di posisi empat dengan raihan delapan poin. Sementara, Madura United berada di posisi 11 dengan raihan lima poin. 

Di sisi lain, Pelatih Madura United, Rahmad Darmawan, menyebut, persiapan singkat bukan alasan Madura United tidak meraih poin. Menurutnya, laga ini akan menarik mengingat PSIS konsisten berada di papan atas.

"Kita fokus pada kebugaran pemain untuk menghadapi tim yang konsisten dan baik sekali dari segi kebugaran. Oleh karena itu, saya menekankan pada pemain untuk menjaga penampilan mereka," kata RD, sapaannya, dalam konferensi pers menjelang laga, Selasa (28/9).  

RD mengakui, baik PSIS dan Madura United hanya memiliki waktu tiga hari persiapan. Laga terakhir kedua tim sama-sama berlangsung pada Sabtu (25/9) lalu. 

"Dengan jarak waktu yang tidak terlalu lama itu yang kita pikirkan. PSIS praktis tidak terkendala masa persiapan, saat melihat ada kelebihan dari kondisi kebugaran PSIS, ini jadi catatan bagi kami untuk mengatur ritme permainan kami," kata RD.

RD mengakui, PSIS memiliki kebugaran yang bagus tidak lepas dari komposisi seimbang tim mereka. Dia menyebut, PSIS yang berisi mayoritas pemain muda dapat membaur dengan baik oleh para pemain asing yang berkualitas.

"Kita bisa lihat mereka hidup dari teamwork dan fitness yang seimbang, semoga pemain dapat mengantisipasinya," kata RD.

Sayangnya, RD enggan berkomentar banyak ketika mendapat tantangan untuk memberikan kekalahan perdana bagi PSIS. Seperti diketahui, PSIS saat ini belum pernah kalah dengan catatan dua kemenangan dan dua kali hasil seri.

"Fokus kita adalah mendongkrak pemain untuk bisa menambah motivasi dan jika kita mendapatkan motivasi, kita bisa dapat hasil terbaik," kata RD.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat