Sejumlah mahasiswa mengantre divaksin saat giat Vaksinasi Merdeka Serentak di IAIN Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (22/9/2021). Pimpinan perguruan tinggi diminta tanggap jika terjadi penularan selama PTM terbatas berlangsung. | ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang/foc.

Nasional

29 Sep 2021, 03:45 WIB

PTM Terbatas Perguruan Tinggi Cegah Learning Loss

Pimpinan perguruan tinggi diminta tanggap jika terjadi penularan selama PTM terbatas berlangsung.

JAKARTA -- Pemerintah mendorong perguruan tinggi di wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1-3 untuk memulai pertemuan tatap muka (PTM) terbatas. Dorongan ini demi menekan risiko learning loss dan menjaga kualitas pembelajaran mahasiswa.

Hal ini sesuai dengan Surat Edaran Dirjen Dikti Kemendikbud Ristek Nomor 4/2021 tentang penyelenggaraan pembelajaran tatap muka tahun akademik 2021-2022 tertanggal 13 September 2021. Juru bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengingatkan, beberapa aturan teknis yang harus dilaksanakan perguruan tinggi untuk menggelar pertemuan tatap muka terbatas. 

Pertama, Wiku mengatakan, kampus diharapkan menyediakan sarana sanitasi, mengurangi tempat berkumpul tertutup dan menimbulkan kerumunan. Kedua, seluruh pengajar, peserta didik dan individu yang berada di lingkungan kampus wajib mengenakan masker dan menjaga jarak. 

Ketiga, kapasitas maksimal kelas untuk setiap sesi belajar mengajar adalah 50 persen. "Selain itu, demi menjaga kelancaran dan keamanan proses belajar mengajar di kampus, Satgas mendorong perguruan tinggi di Indonesia untuk membentuk Satgas Covid-19," kata Wiku dalam konferensi pers secara daring, Selasa (28/9).

photo
Mahasiswi menjalani vaksinasi Covid-19 di Kampus Politeknik Negeri Lhokseumawe, Aceh, Selasa (14/9/2021). Vaksinasi bagi mahasiswa dan pegawai kampus kerja sama Dinas Kesehatan, TNI, Polri itu untuk meningkatkan kekebalan tubuh sekaligus mempercepat program vaksinasi nasional. - (ANTARA FOTO/Rahmad)

Wiku mengatakan, keberadaan Satgas Covid-19 untuk mendisiplinkan penerapan protokol kesehatan, menerbitkan pedoman aktivitas kampus, menyediakan ruang isolasi sementara, dan dukungan tindakan kedaruratan bagi civitas akademika di kampus. Selain itu, Satgas Covid untuk memastikan mahasiswa dari luar daerah dalam keadaan sehat dan telah melakukan karantina mandiri 14 hari atau tes swab.

Ia juga meminta pimpinan perguruan tinggi tanggap jika terjadi penularan selama PTM terbatas berlangsung. "Jika mendapati kasus positif di kampus, maka pemimpin perguruan tinggi harus menghentikan sementara aktivitas pembelajaran tatap muka di area terkonfirmasi," katanya.

Terkait PTM di tingkat level pendidikan dasar sampai menengah, sejumlah daerah di Jabodetabek akan menyelenggarakannya pada awal Oktober. Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, PTM terbatas rencananya dilaksanakan pada Senin (4/10) mendatang.

Kadisdik Kota Bogor Hanafi mengatakan, sebanyak 44 dari 127 sekolah di tingkat SMP di Kota Bogor akan menggelar PTM terbatas serentak mulai 4 Oktober mendatang. 

Sebelumnya, IPB University berencana menggelar perkuliahan atau PTM terbatas pada akhir Oktober 2021. Rencananya, PTM dilaksanakan setelah pelaksanaan Ujian Tengah Semester (UTS) pada Oktober 2021.

Rektor IPB University, Arif Satria mengatakan, PTM pada Oktober akan dilaksanakan secara terbatas dan bertahap. “Insya Allah kita sudah merencanakan perkuliahan dilakukan mulai Oktober secara terbatas dan bertahap untuk mahasiswa semester 5,” ujar Arif kepada Republika di IPB University, Senin (27/9).

Saat ini, kata Arif, kampus sedang menyiapkan mahasiswa dan prodi masing-masing. Kendati demikian, tidak semua fakultas di IPB University yang akan melaksanakan PTM. “Memang ada fakultas yang sama sekali belum membuka kesempatan bagi para mahasiswa. Tapi ada beberapa fakuktas yang sudah siap,” jelasnya.

Arif berharap, pelaksanaan PTM nantinya bisa berjalan lancar. “Akhir Oktober kita akan mulai masuk untuk sebagian secara bertahap. Mudah-mudahan ini berjalan dengan lancar. Moga-moga pandemi Covid segera reda sehingga kita bisa kembali normal dalam perkuliahan,” tuturnya.

photo
Sejumlah mahasiswa antre mengikuti Vaksinasi Merdeka Serentak di Kampus UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten di Serang, Banten, Rabu (22/9/2021). - (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/wsj.)

Berbeda dengan IPB University, Universitas Ibn Khaldun (Uika) Bogor tengah menyiapkan kebijakan untuk menyambut rencana PTM. Rencananya, PTM dilaksanakan pada November mendatang.

Rektor Uika Bogor, Endin Mujahidin mengatakan, PTM akan dilaksanakan setelah masa UTS. Namun, segala kebijakan PTM akan dibahas lebih lanjut dengan para dekan fakultas. “Untuk teknis PTM baru akan kami bahas lebih detail besok bersama para Dekan Fakultas. Tapi yang jelas rencananya PTM akan kami lakukan setelah UTS November nanti,” ujarnya.


×