Pengunjung beraktivitas di depan kandang satwa di Bandung Zoological Garden, Kota Bandung, Senin (27/9). Bandung Zoological Garden kembali membuka kunjungan bagi warga di masa PPKM Level 3 dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat seperti pembatas | REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
28 Sep 2021, 03:45 WIB

Kasus Terus Turun, Bersiap Menuju Endemi

Presiden mengajak bersiap diri hidup berdampingan dengan Covid-19 serta menyambut pandemi sebagai endemi..

JAKARTA – Satuan Tugas Penanganan Covid-19 melaporkan penambahan kasus positif pada Senin (27/9) sebanyak 1.390 kasus. Angka penambahan kasus ini merupakan yang terendah selama 2021. Angka positivity rate untuk pertama kalinya juga telah di bawah satu persen.

Sebanyak 214.591 spesimen dan 151.966 orang telah diperiksa pada hari ini. Angka positivity rate orang harian pun kini bahkan di bawah 1 persen, yakni sebesar 0,91 persen. Sedangkan pada kasus aktifnya tercatat terjadi penurunan yang sebesar 2.499. Dengan demikian, masih menyisakan 40.270 kasus aktif yang dalam perawatan.

Presiden Joko Widodo mengajak seluruh masyarakat agar bersiap diri untuk hidup berdampingan dengan Covid-19 serta menyambut pandemi sebagai endemi. Sebab, meskipun penurunan kasus telah terjadi di Indonesia, namun Covid-19 tak akan hilang dalam waktu yang lama.

“Kini, kita bersiap untuk hidup berdampingan dengan Covid-19 dan menyambut pandemi ini sebagai endemi, karena Covid-19 tak akan hilang dari muka bumi dalam waktu yang lama,” kata Jokowi pada Senin (27/9).

Terkait

Jokowi mengatakan, setelah satu setengah tahun Indonesia harus berjuang melawan pandemi Covid-19, kini kondisi Indonesia mulai membaik dalam beberapa pekan terakhir ini. Rumah-rumah sakit di berbagai daerah pun kini tak lagi dipenuhi oleh para pasien Covid-19, begitu juga dengan pusat isolasi mandiri di berbagai daerah di Tanah Air yang sudah mulai kosong.

“Tentu ini berkat penerapan PPKM, vaksinasi massal, serta kesadaran masyarakat menjalankan protokol kesehatan,” ucap Jokowi.

Meskipun begitu, ia meminta agar seluruh masyarakat tetap meningkatkan kewaspadaannya terhadap potensi penularan Covid-19. “Tetaplah waspada dan jangan pernah lengah. Covid-19 tetap mengintai di sekitar kita,” tambah dia.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia saat ini terus menunjukan perbaikan. Kasus konfirmasi Covid-19 di Jawa Bali pun tercatat menurun 98 persen dari puncak kasus pada 15 Juli 2021.

Selain itu, angka kasus aktif di Jawa dan Bali juga mengalami penurunan sebesar 96 persen dari puncaknya yakni 24 Juli 2021. Sedangkan pada kasus aktif nasionalnya juga mengalami penurunan sebesar 92,6 persen dari puncaknya pada 24 Juli.

Meskipun mengalami perbaikan kondisi kasus Covid-19, namun Luhut meminta agar perbaikan kasus ini tak membuat masyarakat justru berpuas diri. Masyarakat pun dimintanya agar tetap meningkatkan kewaspadaannya.

“Jadi angka-angka ini membuat kita tidak boleh berpuas diri, tapi justru tambah hati-hati. Karena kemarin saya dapat laporan Dandim di Pangandaran, lebih dari 10 ribu orang yang datang tumplek minggu kemarin di Pangandaran walaupun sudah diatur,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Luhut juga menyampaikan terjadinya peningkatan mobilitas masyarakat terutama pada aktivitas retail dan recreation park. Menurutnya, peningkatan mobilitas ini tetap terjadi meskipun pemerintah sudah mengambil sejumlah langkah. Kondisi ini pun, tegasnya, harus menjadi perhatian seluruh pihak.


×