Relawan menjalani donor darah di dalam mobil donor darah Palang Merah Indonesia (PMI) di Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (10/7/2021). | ANTARA FOTO
20 Sep 2021, 03:45 WIB

PMI Bantu Upaya Percepatan Vaksinasi Covid-19

PMI akan fokus di daerah dengan serapan vaksinasi rendah.

JAKARTA -- Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla meminta PMI provinsi secara proaktif menggalang dukungan untuk menyukseskan program vaksinasi pemerintah. Jusuf Kalla optimistis target dua juta vaksinasi bisa dicapai PMI seluruh Indonesia.

"Makin cepat vaksinasi, akan mempercepat pemulihan ekonomi," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Republika, Ahad (19/9). PMI menggelar Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) secara virtual, Sabtu (18/9).

Mukernas pertama dalam situasi pandemi ini diikuti pengurus PMI dari 34 provinsi di seluruh Indonesia dan seluruh pengurus pusat.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PMI Sudirman Said menambahkan, PMI telah berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan untuk pelatihan relawan PMI sebagai tenaga vaksinator. PMI, kata Sudirman, akan mengutamakan daerah yang serapan vaksinnya rendah.

Terkait

"Seluruh provinsi menyampaikan perhatiannya bersama-sama untuk mempercepat vaksinasi. Akan ada rapat teknis direncanakan untuk peningkatan target vaksinasi," katanya.

Ketua Bidang Kesehatan PMI Fachmi Idris menambahkan, pemetaan wilayah vaksinasi telah dilakukan PMI bersama Kementerian Kesehatan. Vaksinator dari PMI pun, ia menambahkan, telah tersedia dari beberapa gelombang pelatihan yang sudah terlaksana.

"Kemenkes setuju, dengan syarat tenaga kesehatan dari PMI dan telah bertemu dengan Dirjen, dengan syarat tentukan titik lokasi dan waktunya karena terkait dengan teknik pengiriman," ujarnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Joko Widodo (@jokowi)

Mukernas yang berpusat di Markas Pusat PMI, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, ini dipimpin Wakil Ketua Umum PMI Ginandjar Kartasasmita. Menurutnya, meskipun sederhana, musyawarah kerja nasional PMI tetap optimal. Mukernas kali ini merupakan mukernas dua tahun berturut-turut untuk tahun 2020 dan 2021.

Seluruh masyarakat

Presiden Joko Widodo mengajak seluruh masyarakat dengan berbagai profesi dan berusia di atas 12 tahun agar mendapatkan suntikan vaksinasi Covid-19. "Pelajar dan guru, perawat dan dokter, anak muda sampai lanjut usia, petani dan nelayan, pengemudi ojek sampai pilot, dan semua orang berusia 12 tahun ke atas: harus divaksinasi," kata Jokowi melalui akun resmi nstagram-nya pada Sabtu (18/9).

Ia menegaskan, bangsa Indonesia hanya bisa keluar dari pandemi Covid-19 jika masyarakatnya melakukan vaksinasi dan taat dalam menjalankan disiplin protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

"Hanya dengan vaksinasi dan ketaatan menjalankan protokol kesehatan, kita bisa keluar dari jerat pandemi ini," ujarnya menambahkan.

Jokowi mengatakan, seluruh masyarakat saat ini sama-sama merindukan suasana pada kehidupan sebelum pandemi sehingga dapat menjalankan seluruh aktivitas dengan normal. "Kita sama-sama merindukan kehidupan dalam suasana yang normal, bisa bersekolah tatap muka, dan bekerja mengejar kemajuan bangsa ini," ujar Jokowi. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Palang Merah Indonesia (PMI) (@palangmerah_indonesia)


×