Wisatawan menaiki wahana Bumper Car di Dufan, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Selasa (14/9/2021). Taman Impian Jaya Ancol kembali melayani pengunjung yang akan berekreasi mulai 14 September 2021 mulai pukul 06.00 WIB hingga 21.00 WIB dengan menerapkan p | Republika/Putra M. Akbar
18 Sep 2021, 03:45 WIB

Puncak, TMII, dan Ancol Terapakan Ganjil-Genap

Skema baru untuk uji coba gage kendaraan bermotor di kawasan Punca diterapkan.

JAKARTA -- Uji coba penerapan ganjil-genap (gage) pada kendaraan bermotor masih dilakukan. Uji coba ini dilakukan demi mengurangi kepadatan arus lalu lintas dan mobilisasi masyarakat.

Polda Metro Jaya menerapkan kebijakan gage di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan Ancol untuk menekan potensi terjadinya kerumunan. Sistem gage tersebut diberlakukan setiap Jumat, Sabtu, dan Ahad pada pukul 12.00-18.00 WIB dan tidak berlaku untuk kendaraan roda dua.

"Mulai 17 September 2021 dilaksanakan aturan ganjil-genap di tempat wisata dan aturan ini berlaku hanya pada hari Jumat, Sabtu, Ahad dari pukul 12.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (17/9).

Ketentuan itu diatur dalam Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 1096 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3 Corona Virus Disease 2019. Sistem gage ini akan diberlakukan dengan sistem penyekatan di akses masuk kawasan wisata tersebut.

Terkait

photo
Pengunjung menaiki perahu di danau area TMII, Jakarta, Ahad (12/9/2021). Pengelola mulai membuka dua wahana di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yakni Taman Reptilia dan Taman Burung untuk rekreasi masyarakat saat masa Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 di Jakarta. - (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

"Contoh di Ancol, di Gerbang Barat sebelum masuk ke Gerbang Ancol maupun di Gerbang Timur itu putaran keluaran tol yang mau ke arah PRJ Kemayoran itu yang kita batasi," ujarnya.

Sedangkan di kawasan TMII yang disekat bukan dari akses dari Tamini Square. Penyekatan akan dilakukan di akses masuk ke area TMII.

Ketentuan ini akan berlaku seterusnya dan bertujuan untuk mengurangi kerumunan khususnya di tempat wisata. "Tentu kebijakan ini tidak berdiri sendiri tapi dibarengi dengan peningkatan protokol kesehatan di tempat wisata itu sendiri," katanya.

Meski kendaraan roda empat tidak diperkenankan memasuki kawasan TMII dan Ancol, kendaraan roda empat masih boleh mengantar hingga ke pintu masuk kawasan wisata. "Bagi yang mau 'drop-off' silakan ya. 'Drop-off' silakan, tapi tidak masuk. Untuk sepeda motor juga tidak berlaku, hanya diberlakukan bagi roda empat," katanya.

Tiga rute khusus

Dari Bogor dilaporkan, jajaran Polres Bogor menerapkan skema baru untuk uji coba gage kendaraan bermotor di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor. Pekan ini, Polres Bogor akan melakukan rekayasa pada tiga rute untuk mengatur kendaraan dari Tol Jagorawi.

photo
Petugas gabungan mengarahkan kendaraan saat penerapan ganjil genap di Jalan Raya Puncak, Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (3/9/2021). - (Republika/Putra M. Akbar)

Kapolres Bogor AKBP Harun menyebutkan, tiga rute tersebut yakni pintu Tol Sentul Selatan dengan akses Jalan Bukit Pelangi, pintu Tol Sumarecon dengan akses Jalan Cibanon. Serta pintu Tol Ciawi dengan akses Jalan Gadog, atau yang dikenal sebagai jalan utama menuju kawasan Puncak.

Harun mengatakan, pihaknya akan memasang papan pemberitahuan di tiga pintu keluar Tol Jagorawi tersebut. Dengan tujuan, agar masyarakat yang hendak mengakses jalur Puncak tidak hanya terkonsentrasi di Gadog.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Info Puncak Bogor (infopuncak.bgr)

“Nantinya di titik-titik itu juga akan kami lakukan pemeriksaan ganjil genap untuk menekan potensi volume kendaraan,” ujar Harun, Jumat (17/9).

Dikatakan Harun, uji coba gage masih dilakukan demi mengurangi kepadatan arus lalulintas di kawasan Puncak. Di samping itu, Pemkab Bogor masih menunggu peraturan baku yang saat ini tengah dibahas Kementerian Perhubungan. 

Sumber : Antara


×