Pekerja menata telur ayam di salah satu agen di Jakarta, Senin (13/9). Harga telur ayam mengalami penurunan dalam beberapa waktu terakhir hingga saat ini. Harga telur di agen berada di harga Rp 20.000 per kilogram (kg) sedangkan biasa harga normalnya yakn | Prayogi/Republika.

Nasional

Peternak Ayam Pembentang Poster Protes Diundang ke Istana

Suroto merupakan seorang peternak ayam yang membentangkan poster ke arah Presiden Jokowi.

JAKARTA – Presiden Joko Widodo mengundang peternak ayam, Suroto, yang sempat ditangkap polisi karena membentangkan poster ke arahnya, ke Istana Presiden, Jakarta, Rabu (15/9) siang. Suroto merupakan seorang peternak ayam yang membentangkan poster ke arah Presiden Jokowi saat kunjungan kerja ke Blitar, Jawa Timur pada Selasa (7/9) lalu.

Usai bertemu Jokowi di Istana siang ini, Suroto menyebut Presiden tak marah terhadap aksinya tersebut. Jokowi justru berterima kasih. “Berterima kasih, berterima kasih sekali dengan apa yang saya lakukan itu,” ujar Soroto di Kompleks Istana Presiden, Jakarta.

Menurutnya, Presiden mengapresiasi aksinya membentangkan poster tersebut sehingga mengetahui kondisi yang sedang dialami para peternak. “Kalau ndak ada kamu yang membentangkan poster, saya ndak akan tahu kondisi di bawah karena laporan anak buahnya ndak nyampe ke atas,” kata Suroto menirukan ucapan Jokowi.

Ia kemudian menceritakan pertemuannya dengan Presiden. Saat bertemu, Suroto mengaku meminta maaf atas aksinya membentangkan poster. Menurutnya, aksinya itu dilakukan karena upaya dialog yang telah dilakukan oleh para asosiasi dengan Dinas Perdagangan dan Dinas Pertanian setempat tak memberikan solusi.

“Kita produksi telur saja seumpama 100 persen itu masih rugi, masih rugi. Sedangkan telur enggak bisa keluar, numpuk di kandang itu. Makanya saya punya inisiatif. Kalau saya ndak nekat membentangkan poster, ini pasti ndak akan ditanggapi,” ucap dia.

Seperti diketahui, Suroto yang membentangkan poster bertuliskan ‘Pak Jokowi, bantu peternak beli jagung dengan harga wajar. Telur murah’ sempat ditangkap oleh polisi. Aksinya itupun membuahkan hasil. Dalam pertemuan pada Rabu siang, Presiden tak hanya mengundang Suroto, tapi juga sejumlah asosiasi peternak lainnya.

Mereka yang diundang Jokowi yakni Ketua Pinsar Petelur Nasional Yudianto Yosgiarso, Ketua Koperasi Putera Blitar Sukarman, Ketua Paguyuban Peternak Rakyat Nasional (PPRN) Rofi Yasifun. Menghadap Jokowi, mereka didampingi oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, dan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi.

“Kami belum pernah mendapatkan kesempatan tetapi syukurlah dengan adanya Pak Suroto membentangkan poster dan ada insiden kecil meskipun tidak berlanjut ini kami bisa hadir diundang dan saat ini dengan mendengar keluhan dari kami, Presiden langsung memberikan solusi jitu,” ujar Ketua Pinsar Petelur Nasional, Yudianto Yosgiarso usai pertemuan di Kompleks Istana Presiden, Jakarta.

Kepada Presiden, Yudianto menyampaikan berbagai hambatan yang dialami oleh para peternak, salah satunya yakni kondisi pakan ternak yang mahal dan terpuruknya harga telur saat ini. Ia menyebut, harga pakan ternak yakni jagung di pasaran saat ini mencapai Rp 6 ribu.

Ketua Paguyuban Peternak Rakyat Nasional (PPRN) Rofi Yasifun menambahkan, dalam pertemuan ini Presiden telah berjanji akan menyediakan jagung dengan harga yang ideal yakni sebesar Rp 4.500 untuk 30 ribu ton jagung.

Terkait hal ini, Presiden telah menginstruksikan Menteri Pertanian dan Menteri Perdagangan agar segera menyelesaikan masalah yang dihadapi para peternak dengan menyediakan harga pakan ternak yang terjangkau.

photo
Peternak membawa poster berisi tuntutan saat menggelar aksi di halaman kantor cabang Bank BNI Blitar, Jawa Timur, Selasa (14/9/2021). Sejumlah peternak ayam petelur tersebut meminta Bank BNI untuk meringankan (restrukturisasi) kredit atau pembiayaan pinjaman kepada peternak akibat naiknya harga jual pakan ayam yang mencapai Rp 6.500 per kilogramnya, serta makin jatuhnya harga jual telur di tingkat peternak yang mencapai Rp 13.500 per kilogram dari harga ideal Rp 22.700 perkilogramnya. - (ANTARA FOTO/Irfan Anshori)

“Perintahnya kepada Mendag dan Menteri Pertanian adalah melakukan langkah cepat minggu ini juga agar kebutuhan jagung khususnya di tiga tempat yang bersoal (yakni), Klaten, Blitar dan Lampung bisa tertangani dengan harga yang sangat normatif,” ujar Mentan Syahrul Yasin Limpo.

Selain itu, pemerintah juga menyediakan opsi untuk memberikan subsidi pada tiga daerah sentra peternakan. Untuk melindungi para peternak, Presiden juga menginstruksikan jajarannya untuk menyiapkan sejumlah regulasi.

“Kalau perlu menggunakan subsidi-subsidi tertentu untuk tiga daerah sentra karena tiga daerah itu merupakan sentra peternakan,” tambah Menta

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat