Deretan panel surya terpasang di atas gedung kantor Gubernur Riau di Kota Pekanbaru, Jumat (28/5/2021). Kementerian ESDM memasang pembangkit listrik tenaga surya berdaya 50 kilowaatpeak (kWp) di Kota Pekanbaru sejak 2020 untuk penerapan energi terbarukan | ANTARA FOTO/FB Anggoro
10 Sep 2021, 19:53 WIB

Pilih Produk Ramah Lingkungan

Fungsi rumah di masa pandemi terus mengalami perluasan. 

Sepanjang pandemi ini, rumah tak sekadar menjadi tempat tinggal. Fungsinya kini kian lengkap dengan menjadi kantor, pusat kebugaran, atau bahkan tempat bermain bagi anak. Tentu saja, makin banyak orang yang berusaha membuat rumahnya kian nyaman.

Namun, belakangan tak hanya nyaman, rumah juga bisa dibuat lebih ramah lingkungan dengan memilih produk yang tepat. Untuk itu, ada tawaran menarik dari Modena yang meluncurkan lini produk terbarunya, yaitu Modena Energy guna memberikan solusi energi praktis, murah, sekaligus ramah lingkungan kepada para pelanggan. 

Produk perdana yang dihadirkan oleh Modena Energy adalah Modena SolarPad yang merupakan paket panel surya dengan berbagai pilihan watt dan spesifikasi sesuai kebutuhan.

Perubahan iklim menjadi satu hal besar yang memantapkan Modena melakukan gerakan berarti, yaitu dengan merancang produk yang dapat memanfaatkan energi alternatif ramah lingkungan. “Dengan menggunakan panel surya pada atap rumah, bukan hanya biaya listrik rumah tangga yang terbantu, melainkan emisi karbon juga berkurang secara signifikan,” kata Direktur Modena, Bagus Prastowo, dalam keterangan resmi yang diterima Republika.

Terkait

Semua produk Modena Solar Pad menyertakan panel surya yang terbuat dari solar cell grade A, artinya efisiensi yang didapatkan dari radiasi matahari untuk menjadi energi dapat mencapai minimal 27 persen dengan 97,5 persen daya serap. Solar panel dibuat oleh silikon, tempered glass, dan frame aluminum galvanized sehingga tetap kokoh dan awet walau sudah terpapar sinar matahari, hujan atau badai sekalipun.

Sudah menjadi komitmen Modena untuk terus hadirkan produk cerdas dan berteknologi mutakhir untuk meningkatkan kualitas hidup para pelanggannya. Karena itu, Modena SolarPad dilengkapi dengan sistem monitoring Wi-Fi yang dapat terkoneksi dengan aplikasi Modena Seamless.

“Kehadiran aplikasi ini dapat mempermudah para pengguna untuk melihat berapa daya yang dihasilkan per hari atau mengatur penyimpanan dan penggunaan daya harian sesuai dengan preferensi pengguna,” jelas Bagus.

Salah satu risiko dari penggunaan listrik adalah padamnya aliran listrik baik karena terdapat gang guan jaringan, proses konstruksi, maupun hal lainnya. Dengan adanya panel surya di rumah, dapat menjadi tambahan listrik sehingga pengguna tidak perlu khawatir dengan adanya pemadaman.

Walau mendung atau hujan sekalipun, panel surya tetap dapat menghasilkan energi dari cahaya matahari. “Sehingga konversi energi listrik harian pasti tetap ada,” ungkap Solar Business Development Senior Manager Modena, Mamun Hossain.

Menurut Mamun, keunggulan lain dari adanya solar panel di rumah adalah membuat biaya listrik menjadi lebih hemat karena bantuan daya dari sinar matahari. Lalu, apabila digunakan secara bergilir dengan penyimpanan yang tepat, bisa dikatakan pengguna dapat menerima manfaat listrik tanpa biaya sampai 30 tahun lamanya.

Produk Modena SolarPad terbaru ini bisa didapatkan seluruh Modena Experience Center dan Modena Home Center, yang tetap buka hanya untuk melayani kunjungan terjadwal hingga regulasi berubah atau melalui lewat situs resmi www.modena.com dan di berbagai lokapasar, termasuk Toko pedia, Shopee, Lazada, Buka lapak, dan Blibli.com. 

 

 
"Walau mendung atau hujan, panel surya tetap dapat menghasilkan energi."
 
 

 

 

Rumah Kian Multifungsi

photo
Tetap nyaman di rumah selama pandemi (Ilustrasi) - (Dok Dolux AkzoNobel)

Selama pandemi, tinggal dan beraktivitas di rumah tentu membutuhkan dalam menciptakan kehangatan dan kebersamaan. Belum lagi pentingnya pengadaan ruang multifungsi yang semakin dibutuhkan oleh para anggota keluarga. Memahami situasi ini, Dulux memberikan solusi #DuluxMakesItEasy yang bertujuan memudahkan para ibu dalam menjaga lingkungan rumah tetap bersih dan terlindungi. Khususnya, area cat dinding rumah yang terbebas dari virus dan mudah dibersihkan. 

Menurut arsitek Ren Katili, sudut ruang rumah yang dijadikan ruang multifungsi semakin dibutuhkan khususnya di masa pandemi. “Ruang multifungsi yang tentram dan nyaman perlu didukung dengan produk yang tepat, karena secara otomatis akan memberikan ketenangan hati para ibu,” ia menjelaskan,

Ruang multifungsi ini, Ren melanjutkan, juga bisa dijadikan ruang bermain anak agar mereka tetap bisa berkreasi di masa pandemi. Sebagai salah satu bentuk kenyamanan, pemilihan cat dinding dengan kandungan antivirus memiliki banyak manfaat. 

Bukan itu saja, dengan melapisi dinding dengan cat yang mudah dibersihkan, maka pemiilik rumah, khususnya para ibu, juga bisa mendapatkan ketenangan lebih. Karena, tidak terus menerus khawatir ketika anak beraktivitas di rumah, dan menjadikan dinding sebagai objek kreasi mereka.

Niluh Putu Ayu selaku Head of Brand and Consumer Marketing PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia) menjelaskan, Dulux EasyClean Anti-Viral merupakan solusi all-in-one dari Dulux, merupakan cat dinding berkualitas tinggi untuk interior, berbahan dasar air. “Diformulasikan pula dengan antibakteri yang membantu menghambat pertumbuhan bakteri di dinding, dan Silver Ion Technology yang memberikan manfaat tambahan, efektif menghilangkan beberapa virus tertentu,” ujarnya.  

photo
Sudut rumah unik agar nyaman di rumah (ilustrasi) - (Pexels/Skylar Kang)

Selain berbahan dasar air, cat interior premium ini juga memiliki beberapa fitur lainnya seperti Colourguard Technology yang dapat menjaga keindahan warna dinding memesona lebih lama, tidak mengandung timah (Pb) dan merkuri (Hg), serta rendah bau. Agar para penghuni rumah, tetap betah selama masa pandemi, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan, antara lain: 

1. Siapkan ruang yang mengalir

Ini adalah kunci utama agar ruang bisa berfungsi optimal dengan berbagai macam kegiatan di dalamnya. Oleh karena itu, penentuan di awal ruang apa saja yang akan digabungkan sebaiknya dilakukan, supaya mudah meletakkan perabotan dengan tepat dalam ruang tersebut.

2. Perabot multifungsi

Pilih furnitur yang memiliki fungsi lebih dari satu atau yang mudah dipindahkan atau digeser. Hal ini perlu dilakukan, supaya tidak menghabiskan tempat yang ada. Makin sedikit perabotan yang dibeli, akan makin baik.

3. Pencahayaan dan pengudaraan alami

Menurut Ren, ini bagian penting dalam menciptakan ruang multifungsi. Pastikan pencahayaan dan pengudaraan alami yang cukup dalam ruang. Karena hal ini baik bagi kesehatan pengguna ruangan mengingat durasi penggunaan dalam ruang multifungsi ini bisa jadi lebih lama dibanding ruang-ruang lain.

4. Perawatan mudah

Pilih material dan perabotan yang mudah dalam perawatan termasuk pemilihan material penutup lantai dan dinding, mengingat kegiatan yang cukup beragam di ruang multifungsi. 

5. Warna dalam ruangan

Warna juga sangat berpengaruh pada tampilan suatu ruangan. Pilihlah warna-warna natural, serta kombinasikan warna tersebut menjadi dua atau tiga warna dalam satu ruangan. 

 


×