Penyerang sayap Arema FC Dedik Setiawan melakukan crossing saat melawan Barito Putera pada pertandingan penyisihan grup A Piala Menpora 2021 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Kamis (25/3) malam. Pada pertandingan ini Barito Putera berhasil mengalahka | Wihdan Hidayat / Republika

Olahraga

PSM Vs Arema tanpa Pemenang

Arema harus bermain dengan 10 pemain menghadapi PSM.

CIBINONG – PSM Makassar gagal memanfaatkan keunggulan jumlah pemain saat melakoni laga pekan pertama Liga 1 2021/22 melawan Arema FC. Tim Juku Eja ditahan Arema di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Ahad (5/9) malam.

Singo Edan harus bermain dengan 10 orang sejak menit keempat karena Jayus Hariono diganjar kartu merah setelah bentrok fisik dengan pemain PSM. Juku Eja memanfaatkan keunggulan jumlah pemain dengan menaikkan tempo permainan dan menekan pertahanan Singo Edan.

PSM terus mencari celah untuk membobol gawang Arema dari berbagai sisi. Anco Jansen, Ilham Udin Armaiyn, dan Willem Jan Pluim menjadi mimpi buruk bagi pertahanan Arema. Mereka bergantian mengancam pertahanan tim asuhan Eduardo Almeida.

Pada menit ke-10, Jansen mendapatkan peluang emas melalui tendangan bebas. Sepakannya terukur, tapi kiper Arema Adilson Maringa berhasil menepisnya. Johan Ahmad Farizi dan kawan-kawan mengandalkan serangan balik untuk menciptakan peluang.

Keberuntungan pun didapatkan Arema ketika kiper PSM melakukan pelanggaran di area terlarang sehingga wasit menunjuk titik putih. Hanif Sjahbandi yang mengambil tugas penalti sukses menaklukkan penjaga gawang Arema pada menit ke-22.

Namun, keunggulan 1-0 Arema tak berlangsung lama. PSM menyamakan kedudukan 1-1 melalui sepakan Ilham Udin. Ia melepaskan tendangan kaki kiri dengan keras melalui jarak dekat memanfaatkan assist Sutanto. Skor 1-1 pun bertahan hingga turun minum.

Arema melakukan pergantian pemain pada babak kedua dengan memasukkan Sergio Silva menggantikan Dedik Setiawan. Arema memilih permainan bertahan demi menaham gempuran dari para pemain PSM.

Pada menit ke-59, Arema keluar dari tekanan PSM dengan melakukan serangan balik. Namun, para pemain Pasukan Ramang cepat menutup serangan balik Arema. Tim asal Malang tersebut mengandalkan Carlos Fortes di depan untuk merepotkan pertahanan PSM.

Memasuki menit ke-60, Arema lebih berani keluar area pertahanan sendiri. Hal ini membuat pertandingan lebih menarik. Kedua tim juga tak segan bermain keras untuk menghentikan pergerakan lawan.

Pada menit ke-68, Arema mendapatkan peluang emas melalui sundulan Fortes memanfaatkan tendangan sudut. Namun, sundulan Fortes bisa ditepis oleh kiper Arema. Usaha kedua tim untuk menambah gol tak berhasil hingga pertandingan berakhir, yaitu dengan skor 1-1.

Persib bersiap

Para pemain Persib Bandung segera menjalani latihan bersama untuk persiapan menghadapi laga kedua di Liga 1 2021/21 setelah mengalahkan Barito Putera 1-0 di Stadion Indomilk Arena, Tangerang, Sabtu (4/9) malam. Pelatih Persib Robert Alberts mengaku, tak banyak waktu istirahat yang didapatkan pemainnya.

"Kami tiba di Bandung sekitar pukul 02.00 WIB (dini hari) dan pukul 15.00 WIB kami melakukan sesi pemulihan di pusat kebugaran," kata Robert, melalui laman resmi klub, Ahad.

Walau hanya berselang 12 jam dari waktu istirahat setibanya di Bandung, pelatih asal Belanda itu memastikan seluruh pemainnya saat ini dalam kondisi bagus. Robert menyebutkan bahwa latihan baru akan dilakukan pada Senin (6/9) yang akan menjadi persiapan tim untuk menatap laga selanjutnya kontra Persita pada Sabtu (11/9). "Suasana hati dan semangat yang bagus untuk persiapan tiga poin selanjutnya," kata dia.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by BRI Liga 1 (liga1match)

Hasil Pertandingan Pekan Pertama Liga 1 2021/22

Bali United 1-0 Persik

Persipura 1-2 Persita

Bhayangkara FC 2-1 Persiraja

PS Tira Persikabo 1-1 Madura United

PSIS 1-0 Persela

Borneo FC 3-1 Persebaya

Persib 1-0 Barito

PSM 1-1 Arema

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat