Pekerja memberikan pupuk rumput di Stadion Benteng Taruna, Tangerang, Banten, Rabu (25/8/2021). Stadion Benteng Taruna merupakan salah satu dari enam stadion yang akan digunakan untuk kompetisi pertandingan sepak bola BRI Liga 1 seri pertama. | ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/foc.

Olahraga

03 Sep 2021, 10:53 WIB

Semangat Menyambut Liga 1

Baik Tira maupun Madura United sama-sama menargetkan kemenangan dalam Liga 1.

TANGERANG -- Tira Persikabo akan bertemu Madura United di Stadion Indomilk Arena, Kabupaten Tangerang, Banten, Jumat (3/9). Menjelang laga Liga 1 2021 ini, Tira Persikabo memiliki persiapan matang untuk menghadai Madura United.

Pelatih Tira Persikabo, Igor Kriushenko, menyebut timnya sudah tidak sabar memainkan laga perdana mereka. Menurutnya, tim sudah dalam keadaan siap dan dengan target kemenangan tentunya.

"Tim kita sudah siap, kesiapan itu akan terlihat dalam gim besok. Dengan mood yang bagus menghadapi liga ini, tim kita mengharapkan kemenangan," kata Igor dalam konferensi pers menjelang laga, Kamis (2/9).

Sayangnya, Tira Persikabo cuma akan memainkan tiga pemain asing mereka. Kuota satu pemain asing lain yang dimiliki oleh Tira Persikabo dipastikan tetap kosong pada laga perdana ini.

Igor menyebut telah memiliki nama untuk pemain yang akan mengisi posisi sebagai striker ini. Dia masih akan memantau kebijakan PPKM sebelum pemain anyarnya tiba di Indonesia. 

"Pemain asing keempat akan ada di posisi striker. Kebijakan PPKM ini masih kita tunggu untuk melihat kapan pemain asing tiba. Kita tunggu dia dan dia sudah tidak sabar bergabung dengan kita," ujar Igor.

Igor pun menekankan para pemain untuk tidak meremehkan Madura United. Menurutnya, tim asuhan Rahmad Darmawan ini perlu diantisipasi oleh skuadnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by BRI Liga 1 (liga1match)

"Pastinya Madura United tim yang kuat dan saya bisa bilang di sepak bola modern ini tim Liga 1 semua kuat. Meski banyak yang menekan tim, tapi bukan alasan kita takut ke tim lawan," kata Igor.

Sementara itu, pemain Tira Persikabo, Guntur Triaji, memastikan siap menjawab target untuk meraih kemenangan. Dia ingin membawa timnya menang pada laga perdana setelah kompetisi terhenti lebih dari 1,5 tahun lamanya.

"Pertama, ini adalah laga perdana setelah 1,5 tahun tidak ada pertandingan resmi dan kita tentu nantikan atmosfer liga ini. Ketatnya prokes tidak ada masalah demi berlangsungnya kompetisi di Indonesia," ujar Guntur.

Dari kubu lawan, selama masa hiatus, Madura United telah mempersiapkan tim dengan laga-laga uji coba. Tim asuhan Rahmad Darmawan selalu menang dalam dua laga uji coba terakhirnya. Pertama, Madura United menang atas Madura FC dengan skor 3-0, kedua menang atas Raka FC Bangkalan dengan skor 9-0.

Dengan dua laga uji coba tersebut, pria yang akrab disapa RD itu optimistis tim asuhannya bisa meraih hasil positif pada laga perdana nanti. Dia melihat mentalitas pemainnya bagus dan itu bisa menutup kurangnya jam terbang pemain dalam pertandingan sungguhan selama ini.

"Secara mental, anak-anak sudah sangat siap menghadapi kompetisi Liga 1. Saya pikir segala kekurangan dalam masa persiapan, saya yakin akan bisa ditutupi dengan semangat tinggi dari para pemain," kata Rahmad dalam konferensi pers virtual menjelang pertandingan, Kamis (2/9). 

Namun, RD tak mau memandang remeh tim yang pernah ditanganinya tersebut. Meski materi pemain Tira Persikabo banyak berubah setelah ditinggalkan pemain pilarnya, seperti Abduh Lestaluhu, Wawan Febrianto, hingga Angga Saputro. Laskar Padjadjaran adalah tim yang paling rutin menggelar latihan bersama selama ini. Dengan begitu, kata RD, itu akan sangat membantu untuk mengasah kematangan calon lawannya. 

"Setahu saya, Persikabo menjadi salah satu tim yang sangat kontinu menggelar latihan. Saya menghitung mereka sudah melakukan masa persiapan selama lima bulan," ujar RD. 

"Secara keseluruhan, tentu kami harus mewaspadai semua kelebihan dari para pemain Tira Persikabo," kata dia menambahkan.

Namun, melihat dari catatan lima pertemuan terakhir antara kedua tim, Madura unggul dengan raihan tiga kemenangan, sedangkan Persikabo hanya satu kali menang. Pertandingan terakhir dimenangkan oleh Madura United dengan skor 1-0 atas Tira Persikabo di Liga 1 2019 lalu. ';

×