Pemimpin Redaksi Republika Irfan Junaidi (kedua kiri) menyerahkan bantuan kepada Ketua Presidium Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) Sarbini Abdul Murad (kedua kanan), Direktur Aman Palestin Indonesia Miftahuddin Kamil (kanan) dan Ketua Umum Aksi | Republika/Thoudy Badai
28 Aug 2021, 10:39 WIB

Pembaca Republika Bantu Palestina

Sejak dulu, Republika dinilai selalu concern membantu Palestina.

 

JAKARTA -- Republika kembali menggalang donasi dari para pembaca untuk membantu warga di Gaza, Palestina. Melalui program Kami Bersama Palestina, Republika berhasil menghimpun donasi sebesar Rp 555 juta. Penghimpunan donasi berlangsung pada 17 Mei sampai 9 Juni 2021

Pemimpin Redaksi Harian Republika, Irfan Junaidi, menyampaikan, Republika menunaikan amanat dari para pembaca untuk menyalurkan donasi ke warga Palestina. Donasi tersebut disalurkan untuk tiga program yang dibutuhkan warga Palestina.

"Pertama adalah program pengadaan ambulans, karena memang di sana pasti sangat perlu ambulans, mengingat sering terjadi serangan dari pihak penjajah, yakni Israel," kata Irfan seusai menyerahkan bantuan tersebut secara simbolis di kantor Republika, Jakarta, Jumat (27/8).

Terkait

Ambulans tersebut dibeli dari Turki dan akan dioperasikan oleh Jabalia Medical Center di Gaza. Program pengadaan ambulans ini diinisasi Republika dan Aksi Insan Nusantara (AIN).

Dua program berikutnya, lanjut Irfan, terkait dengan pendidikan, yakni pendistribusian 200 paket peralatan sekolah untuk anak-anak Palestina di Gaza. Ini adalah paket lengkap berisi tas, buku, alat tulis, dan lain-lain. Program ini diinisiasi Republika dan Medical Emergency Rescue Committee (MER-C).

photo
Pemimpin Redaksi Republika Irfan Junaidi (kedua kiri) menyerahkan bantuan kepada Ketua Presidium Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) Sarbini Abdul Murad (kedua kanan) kantor Republika, Jakarta, Jumat (27/8). Republika menyalurkan bantuan dari pembaca Republika kepada sejumlah lembaga kemanusian untuk disalurkan dalam bentuk kendaraan ambulan, perpustakaan, dan alat penunjang pendidikan untuk 300 anak di Palestina. Republika/Thoudy Badai - (Republika/Thoudy Badai)

Selanjutnya, program pembangunan perpustakaan di Masjid Syekh Ajlin di Gaza. Untuk diketahui, Masjid Syekh Ajlin yang awalnya rusak total akibat serangan Israel, sedang dibangun kembali oleh Aman Palestin Indonesia dan sejumlah pihak lainnya.

"Perpustakaan ini juga menjadi elemen penting untuk pembelajaran dan juga untuk pengayaan ilmu bagi warga Palestina," ujar Irfan.

Ia berharap melalui tiga program ini, para donatur atau pembaca Republika mendapatkan pahala yang terus mengalir. Sebab, program yang diinisiasi Republika ini akan dimanfaatkan warga Palestina dalam waktu yang lama.

"Kepada pembaca Republika, kami ucapkan terima kasih, karena dalam situasi pandemi ini masih berkenan menyisihkan rezekinya untuk membantu saudara kita yang mengalami tekanan di Palestina,’’ kata Irfan.

photo
Pemimpin Redaksi Republika Irfan Junaidi (kedua kiri) menyerahkan bantuan kepada Ketua Umum Aksi Insan Nusantara Doddy C.H Putra (kedua kanan) di kantor Republika, Jakarta, Jumat (27/8). Republika menyalurkan bantuan dari pembaca Republika kepada sejumlah lembaga kemanusian untuk disalurkan dalam bentuk kendaraan ambulan, perpustakaan, dan alat penunjang pendidikan untuk 300 anak di Palestina. Republika/Thoudy Badai - (Republika/Thoudy Badai)

Di tempat yang sama, Pendiri dan Ketua AIN, Ustaz Doddy Cleveland Hidayat Putra, mengatakan, bangsa Indonesia memiliki perhatian yang besar terhadap bangsa Palestina. Beberapa waktu lalu, terjadi peristiwa menyedihkan, bangsa Palestina mendapatkan perlakuan buruk dari penjajah, yakni Israel. Akibatnya, banyak korban jiwa dan luka-luka dari pihak Palestina.

"Maka, perhatian dari pembaca Republika ini menjadi sebuah oase, bantuan ini Insya Allah akan memberikan manfaat yang besar bagi bangsa Palestina, terima kasih kepada pembaca Republika," kata Ustaz Doddy.

photo
Pemimpin Redaksi Republika Irfan Junaidi (tengah) menyerahkan bantuan Direktur Aman Palestin Indonesia Miftahuddin Kamil (kanan) di kantor Republika, Jakarta, Jumat (27/8). Republika menyalurkan bantuan dari pembaca Republika kepada sejumlah lembaga kemanusian untuk disalurkan dalam bentuk kendaraan ambulan, perpustakaan, dan alat penunjang pendidikan untuk 300 anak di Palestina. Republika/Thoudy Badai - (Republika/Thoudy Badai)

Direktur Aman Palestin Indonesia, Ustaz Miftahuddin Kamil, juga mengucapkan terima kasih kepada Republika dan para pembacanya yang luar biasa dalam mendukung Palestina. Menurut dia, pembaca Republika membantu saudaranya di Palestina bukan hanya moril dan doa, tapi juga materil.

"Bantuan pembaca Republika antara lain untuk membangun perpustakaan di Masjid Syekh Ajlin di Gaza," kata Ustaz Miftahuddin.

Ia menerangkan, Masjid Syekh Ajlin dibombardir Israel pada 2014. Masjid ini salah satu dari 73 masjid yang dibombardir dan rata dengan tanah hingga tidak ada yang tersisa.

Aman Palestin Indonesia sedang membangun kembali masjid tersebut sejak Maret 2021. Desain masjidnya dibuat oleh Ridwan Kamil yang sekarang menjadi Gubernur Jawa Barat. Masjid ini akan memiliki lantai dasar, lantai satu, dan lantai dua. Di lantai dasar itulah nantinya ada perpustakaan umum.

Sementara, Ketua Presidium MER-C, Sarbini Abdul Murad, mengatakan, Republika sejak dulu sampai sekarang selalu konsen membantu Palestina. "Bantuan ini bentuk kepedulian masyarakat Indonesia atau kepercayaan masyarakat Indonesia ke Republika," kata Sarbini.


×