Adira Finance Syariah dan Dompet Dhuafa (DD) bersinergi mengadakan wifi gratis | Youtube

Khazanah

DD dan Adira Finance Syariah Sediakan Wi-Fi di 200 Titik

DD dan Adira Finance Syariah berupaya membantu masyarakat mengakses internet.

JAKARTA – Dompet Dhuafa (DD) dan Adira Finance Syariah bersinergi untuk menyediakan Wi-Fi di 200 titik yang tersebar di 19 provinsi. Kolaborasi tersebut merupakan salah satu program corporate social responsibility (CSR) dalam membantu masyarakat menghadapi pandemi Covid-19.

Direktur Penjualan Pelayanan dan Distribusi Adira Finance, Niko Kurniawan, mengatakan, program penyediaan Wi-Fi di sejumlah lokasi ini dilakukan mengingat munculnya kebutuhan masyarakat akan akses konektivitas. Di antaranya, proses belajar-mengajar jarak jauh yang mengharuskan setiap siswa tersambung dengan jaringan internet.

Sedangkan, dalam realita yang ada, kata Niko, internet belum dapat diakses secara mudah oleh setiap masyarakat Indonesia. Karena itu, pemberian akses Wi-Fi di sejumlah wilayah diharapkan dapat meringankan sedikit beban masyarakat, khususnya pelajar, dalam menghadapi tantangan Covid-19.

“Kami berharap, berdirinya Wi-Fi di 200 titik ini dapat menjadi penghubung antara masyarakat dan kebutuhannya, yakni pembelajaran jarak jauh,’’ kata Niko dalam konferensi pers yang digelar secara daring dan luring di Jakarta, Kamis (26/8).

"Semoga program CSR ini dapat meringankan sedikit beban yang dihadapi masyarakat kita,” katanya melanjutkan.

Dalam melaksanakan program ini, kata Niko, pihaknya berkolaborasi dengan Laznas Dompet Dhuafa. Ia menilai, DD memiliki pengalaman yang luas serta memiliki profesionalitas dalam menyalurkan dana kebajikan kepada umat secara terukur dan tepat sasaran.

Kolaborasi ini menyasar kepada komunitas belajar, taman baca, panti asuhan, dan sentra pembelajaran berbasis kelompok di 40 kota yang tersebar di 19 provinsi di Tanah Air. Seluruh wilayah tersebut merupakan wilayah kerja kantor cabang unit syariah (KCUS) Adira Finance Syariah.

Wilayah-wilayah pemasangan tersebut antara lain Bekasi, Bogor, Serang, Ciputat, Bandung Koja, Bandung, Tasikmalaya, Cirebon, Tebet, Jember, Kediri, Pasuruan, Surabya, Pamekasan, Semarang, Solo, Yogyakarta, Tegal, Mataram, Sorong, Padang, Jambi, Medan Banjal, Bangkinang, Bengkulu, Buktittinggi, Banda Aceh, Meulaboh, Langsa, Makassar, Palopo, Kendari, Gorontalo, Mamuju, Ternate, Bone, Makassar, Pare-Pare, Palu, dan Martapura.

Sementara itu, Direktur SDM dan Marketing Adira Finance, Swandajani Gunadi, mengatakan, program CSR dilakukan di bawah payung program Adira Finance Indonesia. Penyalurannya dilakukan melalui tiga pilar, yaitu Sahabat Lokasi, Adira Peduli, dan Mitra CSR.

Dia menyebut, program pemasangan Wi-Fi ini berkaitan dengan kebutuhan masyarakat saat ini. Ia berharap, program ini dapat mengurangi beban dan tantangan masyarakat di masa pandemi.

Dalam forum yang sama, Direktur Business Operations Support DD, Prima Hadi Putra, menyampaikan, kolaborasi dengan Adira Finance Syariah merupakan sebuah aksi terukur yang berfokus pada konektivitas dalam memudahkan pembelajaran jarak jauh. DD, kata dia, merasa bersyukur karena dipercaya menjalankan kerja sama tersebut.

Untuk program ini, DD telah melakukan kajian dan analisis agar pemberian bantuan ini betul-betul dapat digunakan secara tepat sasaran. "Mulai dari kriteria penerima manfaatnya, pemeliharaan operasional Wi-Fi -nya juga kita berikan pemahaman dan edukasi kepada leader community, hingga bagaimana program ini dapat berkelanjutan untuk masa depan,” kata Putra.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat