Anggota pasukan Inggris dalam aksinya melakukan evakuasi dari bandara Kabul, Senin (23/8/2021). Rusia menyatakan siap menjadi mediator dalam krisis di Afghanistan. | AP/LPhot Ben Shread/Ministry of Defence

Internasional

ISIS Intai Afghanistan

Rusia menyatakan siap menjadi mediator dalam krisis di Afghanistan.

KABUL -- Amerika Serikat (AS), Australia, dan Inggris telah mendesak warga untuk menjauh dari bandara internasional di Kabul. Menurut mereka, ada informasi tentang ancaman serangan oleh Islamic State in the Khorasan Province (ISKP), yaitu kelompok yang berafiliasi dengan ISIS di Afghanistan.

Peringatan pada Kamis (26/8) muncul ketika pasukan Barat bergegas untuk mengevakuasi warga mereka dan warga Afghanistan yang rentan, sebelum batas waktu penarikan pada 31 Agustus. “Ada ancaman serangan teroris yang sedang berlangsung," ujar Kantor Departemen Luar Negeri Inggris, dilansir Aljazirah, Kamis.

Kedutaan Besar AS di Kabul mengeluarkan peringatan yang menyarankan warga AS untuk menghindari bepergian ke bandara. Sementara Deplu Inggris juga mengeluarkan peringatan serupa. Mereka menginformasikan kepada warganya yang berada di area bandara untuk pergi ke lokasi yang aman.

Kemenlu Australia juga mendesak warga Australia dan warga Afghanistan dengan visa Australia untuk menjauhi bandara. Australia memperingatkan ada ancaman serangan teroris yang sangat tinggi di bandara.

photo
Anggota Taliban berjaga-jaga dalam upacara pelepasan para tahanan politik di Kandahar, Selasa (24/8/2021). Sebanyak 200 tahanan dilepaskan sesuai janji Taliban memberikan amnesti menyeluruh pekan lalu. - (EPA-EFE/STRINGER)

Gedung Putih mengatakan, Presiden AS Joe Biden telah mendapatkan informasi  tentang ancaman dari kelompok ISKP atau yang juga dikenal dengan ISIS-K. Biden juga telah mengetahui rencana darurat untuk evakuasi.

"ISIS-K adalah musuh bebuyutan Taliban, dan mereka memiliki sejarah pertempuran satu sama lain.Tetapi setiap hari kami memiliki pasukan di lapangan. Pasukan ini dan warga sipil tak berdosa di bandara, menghadapi risiko serangan dari ISIS-K," ujar Biden.

ISIS-K yang dimaksud Biden merujuk pada ISIS-Khorasan, yaitu kelompok yang berafiliasi dengan ISIS di Pakistan dan Afghanistan. Khorasan adalah istilah modern untuk wilayah timur Persia kuno sejak abad ke-3. Khorasan meliputi wilayah yang kini merupakan bagian dari Iran, Afghanistan, Tajikistan, Turkmenistan, dan Uzbekistan.

Salah seorang pejabat Taliban berjanji akan melindungi warga sipil di luar Bandara Kabul. Namun, pasukan Barat harus memenuhi tenggat waktu evakuasi pada 31 Agustus seperti yang sudah dijadwalkan sebelumnya.

"Penjaga kami juga membahayakan nyawa mereka di bandara Kabul. Mereka juga menghadapi ancaman dari kelompok ISIS," kata pejabat yang tidak menyebutnya namanya itu, Kamis.

photo
Anggota pasukan Inggris dalam aksinya melakukan evakuasi dari bandara Kabul, Senin (23/8/2021). - (AP/LPhot Ben Shread/Ministry of Defence)

Banjir pesanan senjata

Rusia menerima pesanan senjata, termasuk helikopter, dari negara-negara Asia Tengah yang berbatasan dengan Afghanistan. Hal itu terjadi setelah Taliban menguasai negara tersebut.

“Kami sudah mengerjakan sejumlah pesanan dari negara-negara di kawasan (Asia Tengah) untuk pasokan helikopter, senjata api, dan sistem perlindungan perbatasan modern Rusia,” kata Alexander Mikheev yang mengepalai badan ekspor senjata Rusia, Rosoboron, dikutip laman TRT, Kamis.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov mengatakan negaranya siap menjadi mediator dalam krisis di Afghanistan. “Kami tetap berkomitmen pada tugas membangun perdamaian dan stabilitas di wilayah Afghanistan sehingga tidak menimbulkan ancaman bagi kawasan tersebut,” kata Lavrov pada Selasa (24/8).

Sementara tetangga Afghanistan, yaitu Tajikistan, menyatakan Taliban harus membentuk pemerintahan inklusif jika ingin mendapat pengakuan dari Tajikistan.

“Tajikistan tidak akan mengakui pemerintah lain yang akan didirikan di negara itu melalui penindasan dan tanpa memperhitungkan posisi semua orang Afghanistan, terutama semua etnis minoritasnya,” ujar Presiden Tajikistan Emomali Rakhmon seusai bertemu Menteri Luar Negeri Pakistan Shah Mehmood Qureshi, Rabu (25/8). 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat