Suasana pertandingan Barcelona melawan Athletic Bilbao | Youtube

Olahraga

Jerih Payah Barcelona tanpa Messi

Bertandang ke markas Bilbao di San Mames, Barcelona harus susah payah mencari peluang di sepanjang pertandingan.

BILBAO -- Bayang-bayang Lionel Messi belum sepenuhnya pergi dari Barcelona. Baru saja memetik kemenangan di laga pembuka kontra Real Sociedad, Blaugrana langsung mendapat ujian berat lantaran ditahan imbang Athletic Bilbao, 1-1, pada pekan kedua La Liga Spanyol, Ahad (22/8) dini hari WIB.

Bertandang ke markas Bilbao di San Mames, Barcelona harus susah payah mencari peluang di sepanjang pertandingan. Padahal, pelatih Barca Ronald Koeman sudah memasang formasi langganan 4-3-3.

Kepergian Messi memaksa juru taktik asal Belanda itu menaruh Memphis Depay sebagai ujung tombak dan menggeser Martin Braithwaite menjadi winger kiri. Pola ini efektif di laga pembuka melawan Real Sociedad yang berakhir dengan kemenangan meyakinkan 4-2.

Namun, saat menghadapi Bilbao, pola itu mendadak melempem. Tim tamu gagal memanfaatkan peluang di babak pertama. Mereka justru kebobolan lebih dulu pada menit ke-50 lewat sontekan Inigo Martinez. Barcelona baru bisa menyamakan kedudukan melalui sepakan keras Depay pada menit ke-75. Itu sekaligus menjadi gol debutnya di bawah panji Blaugrana.

Koeman mengakui, bayangan Messi masih tertinggal di Barcelona. Ia tidak ingin menepis bahwa timnya sangat bergantung dengan sosok Messi yang sudah berbakti selama dua dekade di tim Katalunya.

"Saya tidak suka berbicara hal yang sama. Tapi, kita sedang membicarakan pemain terbaik di dunia. Lawan kami lebih merasa takut ketika Messi ada di sini," kata Koeman seperti dilansir Marca, Ahad.

"Sebelumnya, jika kami mengoper bola ke Messi, dia tidak akan kehilangan bola itu. Kami sadar tidak bisa mengubah keadaan itu," ujarnya.

Koeman juga menyadari ketajaman timnya berkurang ketika melawan Bilbao. Di saat yang sama, ia berpendapat, sang lawan memiliki kualitas di atas rata-rata sehingga menyulitkan anak buahnya.

"Ini adalah pertandingan yang hebat. Kami merasa terlalu banyak melakukan kesalahan sejak awal pertandingan. Lawan menekan kami dan memaksa bermain dengan operan pendek. Kami tidak bisa tenang pada 15 menit pertama laga," ucapnya.

Ia merasa hasil imbang pantas didapatkan Barcelona dengan gaya permainan seperti itu. Koeman mengaku puas karena sebenarnya Bilbao memiliki peluang yang besar untuk menang. Hasil imbang membuat Barcelona kini mengantongi empat poin dari dua pertandingan.

Koeman tidak mempermasalahkan kartu merah yang diterima salah satu pemainnya, Eric Garcia, di akhir pertandingan. Ia justru memberikan ucapan belasungkawa terhadap sang pemain karena baru mendapat kabar kakeknya meninggal dunia pada hari pertandingan.

"Kami baru mendapat kabar itu sebelum pertandingan. Dia pemain yang profesional. Kami mendukungnya dan menyampaikan belasungkawa terhadap situasi yang sangat personal ini," katanya.

Badai hasil imbang juga dirasakan oleh tim-tim lain. Valencia ditahan Granada dengan skor 1-1, sementara juara Liga Europa musim 2020/21, Villareal, harus puas bermain tanpa gol saat menghadapi Espanyol. Kemudian, laga Real Betis dan Cadiz juga berakhir dengan skor 1-1.

Dari empat pertandingan pada Sabtu (21/8), hanya Mallorca yang berhasil memetik kemenangan meski hanya 1-0. Gol tunggal Fer Nino pada menit ke-80 sukses membawa Mallorca memetik kemenangan perdana mereka di La Liga musim ini.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat