Pemain Liverpool Mohamed bersujud syukur setelah mencetak angka dalam pertandingan liga inggris melawan Norwich City di Stadion Carrow Road Inggris pada Sabtu 14 Agustus 2021. | AP photo/Rui Vieira

Olahraga

21 Aug 2021, 09:42 WIB

Tekad Balas Dendam Liverpool

Musim lalu, Burnley menyudahi rekor 68 laga kandang tak terkalahkan Liverpool.

ANFIELD — Pekan pembuka yang manis bakal dipertahankan oleh Liverpool pada laga kedua melawan Burnley di ajang Liga Primer Inggris 2021/2022 di Stadion Anfield, Sabtu (21/8) nanti WIB. The Reds jelas lebih diunggulkan meraih angka penuh merujuk kondisi tim saat ini.

Armada Juergen Klopp mengawali musim dengan hasil impresif setelah mencukur Norwich City 3-0 pada akhir pekan lalu. Keperkasaan the Anfield Gank terlihat seusai kembalinya sederet pilar utama.

Virgil van Dijk, Trent Alexander-Arnold, dan Joe Gomez sudah sembuh dari cedera. Dua nama pertama turun sejak menit awal pertandingan di Stadion Carrow Road.

Mohamed Salah menjadi bintang dalam kemenangan tersebut dengan kontribusi satu gol dan dua assist. Itu sekaligus membuat Salah menjadi pemain pertama dalam sejarah Liga Inggris yang mencetak gol dalam lima partai pembuka liga secara berturut-turut.

Van Dijk yang kembali bermain untuk the Reds mengaku sangat senang dengan hasil yang didapat timnya. Terlebih, kemenangan pertama jelas sangat membantu motivasi Liverpool untuk bersaing di papan atas klasemen.

Untuk itu, pesepak bola asal Belanda itu mengingatkan kepada Fabinho dan kawan-kawan agar bisa mempertahankan tren positif saat menjamu Burnley.

"Jelas kami ingin berada di atas dan bersaing memperebutkan gelar liga. Kami memiliki skuad yang fantastis dan saya kembali dengan perasaan bahagia," kata Van Dijk dilansir laman resmi Liverpool, Jumat (20/8).

Selain kembalinya deretan skuad utama, Liverpool juga lebih diunggulkan dari Burnley mengacu pada pertemuan kedua kesebelasan. Tercatat dari lima partai terakhir, the Reds sukses mengantongi tiga kemenangan, sekali imbang, dan sekali kekalahan.

Satu kekalahan itu didapat pada perjumpaan musim lalu. Mohamed Salah dan kolega menyerah dengan skor tipis 0-1 dari the Clarets di Anfield. Penalti Ashley Barnes menandai berakhirnya catatan 68 laga kandang tak terkalahkan Liverpool di Liga Primer Inggris.

Lebih lanjut, Van Dijk menegaskan, pertandingan ini bisa menjadi momentum balas dendam timnya. Apalagi, dalam partai nanti para penonton sudah diperbolehkan kembali mengisi bangku stadion.

Pelatih Burnley, Sean Dyche, mengaku timnya akan sulit mengulang kejutan seperti musim lalu ketika mempermalukan Si Merah. Namun, dia tetap percaya Chris Wood dan kolega bakal menunjukkan penampilan terbaik. "Ini bukan tugas yang mudah, tapi itu pasti bagian dari niat kami," ujar pelatih berusia 50 tahun.

Burnley mengantongi hasil negatif karena kalah dari Brighton di laga pembuka. Meski unggul terlebih dahulu lewat gol Tarkowski, Burnley harus takluk dengan skor 1-2.

Di sisi lain, partai tak kalah menarik tersaji di Stadion Etihad. Pelatih Manchester City Pep Guardiola dituntut untuk merespons kekalahan di partai pembuka kontra Tottenham Hotspur, ketika berhadapan dengan Norwich City.

"Tentu, kami ingin memenangkan semua laga. Namun, terkadang adangan seperti kekalahan kemarin ada. Ini awal yang tidak mudah bagi kami. Namun, kami paham bahwa kemenangan harus diraih akhir pekan ini melawan Norwich," kata bek Man City, Nathan Ake. ';

×