Edinson Cavani dari Manchester United merayakan setelah mencetak gol pertama timnya selama pertandingan sepak bola final Liga Europa antara Manchester United dan Villarreal di Gdansk, Polandia, Rabu 26 Mei 2021. | AP/Adam Warzawa/Pool EPA

Olahraga

Awal Langkah Iblis Merah MU

MU akan menjamu Leeds United di Stadion Old Trafford pada laga pekan pertama.

MANCHESTER  -- Manchester United (MU) akan memulai perburuan gelar Liga Primer Inggris musim 2021/2022 pada Sabtu (14/8) malam WIB.  MU akan menjamu Leeds United di Stadion Old Trafford pada laga pekan pertama dalam duel bertajuk derbi Mawar. Iblis Merah wajib membuat start awal gemilang demi trofi juara yang bertahun-tahun hilang di lemari piala.

Pelatih MU Ole Gunnar Solskjaer telah membawa perkembangan untuk United, yang dalam dua musim terakhir finis di peringkat ketiga dan kedua. Kini, pelatih asal Norwegia tidak punya alasan lagi untuk tidak membuat United jadi yang terbaik di Liga Primer Inggris. Apalagi, musim ini ia akhirnya mendapatkan Jadon Sancho, pemain yang telah lama diinginkannya untuk memperkuat lini depan Iblis Merah.

MU berhasil merayu Borussia Dortmund untuk mau melepas Sancho. Gelandang yang dipanggil ke skuad timnas Inggris di Euro 2020 lalu menjadi salah satu pemain yang aksinya patut ditunggu.

Sancho mampu bersinar bersama Dortmund sejak pindah dari Manchester City. Karena itu, kiprah Sancho di tanah kelahirannya sangat dinantikan oleh fan MU, yang selama ini hanya bisa melihatnya bertanding di Inggris atau ketika klubnya bertanding melawan klub Liga Primer. Dengan cederanya Marcus Rashford, Sancho memiliki peluang besar untuk diturunkan walaupun baru sepekan ikut berlatih bersama Paul Pogba cs.

MU sebenarnya sudah mendapatkan bek baru, Raphael Varane, yang dibeli dari Real Madrid. Namun, karena harus menjalani karantina usai tiba dari Spanyol, Varane baru akan menyelesaikan penandatanganan kontraknya akhir pekan ini sehingga telat bergabung ke tim. Meski demikian, tidak ada masalah di lini belakang MU sampai saat ini, dengan Harry Maguire, Victor Lindelof, Luke Shaw, dan Aaron Wan-Bissaka siap untuk diturunkan dalam pertandingan di Old Trafford.

Solskjaer mengatakan, persiapannya untuk menyambut musim 2021/22 lebih matang dibandingkan tahun lalu. Ia menjelaskan, kali ini memiliki waktu persiapan pramusim yang lebih panjang dan skuadnya telah berkumpul tepat waktu. Belum lagi, pemainnya juga punya waktu liburan lebih panjang dibandingkan tahun lalu yang cukup singkat karena jadwal padat.

Meski demikian, Solskjaer mengakui persiapan skuadnya belum maksimal. Ia malah menganggap tiga laga perdana di liga sebagai bagian dari persiapan pramusim. “Namun, kami butuh poin lebih banyak dibandingkan musim lalu,'' kata Solskjaer, dikutip dari laman resmi MU, Jumat (13/8).

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Manchester United (manchesterunited)

Di sisi lain, pelatih Leeds United Marcelo Bielsa menyebut pertandingan melawan United bukanlah laga yang sangat penting. Meski demikian, ia mengungkapkan kalau pemainnya telah menjadikan pengalaman musim lalu untuk menyambut musim depan. Bielsa menyebut, apa yang dilakukan timnya selama pramusim telah memberikan ketajaman kembali untuk pertandingan perdana.

Bielsa menambahkan, selama latihan pramusim kali ini, ia mencoba mengganti semua latihan sehingga ada semacam pembaruan atau evolusi dalam sumber daya yang digunakannya. ''Tujuannya selalu sama, untuk mencoba lebih baik dari apa yang menurut kami harus dilakukan. Kami mencoba mengubah pengalaman (dari musim lalu) menjadi kesimpulan,'' ujar dia.

Bielsa menjelaskan, saat ini Diego Llorente masih harus absen. Sementara, Junior Firpo dan Jamie Shackleton telah pulih dengan baik dan siap dimainkan. Sementara itu, Bielsa masih akan meninjau kondisi Kalvin Phillips, yang baru bergabung dengan skuadnya usai menjalani liburan yang lebih lama.

Menurut Bielsa, waktu latihan Phillips lebih singkat dari rekan setimnya. ''Namun, dia  melakukan ini dengan sangat serius dan dedikasi. Dia dalam kondisi memiliki opsi untuk berpartisipasi,'' kat Bielsa.

Musim lalu Leeds dipermalukan MU 2-6 di Old Trafford. Ini amat menyakitkan mengingat rivalitas kedua klub yang dipengaruhi sejarah Inggris. Derbi Mawar mengusung sejarah perseteruan prajurit daerah asal kedua klub, yakni Lancashire (MU) dan Yorkshire (Leeds), yang pada masa lalu berseteru memperebutkan tampuk kekuasaan Kerajaan Inggris. Permusuhan mengakar hingga sekarang ke lapangan hijau.

Leeds dipastikan tak ingin kembali menelan malu. Sebab, mereka sebenarnya punya kapasitas untuk memberikan perlawanan lebih, apalagi mengingat gengsi laga ini. Dalam pertandingan di Elland Road, Leeds menahan United tanpa gol. Leeds bisa memanfaatkan kekuatan MU yang pincang karena beberapa pemain utama masih absen dengan berbagai alasan.

Secara keseluruhan, sepanjang sejarah, rekor pertemuan kedua tim masih didominasi MU dengan 48 kemenangan berbanding 27 milik Leeds. Selebihnya, 36 laga berakhir imbang. Leeds United belum pernah menang di Old Trafford sejak Februari 1981.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat