Karim Benzema dari Real Madrid, kiri, menantang bola dengan pemain Chelsea Antonio Rudiger pada pertandingan leg kedua semifinal Liga Champions antara Chelsea dan Real Madrid di Stamford Bridge di London, Rabu, 5 Mei 2021. | AP/Alastair Grant

Olahraga

14 Aug 2021, 10:58 WIB

Lawan Empuk Madrid

Madrid berada pada urutan kedua di belakang Atletico Madrid di klasemen akhir kompetisi papan atas Spanyol musim lalu.

JAKARTA -- Real Madrid boleh dibilang beruntung. Saat kekuatan Los Blancos belum 100 persen karena awal musim dan cedera pemain, mereka bakal menghadapi tim gurem Deportivo Alaves pada laga pembuka La Liga Spanyol musim 2021/2022. Madrid menargetkan tiga poin maksimal ketika bertandang ke Estadio de Mendizorroza pada Ahad (15/8) dini hari WIB.

Madrid berada pada urutan kedua di belakang Atletico Madrid di klasemen akhir kompetisi papan atas Spanyol musim lalu. Adapun Alaves mengakhiri musim di posisi ke-16, hanya empat poin di luar zona degradasi. Dalam laga kandangnya melawan Real Madrid di La Liga musim lalu, Deportivo Alaves takluk 1-4. Alaves kalah 26 kali dan cuma menang 4 kali dalam 32 pertemuan dengan Real Madrid di La Liga sejauh ini.

Hanya, pelatih Madrid Carlo Ancelotti akan kehilangan sejumlah pemain penting untuk pertandingan tersebut. Toni Kroos absen karena keluhan pinggul. Ferland Mendy, Dani Carvajal, dan Alvaro Odriozola juga cedera yang membuat pilihan di lini belakang berkurang. Sementara, Eden Hazard sedang berjuang kembali dari masalah hamstring. Pemain internasional Belgia itu mungkin tidak akan mengambil risiko bermain.

Kondisi ini membuka peluang bagi Rodrygo, Luka Jovic, dan Vinicius Junior main bersama di lini depan. Syaratnya, Karim Benzema masih dianggap belum layak bermain setelah terkena Covid-19. Jika penyerang Prancis itu bisa turun, satu tempat di lini depan dipastikan jadi miliknya.

Benzema sejauh ini menjadi ujung tombak Madrid dan timnas Prancis. Dalam usianya yang sudah 33 tahun, ia masih mampu membukukan empat gol dari empat penampilannya untuk timnas Prancis di Euro 2020.

Ancelotti akan melihat perkembangan terakhir sebelum menentukan skuadnya. “Kami akan berusaha mengambil kemenangan dengan pemain yang tersedia,” kata Ancelotti dalam konferesi pers, Jumat (13/8).

Bagi Alaves, ini akan menjadi musim keenam berturut-turut mereka untuk berlaga di papan atas Spanyol, tetapi jauh dari kiprah yang mengesankan. Catatan sembilan kemenangan, 11 seri, dan 18 kekalahan dari 38 pertandingan membuat mereka hanya mengumpulkan 38 poin pada musim lalu.

Sebab itu, pasukan Javier Calleja mempersiapkan diri dengan memainkan banyak pertandingan persahabatan pada musim panas ini. Tujuh pertandingan dilahap, termasuk kemenangan 1-0 atas Levante dalam pertandingan pramusim terakhir mereka pada 6 Agustus.

Alaves juga sibuk mempersiapkan materi pemain dan telah mendatangkan Toni Moya, Taichi Hara, Ivan Martin, Manu Garcia, Florian Lejeune, Mamadou Loum, dan Facundo Pellistri. Semuanya tiba di klub, baik dengan kesepakatan permanen atau angsuran, dengan Pellistri kembali dari Manchester United setelah musim yang sukses sebelumnya.

Pada musim lalu, El Glorioso berhasil meraih 24 poin dari 19 pertandingan liga kandang. Namun, pada pembukaan musim ini, mereka akan menyambut tim yang memiliki rekor tandang terbaik di La Liga 2020/2021.

Carlo Ancelotti bakal memburu tiga poin pada pertandingan pertamanya untuk memberikan kesan kuat kepada fan Madrid. Apalagi, Madrid dikritik karena perjalanan yang kurang konsisten pada musim lalu. Fakta bahwa mereka mengakhiri musim tanpa memenangkan salah satu dari tiga trofi utama, Copa del Rey, La Liga, Liga Champions, mengecewakan para pendukung.

Hanya, saat itu Madrid dilatih Zinedine Zidane. Ini dapat menjadi alasan Ancelotti untuk berlepas dari pencapaian musim lalu dan menjanjikan hasil berbeda musim ini.

Luis Suarez absen dalam laga Atletico

Luis Suarez dipastikan absen pada laga perdana Atletico Madrid di kompetisi La Liga. Atletico Madrid akan menghadapi Celta Vigo di Stadion Balaidos, Vigo, Ahad (15/8).

Luis Suarez diperkirakan tidak akan menjadi starter di laga pembuka ini. Pemain Uruguay ini telat bergabung dengan tim setelah membela timnasnya di ajang Copa America.

Suarez menjadi salah satu pemain asing yang baru kembali ke klub pada 2 Agustus lalu. Hal ini membuatnya melewatkan beberapa masa persiapan di pramusim musim panas ini.

Selain Suarez, ada nama Kieran Trippier dan Renan Lodi yang juga diperkirakan tidak siap bertanding. Hal ini membuat Angel Correa akan disiapkan untuk mencetak gol dan memperkuat lini depan mereka.

Correa tampil secara reguler musim lalu dengan perannya sebagai striker kedua dengan sembilan gol dan delapan assist. Di laga pembuka ini, dia siap memimpin lini depan untuk menutup tim yang kehilangan Suarez.


×