Lionel Messi menangis saat memulai konferensi pers di Stadion Camp Nou Barcelona Ahad 8 Agustus. | AP/Joan Monfort

Olahraga

Barcelona Lupakan Messi

Barcelona menaklukkan Juventus 3-0 dalam laga Trofi Joan Gamper.

BARCELONA — Barcelona seperti ingin secepat mungkin menunjukkan mereka baik-baik saja selepas ditinggal sang kapten Lionel Messi. Barcelona menaklukkan Juventus 3-0 dalam laga Trofi Joan Gamper di Stadion Johan Cruyff, Barcelona, Senin (9/8) dini hari WIB.

Laga tersebut berlangsung hanya beberapa jam setelah Messi menyampaikan kata perpisahan yang mengharukan di hadapan media, pemain, dan direksi klub. Barcelona sudah unggul saat laga berjalan tiga menit ketika serangan balik mereka dituntaskan pemain baru Memphis Depay.

Pada menit ke-10, penonton memberikan tepuk tangan selama satu menit sebagai bentuk penghormatan kepada Messi yang terpaksa meninggalkan Barcelona. Angka tersebut merupakan nomor punggung La Pulga.

Barcelona nyaman dengan penguasaan bolanya. Para pemain belakang Blaugrana bisa meredam aksi Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan.

Martin Braithwaite menggandakan keunggulan pada menit ke-57 melalui sundulan memanfaatkan umpan pojok. Pelatih Barcelona Ronald Koeman memasukkan Riqui Puiq, Nico Gonzales, dan Alex Balde pada babak kedua. Puiq kemudian mencetak gol penutup Barcelona melalui tendangan melengkung yang indah pada menit kedua injury time.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by FC Barcelona (fcbarcelona)

Ini merupakan laga pertama Barcelona selepas Messi mengumumkan kepergiannya. Pemain internasional Argentina tersebut biasanya mengisi posisi penyerang kanan pada era Koeman. Ia terkadang ditarik turun sedikit ke bawah sebelah kanan jika Koeman menggunakan formasi satu penyerang.

Pada laga kontra Juventus, Koeman menurunkan Braithwaite sebagai ujung tombak dalam formasi 4-2-3-1. Posisi Messi di sisi kanan diisi oleh Antoine Griezmann yang tampil apik. Sementara tempat Griezmann di kiri dihuni Depay.

Tak banyak yang berubah selain posisi yang ditinggalkan Messi pada starting XI dalam laga tersebut. Koeman memberikan kepercayaan kepada Neto sebagai penjaga gawang. Gerard Pique dan Ronald Araujo berduet sebagai bek tengah. Jordi Alba dan Sergino Dest mengisi posisi bek kanan dan kiri.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Leo Messi (leomessi)

Sergio Busquet dan Sergi Roberto dipasang sebagai gelandang di depan bek tengah. Di belakang striker utama, ada Griezmann, Yusuf Demir, dan Depay.

Koeman mendorong Barcelona untuk segera melangkah setelah kepergian Messi. Ia mengatakan tak ada waktu memikirkan kehilangan Messi berlarut-larut. Ia menganggap wajar banyak orang sulit menerima kepergian La Pulga, tapi tim harus terus maju karena situasi tak akan bisa diubah untuk saat ini.

“Kami harus bermain bagus, menang, dan bekerja lebih keras lagi. Ada pemain lain yang bisa bermain di posisinya dan memainkan peran penting di tim,” kata Koeman seusai pertandingan, dilansir dari Marca.

Ia mencoba meyakinkan penggemar bahwa kepergian Messi bukan sebuah tanda terhentinya era keemasan Barcelona. Ia menyebut Depay sebagai pemain sangat efektif untuk menjadi pengganti Messi. Karena itu, ia meminta seluruh pihak di Barcelona optimistis menatap masa depan.

"Tidak ada gunanya memikirkan masa lalu. Ada banyak talenta menjanjikan di tim ini,” ujarnya.

Ia berharap timnya akan lebih baik ketika beberapa pemain yang bermain di Olimpiade Tokyo kembali ke tim. Ia mengeklaim Barcelona berada di jalur yang benar untuk mendapatkan hasil baik pada pertandingan pertama La Liga.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Republika Online (@republikaonline)

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat