Petugas menurunkan sampah dari atas KM Umsini yang menjadi lokasi isolasi terpusat bagi pasien Covid-19 tanpa gejala (OTG) di Makassar, Sulawesi Selatan, Ahad (8/8/2021). | ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/wsj.

Nasional

Konser Amal untuk Kapal Isoman Terapung

Dalam konser tersebut sejumlah artis dan atlet Tanah Air mendonasikan memorabilianya untuk dilelang.

JAKARTA -- Kementerian Perhubungan dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menginisiasi hadirnya Kapal Isoman Terapung bekerja sama dengan PT Pelni.

Pada Ahad (8/8) malam, “Konser Amal Indonesia Tangguh” digelar bersama Emtek Grup untuk menggalang dana dalam membantu terwujudnya kapal isoman terapung.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, di saat kasus Jawa dan Bali mulai melandai, kondisi di luar Jawa dan Bali justru mengalami peningkatan, sehingga diperlukan persiapan untuk penanganan kasus Covid-19.

Erick menyebut berbagai upaya telah dilakukan, seperti konversi Wisma Haji, Wisma Atlet, dan pembangunan Rumah Sakit Modular di Tanjung Duren. Selain itu, penggunaan kapal milik Pelni untuk sementara waktu menjadi kapal isolasi mandiri agar masyarakat yang berada di pulau-pulau dapat terjaga kesehatannya.

"Saya akan pastikan kapal isolasi mandiri ini dapat beroperasi dengan baik dan melayani pasien dengan fasilitas yang memadai. Ayo kita terus bergandengan tangan bersama-sama memerangi pandemi ini," kata Erick, dikutip dari siaran pers.

photo
Sejumlah pasien Covid-19 tanpa gejala (OTG) berjemur di atas KM Umsini, Makassar, Sulawesi Selatan, Ahad (8/8/2021). Hingga saat ini sebanyak 84 pasien Covid-19 tanpa gejala melakukan isolasi apung di atas KM Umsini dan dua di antaranya dirujuk ke rumah sakit. - (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/wsj.)

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyambut positif kepedulian terhadap masyarakat yang terpapar Covid-19. Salah satunya adalah melalui adanya kapal isoman terapung bekerja sama dengan PT Pelni.

"Kepedulian kapal isoman terapung ini sudah dilakukan di Makassar, yang selanjutnya akan diikuti di tujuh kota," ujar Budi.

Ia menargetkan tujuh kota lain untuk penyediaan Kapal Isolasi Terpusat Terapung seperti Medan, Padang, Palembang, Lampung, Balikpapan, Bitung, dan Sorong.

Dalam konser tersebut sejumlah artis dan atlet Tanah Air mendonasikan memorabilianya untuk dilelang. PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk berdonasi melalui lelang barang memorabilia atlet bulutangkis Apriyani Rahayu berupa sepatu senilai Rp 1 miliar.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Pelayaran Nasional Indonesia (pelni162)

Direktur Human Capital Management Telkom Afriwandi menyampaikan apresiasi atas prestasi putra-putri bangsa Indonesia yang telah mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional, Olimpiade Tokyo 2020.

Afriwandi menilai suatu kebanggaan bagi Telkom berkesempatan untuk mendapatkan memorabilia sepatu Apriyani Rahayu. "Terlebih hasil lelang memorabilia ini akan digunakan untuk kebutuhan isoman di Kapal Isolasi Terpusat Terapung Pelni di delapan lokasi dan tempat-tempat lain nantinya," kata Afriwandi.

Donasi yang diperoleh dari hasil lelang barang memorabilia dan bantuan langsung dari masyarakat akan disalurkan langsung oleh Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih untuk membiayai kegiatan isoman di kapal terapung.

Turut berpartisipasi dalam acara tersebut Bank Mandiri, BRI, PLN, dan perusahaan lainnya. Konser Amal Indonesia Tangguh berhasil menghimpun total dana senilai Rp 15,8 miliar.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Pelayaran Nasional Indonesia (pelni162)

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat