Gelaran Huawei Connect 2020 | Dok Huawei Tech Investment
06 Aug 2021, 07:19 WIB

Solusi Pemulihan Melalui Teknologi

Inovasi digital menjadi kunci untuk mempercepat pemulihan di masa pandemi.

Penyedia solusi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) global Huawei kembali menegaskan komitmennya untuk turut andil dalam kegiatan kepakaran dan pengetahuan di bidang TIK. Pekan lalu, Huawei Indonesia menjadi panelis dalam ajang International Conference on Information and Communication Technology (ICoICT) 2021 yang diselenggarakan di universitas TIK terkemuka di Indonesia, Telkom University.

Mengangkat tema “Inovasi Digital untuk Pemulihan Pasca-Pandemi”, ICoICT kesembilan yang digelar secara daring ini menyediakan forum terbuka bagi pakar-pakar dari lembaga riset, perguruan tinggi, pemerintah, serta industri untuk saling bertukar gagasan tentang solusi-solusi teknologi yang paling tepat. Demi, mempercepat pemulihan sosioekonomi yang disebabkan pandemi Covid-19.

Chief Technology Officer Huawei Cloud Asia Pasifik, Wu Shiwei, menegaskan kembali komitmen panjang selama lebih dari 21 tahun pihaknya dalam mendukung perjalanan transformasi digital Indonesia.

”Sejalan dengan tema yang kami sampaikan dalam ICoICT 2021, Huawei percaya solusi cloud merupakan jawaban atas berbagai tantangan-tantangan tersebut, khususnya bagaimana menghadirkan solusi untuk kebutuhan produktivitas jarak jauh yang berkelanjutan bagi semua ekosistem organisasi termasuk SDM,” ujarnya. 

Terkait

photo
The Huawei logo is seen at the IFA consumer technology fair, in Berlin, Germany September 3, 2020. - (REUTERS/Michele Tantussi)

Selama pandemi, ia melanjutkan, Huawei Indonesia telah mengontribusikan solusi-solusi berbasis cloud bagi sektor-sektor esensial. Seperti dunia kesehatan dan pendidikan, baik untuk percepatan diagnosis pasien yang terinfeksi virus Covid-19, telemedicine untuk efektivitas pengobatan tanpa harus berinteraksi fisik secara langsung, maupun peningkatan terselenggaranya kegiatan belajar-mengajar secara daring.

Senada, Kepala BPPT Dr Ir Hammam Riza MSc, menyampaikan, saat ini, inovasi digital menjadi kunci untuk mempercepat pemulihan dan pertumbuhan pasca pandemi. Inovasi pun perlu melibatkan kolaborasi berbagai pihak secara quad-helix

Termasuk pemerintah, industri, akademisi dan komunitas, di berbagai sektor, sebagai inisiatif untuk mengembangkan ekonomi yang didasarkan pada inovasi. Menurutnya, dukungan TIK global, termasuk Huawei Indonesia, telah berkontribusi dalam upaya menemukan solusi yang secara nyata bagi percepatan pemulihan seluruh ekosistem secara keseluruhan. 

 

 
Huawei percaya solusi cloud merupakan jawaban atas berbagai tantangan untuk menghadirkan solusi  kebutuhan produktivitas jarak jauh. 
WU SHIWEI, Chief Technology Officer Huawei Cloud Asia Pasifik
 
 


×