Pemain Basket Amerika Zach LaVine sedang membawa bola dalam sebuah pertandingan. | AP/Jed Jacobsohn/FR170650 AP

Olahraga

Tim Basket Amerika Tunjukkan Keperkasaan

Tim Basket Amerika mencoba bangkit perlahan.

TOKYO – Tim basket putra Amerika Serikat (AS) berhasil melaju ke babak semifinal usai mengalahkan pesaing mereka Spanyol dengan skor akhir 95-81 pada partai perempat final Olimpiade Tokyo 2020 yang berlangsung di Saitama Super Arena, Selasa (3/8) siang WIB.

Kevin Durant dan kolega mendapat perlawanan sengit dari Spanyol yang dimotori oleh Ricky Rubio. Bahkan, pada kuarter pertama Negeri Matador mampu unggul 21-19 dari AS.

Pertahanan rapat Spanyol membuat para pemain AS kesulitan untuk mendulang angka. Itu sekaligus membuat Rubio dan kawan-kawan unggul hingga dua digit di pertengahan kuarter kedua.

Tak ingin terus berada di bawah tekanan, Amerika Serikat mencoba bangkit perlahan. Anak asuh Gregg Popovich sukses mendulang lima poin beruntun lewat Kevin Durant memangkas ketertinggalan hingga menyamakan skor pada kuarter kedua.

Memasuki kuarter ketiga, AS makin nyaman. Zach LaVine dan kolega mampu menjauh dengan unggul 15 angka meski Spanyol tetap memberikan perlawanan sengit.

Aksi-aksi Devin Booker, LaVine, dan Damian Lillard mengembalikan dua digit keunggulan Amerika di awal kuarter empat. Spanyol mencoba terus memangkas jarak lewat tembakan ajaib Rubio. Namun, lima angka beruntun dari Jrue Holiday mengakhiri perlawanan Spanyol dengan nilai 95-81.

Durant keluar sebagai bintang pada pertandingan kali ini dengan catatan 29 angka diikuti Jrue Holiday dengan catatan 12 angka. Sedangkan, di kubu Spanyol point guard milik Minnesota Timberwolves Rubio menyumbang 38 angka.

Pada laga ini, Kevin Durant menjadi bintang kemenangan Amerika Serikat di perempat final basket Olimpiade. Ia mencetak 29 poin untuk mempertahankan usahanya meraih gelar Olimpiade ketiga, saat Amerika mengalahkan Spanyol 95-81, dan melaju ke semifinal.

"Kami hanya harus menyelesaikannya. Harus menyelesaikannya. Kami seharusnya berada di sini. Bagi kami, ini tentang mendapatkan emas," kata Durant, dikutip Wralsportsfan, Selasa (3/8).

Jayson Tatum mencetak 13 poin dan Jrue Holiday menambahkan 12 poin untuk AS yang akan bermain melawan Australia atau Argentina di semifinal. Amerika juga memiliki kesempatan untuk memperpanjang rekor dalam sejarah bola basket Olimpiade dalam semua 18 penampilan bola basket putra Olimpiade sebelumnya, selalu pulang dengan medali.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by NBA slovak fanpage [3.2k] (nba_sk)

Ricky Rubio tampil brilian untuk Spanyol, mencetak 38 poin, Sergio Rodriguez menambahkan 16 dan Willy Hernangomez mencetak 10. Damian Lillard mencetak 11 dan Zach LaVine menambahkan 10 untuk AS. Itu tidak mudah buat AS. Ini adalah kelima kalinya kedua tim bertemu di perempat final Olimpiade sejak 2004. AS sekarang menang 5-0 dalam pertandingan itu, tetapi margin kemenangan dalam pertandingan itu mendekati standar Olimpiade Amerika, yaitu 9,2 poin.

Spanyol sebenarnya memimpin 10 poin pada kuarter kedua, sebelum AS mengubah skor menjadi 36-10 selama sembilan menit berikutnya untuk mengambil kendali selama sisa pertandingan. "Itu adalah dorongan besar. Kami tidak ingin tertinggal dua digit. Kami tahu kami tidak ingin kalah besar melawan tim ini," ungkap Durant.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by NBA slovak fanpage [3.2k] (@nba_sk)

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat