Kantor LRT di Jakarta. | Erdy Nasrul
03 Aug 2021, 15:05 WIB

Cegah Korban Kebakaran, LRT Evakuasi Seluruh Karyawan

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran kantor LRT.

JAKARTA -- Manajemen Light Rail Transit (LRT) mengevakuasi seluruh karyawan untuk menghindari korban jiwa dalam insiden kebakaran di Kantor MCC Depo LRT Jakarta.

"Fokus utama kami yaitu melakukan proses evakuasi yang telah dilakukan saat insiden terjadi. Proses berlangsung lancar, seluruh petugas dan karyawan selamat dan tidak mengalami cedera," kata Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan PT LRT Jakarta, Ira Yuanita, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (3/8). 

"Fokus utama kami yaitu melakukan proses evakuasi yang telah dilakukan saat insiden terjadi. Proses berlangsung lancar, seluruh petugas dan karyawan selamat dan tidak mengalami cedera," kata Ira.

Pihaknya menjelaskan, kantor MCC Depo LRT Jakarta dikejutkan dengan bunyi yang cukup keras di Lantai 4. Pada saat insiden terjadi, titik api hanya terdapat di satu ruangan dan tidak menyebar ke tempat lain. Seluruh fungsi gedung yang berkaitan dengan keselamatan salah-satunya adalah water sprinkler berfungsi normal sehingga sebelum petugas Pemadam Kebakaran sampai di lokasi, api sudah berhasil dipadamkan, dan sudah tervalidasi oleh sistem.

Terkait

Ira Yuanita mengungkapkan, kejadian ini sempat mempengaruhi perjalanan kereta yang terhenti di posisi masing-masing selama 23 menit pada pukul 09.10 WIB hingga 09.33 WIB. Saat ini operasional kereta sudah berlangsung normal dan dapat melayani masyarakat kembali.

PT LRT Jakarta tengah melakukan proses investigasi untuk menyelidiki sumber suara keras tersebut, dan memastikan pemulihan kondisi maupun keselamatan serta keamanan seluruh karyawan, aset sarana dan prasarana pendukung operasional.

Kebakaran yang melanda kantor LRT Kelapa Gading, Jakarta Utara, mengakibatkan tiga lantai hangus. Penyebab kebakaran ini disebut karena korsleting pada mesin pendingin ruangan/AC di lantai empat gedung. "Luas area yang terbakar sekitar 1800 meter persegi. Yang terbakar adalah lantai 4, 5 dan lantai 6," kata Humas Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta Mulat Wijayanto, dalam keterangannya, Selasa (3/8). 

Sebelum kebakaran terjadi, sejumlah pegawai mendengar suara atap runtuh di gedung Main Control Center LRT Jakarta itu. Lalu terlihat banyak asap.  "Dugaan penyebab kebakaran ini adalah korsleting pada listrik AC bagian luar di lantai 4," ujarnya. 

Kebakaran yang terjadi pada Sabtu pukul 09.14 WIB ini berhasil dipadamkan pukul 12.36 WIB. Pemadaman dilakukan 11 mobil pemadam dan 66 personel.  Mulat memastikan tak ada korban jiwa dalam insiden ini. Adapun kerugian materil ditaksir Rp 150 juta. 

 


×