Virgoun | Youtube
02 Aug 2021, 07:48 WIB

Tembang Manis Virgoun untuk Orang Terkasih 

Ini pertama kalinya Virgoun menciptakan lagu yang tak dinyanyikan oleh dirinya sendiri.

OLEH FARAH NABILA NOERSATIVA

Nuansa indah nan menyejukkan terdengar lewat musik besutan Virgoun. Dia bersama Aminda mempersembahkan tembang anyar “Tiada Cinta Selain Kamu”. Suara lembut Aminda menambah manis. Terdengar betul dia amat menjiwai makna istimewa di dalam lagu, yaitu tentang cinta yang tulus dari seseorang.  

Pemilik nama lengkap Amindana Chinika ini menekankan rasa cinta dalam lagu ini tak hanya bisa diaplikasikan kepada pasangan, tetapi juga bisa kepada keluarga dan sahabat. “Pokoknya kepada orang-orang yang kalian hargai dan apresiasi dan ingin menyatakan cinta,” kata Aminda dalam peluncuran lagu tersebut yang disimak secara virtual, Rabu (28/7).

Secara khusus, penyanyi berusia 19 tahun ini mempersembahkan lagu tersebut untuk ibundanya tersayang yang saat itu tengah berulang tahun. Sembari menangis terharu, Aminda mengucapkan selamat ulang tahun kepada ibundanya, mendoakannya agar sehat dan bahagia selalu. “Yang terpenting, tiada cinta selain kamu,” ujar Aminda. 

Virgoun bertindak sebagai komposer. Menurut dia, para pendengar bisa memiliki perspektifnya masing-masing saat menginterpretasikan lagu ini. Mereka bisa mempersembahkan lagu tersebut kepada siapa saja.

Dia percaya, lagu cinta atau lagu bahagia bisa dipersembahkan dari satu orang ke satu orang yang lain. “Bisa dikasih ke orang yang disayang, dikasih ke orang tua, orang-orang bisa punya pemikirannya sendiri,” kata Virgoun menjelaskan. 

Ini adalah kali pertama Virgoun mengompos lagu yang tidak dinyanyikan oleh dirinya sendiri. Sebelum peluncuran lagu, Virgoun beberapa kali melakukan workshop bersama Aminda. Hal itu membuat Virgoun menjadi lebih kenal dan semakin menyukai tipe vokal dari Aminda.

Dari workshop tersebut, Virgoun berpikir bagaimana cara agar Aminda bisa menyampaikan isi dari lagu tersebut. Virgoun pun mencocokkan visi dari apa yang dia buat pada lagu itu dengan karakter vokal dari Aminda.

“Akhirnya, alhamdulillah workshop-nya lancar, proses kreatifnya juga seru banget waktu di studio,” ujarnya.

Penyanyi bernama lengkap Virgoun Putra Tambunan itu merasa karakter suara Aminda bisa menyampaikan apa yang ditulisnya. Tipe suara yang lembut khas Aminda sangat memenuhi keinginan Virgoun di mana orang-orang bisa mendapatkan kesan tulus darinya.

“Karena halus banget suaranya, jadi orang bisa lebih fokus mendengarkan liriknya, kata per kata,” ujar Virgoun.

Proses kreatif pembuatan lagu ini sendiri berlangsung sekitar dua bulan. Setelah workshop, Virgoun melakukan pengerjaan musik pada lagu tersebut sembari Aminda melakukan pelatihan vokal. 

Mantan vokalis band Last Child ini menyebut, tembang “Tiada Cinta Selain Kamu” terinspirasi dari sebuah ikrar dahsyat yang diaplikasikannya ke dalam komitmen cinta antarsesama manusia. Virgoun mengaku terinsiprasi dari kalimat syahadat. 

Menurut dia, kalimat syahadat merupakan ikrar yang sangat sakral. Virgoun mencoba membuat kalimat-kalimat yang terbentuk pada lirik “Tiada Cinta Selain Kamu”, tetapi berdasarkan rasa tulus yang terkandung pada kalimat syahadat.

Gue sedikit membuat presentasi dari cintanya Allah ke kita, karena cinta yang paling besar itu kan cintanya Allah ke kita ya. Tidak akan berbalas,” kata dia.

Selanjutnya, semangat dari kalimat tersebut dia implementasikan ke sebuah komitmen cinta dan kesetiaan antarmanusia yang dibawa hingga tutup usia. Virgoun menjelaskan, melalui lagu ini, dia ingin menyampaikan bahwa cinta sejati itu masih ada dan bukan hanya sekadar dongeng atau cerita picisan. “Inginnya lagu ini bisa jadi anthem buat mereka yang ingin bilang cinta, tapi nggak bisa puitis,” ujarnya.

Baik Virgoun dan Aminda tidak menutup kemungkinan untuk kembali bekerja sama pada kemudian hari. Virgoun masih memiliki satu lagu lagi yang disiapkan untuk Aminda.

Aminda sebelumnya dilirik oleh musisi Yovie Widianto. Pada November 2020 lalu, single “Dua Centang Biru” yang digarap oleh Yovie Widianto untuk Aminda sukses menarik perhatian penikmat musik.

Selain merilis lagu, Aminda juga mempersembahkan sebuah video musik dari lagu ini. “Tiada Cinta Selain Kamu” adalah lagu pembuka cerita perjalanan kedua sahabat laki-laki dan perempuan. Sementara, Aminda akan menelurkan single berikutnya sebagai lanjutan sekaligus penutup cerita mereka.

Video musik ini digarap oleh Candi Soeleman. Aktris Jessica Mila dan aktor Bryan Domani menjadi model video. Tayangan video menceritakan Bryan yang merupakan sahabat Mila yang terpanggil untuk menghibur Mila saat patah hati karena hubungannya yang kandas. Yang tidak disadari Mila, sosok pria yang selama ini dicarinya justru berada tidak jauh darinya.

Latar tempat dari video musik ini adalah Pulau Bali. Menurut Aminda, ada suasana yang indah dan menarik dari Bali yang membuat video musik ini memiliki latar tempat di Bali. “Aura dan suasana Bali terbawa ke video musik ini dan tentunya lokasi-lokasinya yang indah sangat cocok untuk jalan cerita ini,” kata Aminda. 

Single “Tiada Cinta Selain Kamu” bisa dinikmati dalam saluran Youtube Aminda. Lagu ini juga bisa diperdengarkan di semua platform musik digital, seperti Youtube Music, Spotify, iTunes, Joox, dan Langit Musik.


×