Raphael Varane dari Prancis memberi hormat kepada para penggemar setelah pertandingan grup F kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Prancis dan Jerman di Allianz Arena di Munich, Jerman, Selasa, 15 Juni 2021. Prancis memenangkan pertandingan 1-0. | AP/Matthias Schrader
30 Jul 2021, 15:44 WIB

Raphael Varane Menuju Old Trafford

Raphael Varane ditebus Manchester United dari Real Madrid seharga Rp 855 miliar.

MANCHESTER — Bek tengah Manchester United, Harry Maguire, sepertinya tidak akan lagi kesepian dalam menjaga jantung pertahanan Setan Merah pada musim depan. Kerap dianggap tidak memiliki tandem dengan kualitas sepadan, Maguire kemungkinan besar akan ditemani oleh salah satu pemain yang dianggap sebagai salah satu bek tengah papan atas Eropa saat ini, Raphael Varane.

Bek tengah berusia 28 tahun itu tinggal selangkah lagi dan tinggal menunggu waktu untuk berganti seragam—dari jersi putih Real Madrid ke seragam merah milik Manchester United pada musim depan. Rumor kepindahan Varane ke United, yang telah bergulir sebelum gelaran Euro 2020, telah bergerak ke arah yang lebih terang benderang.

Rumor kepindahan Varane pun seolah tinggal menunggu kepastian berupa hasil tes medis dan pengumuman resmi penandatanganan kontrak. Biasanya dua hal ini cenderung dianggap sebagai formalitas dalam kepindahan seorang pemain di jendela transfer, tidak terkecuali dalam kasus kepindahan Varane.

''Manchester United dengan lega mengumumkan telah mencapai kata sepakat dengan Real Madrid soal kepindahan pemain internasional Prancis dan peraih gelar juara Piala Dunia, Raphael Varane. Kepindahan tinggal menunggu tes medis dan finalisasi kontrak pemain,'' demikian pernyatan United di laman resmi klub, Selasa (27/7) malam waktu setempat.

Terkait

Beberapa jam seusai pengumuman United itu, giliran Los Blancos yang mengumumkan soal kesepakatan kepindahan pemain yang telah membela Madrid selama satu dekade itu.

''Real Madrid ingin mengucapkan rasa terima kasih yang besar kepada Varane dan keluarga serta selalu mendoakan yang terbaik buat perjalanan selanjutnya di kariernya,'' begitu pernyataan resmi Madrid.

Kendati tidak mencantumkan soal biaya transfer, sejumlah media olahraga Eropa menyebut, Varane ditebus United dengan nilai transfer mencapai 42,7 juta poundsterling atau sekitar 50 juta euro (Rp 855 miliar). Nilai transfer ini kabarnya sesuai dengan permintaan Madrid.

Karena itu, proses negosiasi antara kedua klub dilaporkan tidak berlangsung lama. Hanya kurang dari dua pekan sejak United secara resmi mengungkapkan ketertarikan untuk memboyong Varane, kedua klub sudah mencapai kata sepakat soal kepindahan mantan bek tengah Lens tersebut.

Di United, Varane kabarnya akan diikat dengan durasi kontrak selama empat tahun dengan opsi perpanjangan selama satu tahun berikutnya. Bahkan, sebelum kesepakatan antara kedua klub tercapai, Varane sudah sempat dikabarkan telah mencapai kesepakatan personal dengan United.

Varane diharapkan sudah berada di Inggris pada akhir pekan ini. Setelah menjalani masa karantina selama pencegahan penyebaran Covid-19, Varane dijadwalkan menjalani tes medis dan penandatanganan kontrak di markas besar United di Carrington pada pekan depan.

Kehadiran Varane pun akan memperkaya opsi pemain di jantung pertahanan yang bakal dimiliki pelatih Ole Gunnar Solskjaer pada musim depan. Selain Maguire, United telah memiliki Victor Lindelof, Eric Bailly, Phil Jones, dan Axel Tuanzebel. Varane pun diharapkan membuat debutnya pada laga Liga Inggris melawan Leeds United di Old Trafford pada 14 Agustus mendatang.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Raphael Varane (raphaelvarane)

Data Statistik Varane

Nama: Raphael Varane

Kewarganegaraan: Prancis

Posisi: Bek tengah

Catatan Penampilan selama 10 musim memperkuat Real Madrid (dari musim 2011/2012 hingga 2020/2021)

Main: 360 caps

—- 236 laga La Liga

—- 24 laga Copa del Rey

—- 83 laga Liga Champions

Gol: 17 gol di semua ajang

Assist: 7 assist di semua ajang

Gelar:

—- 3 titel juara La Liga

—- 1 titel juara Copa del Rey

—- 4 titel juara Liga Champions

—- 4 titel juara Piala Dunia Antarklub

—- 3 titel juara Piala Super Eropa

Valuasi nilai transfer: 70 juta euro (hingga 1 Juni silam)

sumber: Transfermarkt


×