Reaksi pemain Manchester United Paul Pogba dari Prancis dalam pertandingan sepak bola Liga Utama Inggris antara Burnley dan Manchester United di Burnley, Inggris, Selasa, 12 Januari 2021. Manchester memenangkan pertandingan 1-0 dengan gol dari Pogba | AP/Peter Powell/POOL EPA
30 Jul 2021, 15:13 WIB

Godaan Les Parissiens untuk Pogba

MU dikabarkan mengalami kesulitan membujuk Pogba menandatangani kontrak anyar.

PARIS -- Geliat Paris Saint-Germain (PSG) pada jendela transfer pemain musim panas ini masih belum menunjukkan sinyal berhenti. Setelah memboyong lima pemain anyar, Les Parissien dikabarkan tengah membidik gelandang Manchester United, Paul Pogba.

Setidaknya, ada satu aspek yang membuat PSG berada dalam posisi menguntungkan untuk memboyong Pogba dari Old Trafford. Dari aspek kontrak dengan United, gelandang berusia 28 tahun itu tinggal menyisakan satu tahun. Jika tidak menandatangani kontrak baru, Pogba bisa melakukan negosiasi prakontrak dengan klub lain pada Januari 2022 mendatang.

Apabila tidak mau kehilangan Pogba dengan status free transfer untuk kedua kalinya, United harus membujuk gelandang timnas Prancis itu agar meneken kontrak anyar. Opsi lain yang tersedia bagi United adalah dengan menerima pinangan klub lain untuk memboyong Pogba pada jendela transfer musim panas kali ini.

Kendati begitu, United justru dikabarkan mengalami kesulitan dalam membujuk Pogba menandatangani kontrak anyar. Meski pelatih United, Ole Gunnar Solskjaer, sempat mengeklaim negosiasi perpanjangan kontrak masih terus berjalan, rumor yang berkembang menyebut progres negosiasi malah bergerak ke arah yang tidak diharapkan.

Terkait

Dalam laporannya, Sky Sports mengabarkan kalau Pogba bakal menolak tawaran perpanjangan kontrak. Negosiasi antara kedua pihak, manajemen United dan Pogba— yang diwakili agen pemain, Mino Raiola—masih mengalami kebuntuan dan tidak menunjukkan sinyal positif. Agaknya, rumor ketertarikan sejumlah klub-klub besar, seperti PSG, Real Madrid, dan Juventus, mulai memengaruhi sikap Pogba terkait masa depannya di Old Trafford.

Seperti dilansir the Athletic, Les Parissiens langsung merespons buntunya negosiasi kontrak Pogba dengan melakukan kontak informal kepada perwakilan sang pemain. ''Paris Saint-Germain telah membuka pembicaraan secara informal dengan perwakilan Pogba soal kemungkinan kepindahan ke Stadion Parc de Princess dalam jendela transfer musim panas kali ini,'' tulis laporan the Athletic, Kamis (29/7).

Pada titik ini, PSG dinilai sudah melakukan manuver pertama untuk mendapatkan  Pogba. Manuver PSG ini tentu akan diikuti langkah selanjutnya, termasuk dengan kemungkinan melayangkan penawaran resmi kepada runner-up Liga Primer Inggris musim lalu tersebut.

''Bukan tidak mungkin, dalam beberapa pekan mendatang, PSG diharapkan sudah melayangkan tawaran resmi pertamanya untuk merekrut Pogba,'' lanjut laporan the Athletic.

Bagi Pogba, kembali ke kota kelahirannya, Paris, dan memperkuat salah satu klub terbesar di Ibu Kota Prancis itu dapat menjadi pertimbangan tersendiri. Begitu juga dengan ambisi besar PSG yang ingin merengkuh titel Liga Champions, yang sampai saat ini belum tercapai.

Terlebih, di PSG, Pogba bisa memiliki kesempatan berbagi lapangan dengan sejumlah pemain papan atas, seperti Neymar ataupun Kylian Mbappe. Semua ini sepertinya sesuai dengan keinginan Pogba, yang sempat menyatakan ingin merasakan tantangan baru pada beberapa waktu lalu.

Di sisi lain, PSG kabarnya harus menyiapkan dana transfer tidak kurang dari 50 juta poundsterling (Rp 1 triliun) untuk merekrut Pogba. Meski disokong oleh taipan asal Qatar, Nasser El Khelaifi, PSG dikabarkan masih berhitung ulang untuk menggelontorkan dana sebesar itu untuk mendapatkan satu pemain.

Tiga dari lima penggawa anyar yang telah didatangkan PSG memang direkrut tanpa mengeluarkan biaya transfer, tapi PSG tercatat telah mengeluarkan dana sebesar 75 juta euro (Rp 1,2 triliun) pada jendela transfer musim panas kali ini lewat perekrutan Achraf Hakimi dan Danilo Pereira.

Tidak hanya itu, PSG juga harus menanggung beban gaji yang cukup tinggi. Kabarnya, Pogba meminta gaji sebesar 300 ribu pound per pekan sebelum sepakat hijrah ke PSG. Belum lagi dengan bonus ataupun fee yang diberikan PSG kepada Raiola selaku agen Pogba.

Kini, apakah PSG akan cukup serius mewujudkan ambisinya memboyong Pogba?

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Paul Labile Pogba (paulpogba)

Data Statistik Penampilan Pogba

Nama: Paul Pogba

Usia: 28 tahun

Posisi: Gelandang

Valuasi di Bursa Transfer: 60 juta euro

Penampilan musim lalu: 42 laga

—- 26 laga di Liga Inggris

—- 6 laga di Liga Europa

—- 5 laga di Liga Champions

—- 3 laga di Piala Liga Inggris

—- 2 laga di Piala FA

Gol: 6 gol

—- 3 di Liga Inggris

—- 2 di Liga Europa

—- 1 di Piala Liga Inggris

Assist: 9 assist

—- 5 di Liga Inggris

—- 1 di Liga Europa

—- 2 di Liga Champions

—- 1 di Piala FA

Prestasi bersama MU

—- 1 gelar juara Piala Liga Inggris musim 2016/2017

—- 1 gelar juara Liga Europa musim 2016/2017

 

sumber: transfermarkt


×