Dirut Bank BJB Yuddy Renaldi bersama para direksi menyampaikan paparan saat Analyst Meeting 2Q-2021 di Menara Bank BJB, Jalan Naripan, Kota Bandung, Selasa (27/7/2021). Di tengah situasi pandemi Covid-19, Bank BJB mencatatkan kinerja positif, salah satuny | Edi Yusuf/Republika

Ekonomi

Laba Bersih Bank BJB Tumbuh 14,4 Persen

Bank BJB berhasil mencetak laba bersih sebesar Rp 924 miliar pada kuartal II 2021.

BANDUNG -- Bank BJB berhasil mencetak laba bersih sebesar Rp 924 miliar pada kuartal II 2021. Angka itu tumbuh 14,4 persen dibandingkan periode sama tahun sebelumnya. Pertumbuhan tersebut diikuti oleh peningkatan nilai aset perseroan yang tumbuh sebesar 20,0 persen year on year (yoy) atau mencapai Rp 150,4 triliun.

Direktur Utama Bank BJB Yuddy Renaldi menyampaikan terima kasihnya atas kinerja tim dan pihak terkait atas keberhasilan perseroan yang mampu tumbuh di tengah pandemi. Pertumbuhan kinerja pada kuartal II 2021 itu mencerminkan kekuatan kinerja perusahaan di tengah masa pandemi.

Menurutnya, hal itu dapat terwujud berdasarkan perencanaan yang matang serta eksekusi strategi bisnis yang efektif. ‘’Seluruh aktivitas bisnis Bank BJB senantiasa selaras dengan semangat peningkatan kualitas pelayanan juga mengoptimalisasi potensi pertumbuhan usaha demi percepatan pemulihan ekonomi negeri,’’ ujar Yuddy dalam Analyst Meeting 2Q-2021 yang digelar secara virtual, Selasa (27/7).

Sektor kredit menjadi ujung tombak pendapatan perseroan dengan tumbuh 6,7 persen (yoy) menjadi Rp 91,6 triliun. Bank BJB mampu mengimbangi pertumbuhan kredit dengan menjaga tingkat NPL atau kredit macet di posisi 1,34 persen. NPL kredit Bank BJB 1,34 persen jauh di bawah rata-rata industri perbankan nasional yang pada posisi Mei 2021 mencapai 3,35 persen.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by bank bjb (bankbjb)

Pertumbuhan lainnya tampak pada dana pihak ketiga (DPK). DPK Bank BJB pada kuartal II 2021 tumbuh 20,9 persen (yoy) atau mencapai Rp 116,1 triliun. Tumbuhnya DPK tersebut mengindikasikan Bank BJB mampu menjaga trust dari masyarakat.

Di tengah terbatasnya aktivitas masyarakat selama pandemi, Bank BJB mampu memanfaatkan momentum tersebut sebagai peluang menumbuhkan layanan digital banking. Aplikasi mobile banking Bank BJB, yakni BJB Digi, berhasil tumbuh signifikan pada periode Desember 2020-Juni 2021.

Dalam kurun waktu tersebut, pertumbuhan pengguna BJB Digi tercatat mencapai 121,2 persen. Pertumbuhan tersebut diprediksi akan terus melesat seiring peningkatan fitur layanan digital banking Bank BJB.

Yuddy Renaldi pun menerima predikat Indonesia Best CEO Award 2021 dalam Regional Development Bank Category. Penghargaan tersebut diberikan oleh Iconomics Research and Consulting.

KUR pertanian

Sejalan dengan kebijakan pemerintah pusat dalam menumbuhkan sektor pangan, Bank BJB berhasil menggenjot penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) pertanian hingga tumbuh 34 persen (yoy) per Juni 2021. Dalam periode yang sama, outstanding KUR yang dikelola Bank BJB mencapai sekitar Rp 1,5 triliun.

Yuddy menyebutkan, di tengah pandemi ini pertumbuhan kredit Bank BJB mengalami pertumbuhan signifikan. Pertumbuhan itu sejalan dengan meningkatnya segmen usaha pada sektor transportasi, pergudangan, komunikasi, industri pengolahan, dan pangan.

Direktur Komersial dan UMKM Bank BJB Nancy Adistyasari menyampaikan, alokasi KUR yang dikelola Bank BJB tahun ini sebesar Rp 1,1 triliun. Nilai KUR itu, ungkap dia, lebih besar 10 persen dibandingkan dana KUR pada 2020 yang sebesar Rp 1 triliun.

Penyaluran KUR per Juni 2021 mengalami pertumbuhan 71 persen (yoy). Keseluruhan KUR yang disalurkan per Juni 2021 sebesar Rp 1,5 triliun. Sementara, jumlah debitur KUR Bank BJB, Nancy menyebut, mencapai sekitar 12 ribu debitur yang bergerak pada sektor pertanian. ‘’Kami optimistis akan terus tembuh,’’ ujarnya. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat