Manager Manchester United Ole Gunnar Solskjaer. | EPA-EFE/Peter Powell

Olahraga

Dapat Kontrak Baru, Solskjaer Janjikan Trofi untuk MU

Salah satu kesuksesan Solskjaer adalah mampu membentuk tim yang didominasi pemain muda.

MANCHESTER — Bubuhan tanda tangan perpanjangan kontrak yang diberikan manajemen Manchester United (MU) disambut dengan optimistime oleh Ole Gunnar Solskjaer. Pelatih asal Norwegia itu berjanji untuk memberikan trofi juara untuk pasukan Setan Merah pada kompetisi yang baru nanti.

"Kami di sini untuk menang. Secara bertahap, kami akan melakukan yang terbaik di setiap pertandingan. Saya pikir, saat ini, kami berada di posisi yang lebih kuat dan siap untuk meraih trofi,” kata Solksjaer, dilansir dari laman resmi klub, Ahad (25/7).

Janji Solksjaer itu disampaikan setelah tercapaianya kesepakatan perpanjangan kontrak sampai 30 Juni 2024 dengan opsi lebih dari setahun setelahnya. Padahal, kepemimpinan Solskjaer sempat diragukan untuk membawa MU bersaing meraih trofi Liga Primer Inggris musim kemarin.

Namun, setelah musim lalu mampu membawa skuad Setan Merah finis di posisi kedua liga dan final Liga Europa, pihak manajemen klub merasa apa yang dikerjakan mantan pemain berjuluk Baby Face tersebut langsung memberikan kemajuan yang diharapkan.

‘'Solksjaer dan stafnya telah bekerja tanpa lelah untuk meletakkan fondasi pada tempatnya untuk kesuksesan jangka panjang di lapangan,'' kata wakil ketua eksekutif MU, Ed Woodward, dikutip dari laman resmi MU, Ahad (25/7).

Woodward mengungkapkan, hasil kinerja Solskjaer telah terlihat dalam dua musim terakhir. Salah satu kesuksesan Solskjaer, kata dia, adalah mampu membentuk tim yang didominasi pemain muda dan dipadukan dengan pemain senior.

Solskjaer bahkan telah memberikan debut kepada 16 pemain akademi sejak melatih MU pada 2018. Woodward juga menegaskan kalau Solskjaer telah mengembalikan tradisi permainan menyerang MU. ''Di bawah kepemimpinan Solskjaer, kami menuju arah yang benar,'' jelas Woodward.

Terkait kepercayaan terbaru ini, Solskjaer menyatakan, akan langsung fokus untuk membawa MU memenangkan trofi musim depan. Ia menyebut, pemainnya telah siap untuk menuju ke fase selanjutnya setelah dua tahun belum juga memberikan trofi untuk klub.

Solskjaer mengaku, tidak senang dengan apa yang terjadi sejauh ini karena belum memenangkan trofi apa pun. Namun, ia menegaskan kalau timnya sudah ada kemajuan dan merasa skuadnya telah berada di tempat yang jauh lebih baik.

''Saya pikir, kami secara bertahap sampai di sana hanya dengan apa yang kami lakukan setiap hari. Kami tidak punya trofi untuk ditunjukkan, tapi saya pikir kami merasa lebih kuat dan siap untuk itu. tantangan selanjutnya,'' tegas Ole.

Hanya saja, dengan perpanjangan kontrak ini membuat Solskjaer bisa bersantai. Ini mengingat pada musim depan menjadi kesempatan terakhirnya untuk bisa memberikan trofi untuk klub.

Tekanan itu menguat karena MU telah memberikan investasi cukup besar dalam pembelian pemain. Ole telah membawa beberapa pemain bintang dengan harga yang cukup mahal, seperti Harry Maguire yang jadi bek termahal saat ini saat dibeli dari Leicester.

Ole juga membeli Bruno Fernandes, mendatangkan Edinson Cavani yang digaji cukup besar, lalu ada Alex Telles dan Aaron Wan-Bissaka untuk memperkuat posisi bek sayap.

Terbaru, MU mendatangkan pemain bintang Borussia Dortmund, Jadon Sancho. Karena itu, dengan hadirnya sejumlah pemain bintang di skuad, ditambah pemain muda yang kian matang, tak ada alasan lagi bagi klub dan fan untuk bersabar melihat Solskjaer mempersembahkan trofi pertamanya untuk MU.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat