Pekerja mengisi ulang oksigen ke dalam tabung di Kabupaten Keerom, Papua, Rabu (14/7/2021). Memproduksi oksigen tidaklah mudah. Apalagi dalam skala produksi rumahan. | ANTARA FOTO/Indrayadi TH

Kisah Dalam Negeri

Produksi Oksigen yang tidak Mudah

Memproduksi oksigen tidaklah mudah. Apalagi dalam skala produksi rumahan.

Kelangkaan pasokan oksigen bagi pasien Covid-19 menjadi tragedi di Tanah Air seiring makin melonjaknya kasus Covid-19. Upaya produksi oksigen dalam skala kecil namun bukan perkara mudah.

Dosen Departemen Teknik Kimia UGM, Prof Ir Panut Mulyono menuturkan, untuk kondisi normal sebenarnya pasokan oksigen di Tanah Air saat ini tidak ada masalah. Selain digunakan di berbagai fasilitas kesehatan seperti rumah sakit, oksigen juga banyak dipakai untuk pembuatan baja. Termasuk digunakan pada proses sintesis zat-zat kimia seperti amonia, alkohol, dan berbagai jenis bahan plastik.

Panut menegaskan untuk memproduksi oksigen tidaklah mudah. Apalagi dalam skala produksi rumahan. Produksi oksigen pada prinsipnya adalah dengan memisahkan oksigen yang ada di udara dari zat lain yaitu nitrogen dan argon. Udara terdiri atas 78 persen nitrogen, 21 persen oksigen, dan 1 persen argon.

Cara pemisahannya adalah dengan distilasi kriogenik atau Pressure Swing Adsorption (PSA). Distilasi kriogenik pada prinsipnya adalah menekan dan mendinginkan udara sehingga menjadi cair lalu oksigen, nitrogen, dan argonnya dipisahkan dengan distilasi.

photo
Sejumlah warga antre untuk mendapatkan isi ulang oksigen medis yang dibagikan secara gratis di Jalan Minangkabau Timur, Jakarta, Kamis (15/7/2021). Akibat meningkatnya kasus Covid-19 di Jakarta, AQL Peduli membagikan isi ulang oksigen medis gratis bagi warga yang melakukan isolasi mandiri di rumah. - (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)

‘‘Kemurnian oksigen yang dihasilkan dari distilasi kriogenik ini lebih dari 99 persen,“ tuturnya, Kamis (15/7).

Menurut Panut, produksi skala kecil yang cocok adalah PSA dengan prinsip udara ditekan melewai bejana yang berisi bahan penjerap, misalnya zeolit atau karbon aktif. Nitrogen terperangkap atau terjerap masuk ke pori-pori bahan isian tetapi oksigennya lolos sehingga gas yang keluar bejana adalah oksigen dengan kemurnian 90-93 persen.

Jika bahan isiannya sudah jenuh dengan nitrogen maka operasi dihentikan dan dengan penurunan tekanan di bejana itu maka nitrogen akan keluar dari pori-pori bahan isian sehingga bisa dialirkan ke tempat lain atau dibuang.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Republika Online (republikaonline)

Supaya alat bisa bekerja menghasilkan oksigen secara kontinu maka dalam alat dipasang paling sedikit dua bejana yang berisi bahan penjerap yang bekerja secara bergantian. Oksigen konsentrator portabel yang dijual di pasaran secara umum bekerja dengan PSA.

Cara lain produksi oksigen adalah elektrolisis air yang menghasilkan oksigen murni dan hidrogen murni. Oksigen keluar dari sisi anoda (+) dan hidrogen keluar dari sisi katoda (-). Cara ini membutuhkan energi listrik yang besar. Alternatif lain produksi oksigen dengan kadar sekitar 95 persen juga dapat dilakukan dengan pemisahan nitrogennya menggunakan membran.     

Sebelum kebutuhan oksigen medis melonjak, 72 persen pasokan oksigen digunakan bagi kepentingan industry. Hanya 28 persen sisanya untuk kebutuhan medis.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat